Berita

5 Tips Jaga Badan Tetap Fit di Tengah Serangan Fenomena Bediding

×

5 Tips Jaga Badan Tetap Fit di Tengah Serangan Fenomena Bediding

Share this article


Beberapa waktu lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur secara khusus mengimbau warganya untuk bersiap menghadapi fenomena bediding. Sebagai informasi, fenomena bediding sendiri merupakan cuaca dingin yang terjadi menjelang musim kemarau. Hal inilah yang menyebabkan cuaca terasa dingin akhir-akhir ini.

Tidak hanya di Jawa Timur, fenomena bediding juga berpotensi terjadi di beberapa wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. Hal ini disebabkan karena posisi pulau-pulau ini berada di daerah selatan garis khatulistiwa.

Perubahan suhu ini ternyata menimbulkan masalah lain seperti “musim sakit”. Saat musim ini berlangsung, sadar tidak sadar, beberapa orang akan jatuh sakit secara beruntun. Untuk menghindari hal tersebut di masa transisi pergantian musim ini, ini dia ada 5 tips menjaga badan tetap fit agar tidak tumbang karena fenomena bediding.

1. Sering Mengenakan Pakaian Hangat

Sering Mengenakan Pakaian Hangat/ Foto: Freepik.com/freepik

Melansir dari laman Instagram Pemrov Jatim, tips pertama yang bisa Beauties lakukan saat serangan bediding menerjang adalah dengan memakai pakaian hangat. Pakaian hangat ini bisa berupa baju atau celana lengan panjang.

Jika kamu memang tidak terbiasa menggunakan pakaian panjang saat tidur, tidak masalah. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan selimut yang lembut dan tebal. Dengan begitu, kamu bisa melindungi tubuhmu dari serangan dingin saat bediding.

[Gambas:Instagram]

2. Minum Air Putih Yang Cukup

Minum Air Putih Yang Cukup/ Foto: Freepik.com/azerbaijan_stockers

Saat suhu udara sedang dingin-dinginnya, tubuh juga akan ikut kedinginan. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih yang cukup. Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, air yang cukup ternyata juga bisa membantu meningkatkan suhu tubuh.

Saat kamu cukup minum, tubuh akan memproses air tersebut untuk membantu proses metabolisme. Hasilnya, fungsi tubuh pun meningkat. Jika sudah begini, tubuh akan memproduksi keringat yang cukup sehingga bisa menjaga tubuh tetap hangat meskipun cuaca sedang dingin-dinginnya.

3. Rajin Minum Suplemen dan Hindari Junkfood

Rajin Minum Suplemen dan Hindari Junkfood/ Foto: Freepik.com/jcomp

Cara selanjutnya untuk menjaga tubuh tetap fit adalah dengan menghindari makanan siap saji. Pasalnya, terlalu banyak makan makanan cepat saji akan berpotensi berpengaruh pada sistem pencernaan. Hasilnya, imunitas tubuh pun berkurang sehingga jadi gampang sakit.

Untuk booster sistem imun, kamu juga bisa menambah asupan vitamin setiap harinya. Rutin mengonsumsi vitamin saat cuaca sedang tidak sehat bisa membantumu booster imun sehingga tidak mudah sakit.


4. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi Makanan Bergizi/ Foto: Freepik.com/freepik

Meskipun sudah mengonsumsi vitamin, namun jangan lupa menjaga makanan. Ganti junkfood dengan makanan rumahan yang lebih jelas gizinya. Cukupi kebutuhan karbohidrat protein dan vitamin lewat menu-menu makanan sehat. Jika makanan yang dimakan sehat, tentu saja akan membuat sistem imun meningkat.

Menurut rekomendasi Kemenkes RI, anjuran dalam satu piring makanan yang sehat adalah: setengah piring protein, seperempat piring karbohidrat dan seperempat piring lainnya adalah vitamin dan serat. Jika setiap makan sudah memenuhi kebutuhan gizi ini, dijamin deh kamu bakal nggak gampang sakit walaupun bediding sedang menyerang.

5. Cukupkan Waktu Istirahat

Cukupkan Waktu Istirahat/ Foto: Freepik.com/Lifestylememory

Satu lagi yang nggak boleh dilewatkan adalah waktu istirahat. Pastikan kamu tidur minimal 6-8 jam setiap harinya di waktu tidak lewat dari jam 10 malam. Dengan begitu, tubuh akan punya lebih banyak waktu untuk memulihkan dirinya sendiri.

Jika pemulihan ini berjalan dengan lancar, maka tidur kamu akan lebih nyenyak. Hasilnya, pagi hari saat bangun tidur pun akan terasa lebih segar dan bugar.

Gimana Beauties? Sudah siap menghadapi bediding?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *