Berita

Imbas Dihujat Netizen, Seragam Malaysia untuk Olimpiade Paris 2024 Akhirnya Diganti

×

Imbas Dihujat Netizen, Seragam Malaysia untuk Olimpiade Paris 2024 Akhirnya Diganti

Share this article


Jelang perhelatannya pada 26 Juli mendatang, negara yang ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Paris 2024 memamerkan jersey yang akan dikenakan perwakilan timnya. Mulai dari Prancis, Amerika Serikat, Spanyol, Thailand, Indonesia, hingga Malaysia telah memperkenalkan jersey tim mereka. Sayangnya, nggak semua disambut baik oleh publik seperti yang dialami Malaysia.

Pada Minggu (23/6), Olympic Council of Malaysia (OCM) perkenalkan jersey kontingen Olimpiade Paris 2024 mereka. Peluncuran yang dilakukan di pusat perbelanjaan The Exchange TRX, Kuala Lumpur, menampilkan seragam kontingen Malaysia yang dirancang Yonex Sunrise Malaysia, dikenakan oleh manekin, mulai dari tracksuit, jaket, hingga polo shirt.


Desain yang Dihujat Warga Malaysia

Jersey Olimpiade tim Malaysia/ Foto: Instagram.com/olympicmas

Seragam didominasi warna hitam dengan sentuhan oranye ambil inspirasi dari harimau sehingga tampak pula corak loreng yang menyerupai macan. Alih-alih tuai pujian, kolom komentar unggahan Instagram @olympicmas justru dibanjiri hujatan warga Malaysia lantaran jersey yang terlihat tidak layak dikenakan atlet di Olimpiade Paris.

Akun @ami***** menjelaskan bagaimana desain dan manekin yang digunakan tidak atraktif, “Disebabkan design yang hambar dan manequin yang nampak seperti buag kerja asalkan siap… dari sudut psikologi imej… first impression dah out. Dari segi psikologi moral… dah jatuh. Dari segi public opinion pun dah kalah. Rakyat takkan kritik kalau first impression bagus. Membaca respon Ketua Kontinjen (CDM) Datuk Hamidin Mohd Amin agak menghampakan. Jawapan escapism. Moga pihak berkenaan tlg ambil berat pandangan majoriti rakyat”.

Komentar @awa******* beri komentar sarkas, “We dress them in these and expect gold medals in return?”, sedangkan komentar nyeleneh akun @alf****** disukai lebih dari 900 pengguna lain, “Kalau la patung tu hidup, dia pun tanak pakai baju tu”.

Kritik juga mengarah pada tidak adanya bendera Malaysia pada jersey. Logo yang tersemat berwarna oranye, emas, biru––bukan warna bendera Malaysia yaitu putih, merah, biru.



Ganti Desain
Jersey Olimpiade tim Malaysia

Jersey Olimpiade tim Malaysia yang baru/ Foto: olympics.com.my

Imbas kritik pedas desain itu, Olympic Council of Malaysia mengerjakan kembali desain jersey kontingen mereka untuk Olimpiade Paris. Mengutip Channel News Asia, Presiden OCM Mohamad Norza Zakaria menyetujui masukan dari penggemar terkait desain pakaian resmi kontingen, bahkan menyediakan insentif.




Jersey Olimpiade tim Malaysia sebelum dibukaJersey Olimpiade tim Malaysia lama yang ditutupi kain hitam sebelum resmi diluncurkan/ Foto: Instagram.com/olympicmas


Dirinya juga mengakui kesalahan memperkenalkan pakaian resmi Olimpiade hanya menggunakan manekin yang hanya ditutupi kain hitam sebelum resmi diluncurkan. Mereka pun memutuskan pakaian resmi tersebut hanya digunakan saat travel, sedangkan pakaian berbeda digunakan saat pertandingan serta upacara pembukaan.

Pakaian resmi para kontingen terbaru pun diperkenalkan pada 2 Juli lalu. Seragam tampak lebih ‘fierce’ dengan motif loreng harimau yang lebih mencolok dibandingkan desain sebelumnya. Seragam juga menambahkan bendera Malaysia serta logo Olimpiade. Yonex Sunrise Malaysia juga memproduksi pakaian resmi ini dari bahan manufaktur berbeda.

Bagaimana menurutmu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *