Berita

5 Tanda Diabetes di Usia Muda yang Patut Diwaspadai, Kamu Perlu Tahu!

×

5 Tanda Diabetes di Usia Muda yang Patut Diwaspadai, Kamu Perlu Tahu!

Share this article


Kamu mungkin sudah sering mendengar tentang diabetes, tapi tahukah kamu kalau penyakit ini juga bisa menyerang seseorang di usia muda? Yap, bukan cuma orang berusia lanjut saja yang bisa terkena diabetes.

Penting banget buat semua orang tahu tanda-tanda awal diabetes supaya bisa segera diatasi dan dicegah agar tidak berkembang lebih parah. Dilansir dari artikel detikJogja, dapat terangkum lima tanda diabetes di usia muda yang patut diwaspadai. Yuk, simak!

1. Rasa Haus Berlebihan

Rasa haus berlebihan/Foto: Freepik/Stockking

Salah satu tanda awal diabetes yang sering terjadi adalah rasa haus yang berlebihan. Seseorang dengan riwayat diabetes bisa merasa selalu haus meski sudah minum banyak.

Hal ini menjadi sinyal bahwa kadar gula darah dalam tubuh sedang tinggi. Tubuh sedang berusaha menghilangkan kelebihan gula darah melalui urine sehingga membuatnya lebih sering buang air kecil dan merasa haus terus-menerus.

2. Penurunan Berat Badan Tanpa Alasan

Penurunan berat badan tanpa alasan/Foto: Freepik/Cookie_studio

Jika seseorang tiba-tiba kehilangan berat badan tanpa alasan yang jelas, ini bisa jadi salah satu gejala diabetes. Penurunan berat badan dapat terlihat secara fisik yang lebih kurus dari biasanya.

Berat badan yang turun bisa terus terjadi meskipun pola makan normal atau bahkan lebih banyak dari sebelumnya. Ketika tubuh tidak bisa menggunakan gula sebagai sumber energi karena kekurangan insulin, tubuh mulai membakar lemak dan otot sebagai gantinya. Kondisi tersebut bisa menyebabkan penurunan berat badan yang drastis dan cepat.

3. Penglihatan Kabur

Penglihatan kabur/Foto: Freepik/KamranAydinov

Penglihatan yang mulai kabur juga dapat menjadi tanda diabetes. Kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan lensa mata membengkak, mengubah bentuknya dan menyebabkan penglihatan kabur.

Jika kamu menemui seseorang yang mulai mengalami masalah penglihatan tidak biasa, sebaiknya sarankan untuk segera periksa ke dokter mata.


4. Sering Merasa Lelah

Sering merasa Lelah/Foto: Freepik/Freepik

Rasa lelah yang berlebihan juga bisa menjadi indikator diabetes. Sistem dalam tubuh tidak bisa mengubah gula menjadi energi dengan efektif sehingga membuatnya merasa lelah dan lesu sepanjang waktu.

Meskipun sudah tidur cukup, seseorang dengan riwayat diabetes tetap merasa tidak bertenaga dan malas bergerak. Energi yang terdapat di dalam tubuh cukup terbatas untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

5. Luka yang Sulit Sembuh

Luka yang sulit sembuh/Foto: Freepik/Freepik

Seseorang yang terlihat mempunyai luka atau infeksi yang sulit sembuh, ini juga bisa menjadi tanda diabetes. Gula darah tinggi dapat merusak saraf dan mengganggu aliran darah sehingga luka kecil pun bisa menjadi masalah besar dan sulit sembuh.

Selain itu, kadar ula darah yang tinggi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, tubuh menjadi lebih rentan terserang infeksi. 

Nah, demikian lima tanda diabetes di usia muda yang perlu kamu waspadai. Kalau kamu mengalami satu atau lebih dari tanda-tanda seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Selain itu, yuk, mulai terapkan gaya hidup sehat, seperti makan makanan bergizi dan rajin berolahraga untuk membantu kamu terhindar dari berbagai penyakit, termasuk diabetes.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *