Berita

Kreasi Resep Sushi Bergaya Fushion, Sensasi Asam Pedas Manis

×

Kreasi Resep Sushi Bergaya Fushion, Sensasi Asam Pedas Manis

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Secara tradisional, sushi memiliki cita rasa yang asin, asam, dan sedikit manis. Namun, sama seperti resep daerah lainnya yang telah mendapat tempat tersendiri di dunia gastronomi global, sushi juga telah berulang kali ditafsirkan ulang agar sesuai dengan beragam selera mereka yang ingin menikmatinya. 

Simak kreasi resep sushi fushion unik paduan cita rasa timur dan barat yang unik dengan sensasi rasa asam manis pedas berikut ini.

1. Sushi Nasi Dadih 

Resep sushi nasi dadih India Selatan yang unik ini mempertahankan 2 komponen sushi tradisional — nasi dan nori, tetapi mengganti sisanya dengan bahan pokok dapur India yang menggugah selera untuk menciptakan camilan yang menggugah selera. Lihatlah gagasan gastronomi dari The Mindful Veggie.

Bahan: 

Nasi sushi – 1 gelas, Air – 1 1/2 gelas, Garam – 1/2 sdt, Yoghurt – 1/4 gelas, Acar mangga, Nori lembar – 2, Untuk tadka —Biji sawi – 1 sdt, Jahe 1/ 2 inci, Engsel – sejumput; alas penggulung sushi

Cara Membuat: 

1. Cuci nasi sushi beberapa kali dan masak dengan tekanan sedang di atas api sedang selama tiga peluit sebelum diletakkan mendatar agar cepat dingin. 

2. Setelah dingin, beri garam pada nasi. Siapkan tadka dan tambahkan. 

3. Sekarang tambahkan yoghurt dan pastikan campurannya terasa lengket dan tidak encer karena ini akan membantu menggulung sushi Anda. 

4. Letakkan lembaran nori di atas alas penggulung sushi, tambahkan nasi, lalu lapisi dengan acar mangga. Setelah digulung, potong-potong. 

2. Sushi Tandoori

Renyah, krim, dan sedikit rasa pedas yang dibalut dengan rasa smoky adalah yang paling menggambarkan resep berikutnya. Tidak banyak yang terpikir untuk menambahkan sentuhan tandoori pada rasa lembut sushi. Di sinilah resep Ty Ali berperan.

Bahan:

Nasi sushi berbumbu, Rumput laut panggang, Udang Tandoori (bisa diganti dengan ayam) — Udang – 15, Tandoori masala – 1 sdm, Jus lemon – 1 sdt, Minyak – 1 sdm; Krim keju raita — Krim keju lunak – 50 gram, Daun mint – 1 sdt, Bubuk Jeera – sejumput, Bubuk ketumbar – sejumput, Pasta bawang putih – 1/8 sdt, Garam secukupnya; Saus asam jawa — Pasta asam jawa – 1 sdm, Air – 4 sdm, Bubuk cabai merah – sejumput, Bubuk Jeera – sejumput, Bubuk ketumbar – sejumput, Bubuk jahe – sejumput, Gula – 1/4 sdt; Bawang goreng; Anda juga membutuhkan alas penggulung sushi

Cara membuat: 

1.  Marinasi udang sebelum digoreng, sisihkan

2.  Campur semua bahan sambal asam jawa dan raita krim keju secara terpisah, sisihkan. 

3. Mulailah dengan meletakkan lembaran nori di atas alas gulung. 

4. Tambahkan nasi dan semua komponen terpisah. Buat gulungan yang rapat dan potong-potong seukuran gigitan.

3. Sushi Pedas

Ramuan rasa dari blog Mama’s Secret Recipes ini, menggabungkan kelapa, udang, dan beberapa chutney masala yang lezat untuk menciptakan sushi yang unik.

Bahan

Nasi sushi rebus – 2 cangkir, Rumput laut – 1 bungkus, Udang macan – 20, Bubuk cabai merah Kashmir  – 1/2 sdt, Pasta jahe-bawang putih – 1 sdt, Kelapa parut – 1 cangkir, Jambu mete kacang-kacangan – 1/2 cangkir, Chutney masala – 2 sdt, Minyak sayur – 2 sdm, Garam secukupnya; Anda juga membutuhkan alas penggulung sushi

Cara membuat:

1. Kupas, cuci, dan kupas udang sebelum dimasukkan ke dalam bubuk cabai merah dan pasta jahe-bawang putih. 

2. Goreng dalam minyak sayur dan sisihkan. Giling kasar kacang mete lalu sangrai bersama kelapa parut. 

3. Lapisi rumput laut dan ketan di atas alas sushi, diikuti dengan udang dan bumbu lain yang sudah disiapkan. 

4. Potong-potong kecil-kecil dan sajikan dengan wasabi dan kecap.

Dengan banyaknya penafsiran ulang tentang sushi di seluruh dunia, mengapa makanan pendamping utama sushi, wasabi, harus ditinggalkan? Chef Vivek Singh memiliki resep sederhana yang sejujurnya terlalu sederhana untuk tidak dicoba. Hal terbaik tentang eksperimen dapur ini adalah jumlah bahan sepenuhnya bergantung pada preferensi selera Anda.

Ke dalam blender, cukup tambahkan kacang hijau, cabai cincang, siung bawang putih kupas, irisan jahe, 1/2 sendok teh gula, dan 1/2 sendok teh garam. Tambahkan sedikit minyak mustard untuk menambah sensasi dan aduk rata.

Bahan: Saus Wasabi – 2 sdt, Biji wijen – 1/4 cangkir, Paneer – 200 gram, Maida – 2 sdm, Lada – 1/2 sdt, Pasta jahe – 1 sdt, Jus lemon – 1 sdm, Gula – 1 sdt, Garam secukupnya, Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Sisakan biji wijen, paneer dan minyak, campur semua bahan untuk membuat marinade. 2. Potong paneer menjadi potongan-potongan kecil, lumuri dengan bumbu marinasi. 3. Letakkan biji wijen di piring dan lapisi paneer. Goreng dalam minyak dan sajikan panas.

Pilihan Editor:  Hari Sushi Sedunia, Coba 4 Kreasi Resep Sushi ala Rumahan Ini

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *