Berita

7 Tips Memasak Minimalis yang Memudahkan Makan Sehat

×

7 Tips Memasak Minimalis yang Memudahkan Makan Sehat

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Memasak adalah salah satu aspek gaya hidup Anda yang dapat disederhanakan tanpa mengurangi kualitas atau rasa. Berikut ini tips memasak minimalis yang memudahkan makan sehat.

Ini mendorong Anda untuk menghilangkan gangguan dan fokus pada apa yang benar-benar penting dalam hidup Anda. Dengan kata lain, ini tentang menjaga segala sesuatunya tetap sederhana.

Tips Memasak Minimalis untuk Makan Sehat

1. Fokus pada Makanan Utuh dengan Bahan Tunggal

Makanan utuh dengan bahan tunggal adalah kunci kesehatan yang baik.

Makanan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, polong-polongan, biji-bijian, ikan, unggas, dan telur adalah contoh yang bagus. Makanan ini sangat bergizi dan memuaskan.

Jika Anda berfokus pada makanan utuh dan bahan-bahan berkualitas tinggi, otomatis Anda akan mulai mengurangi konsumsi makanan cepat saji olahan.

Makanan olahan sering kali memiliki klaim kesehatan yang menyesatkan dan daftar bahan yang panjang, banyak di antaranya bahkan tidak dapat Anda ucapkan.

Namun, makanan yang benar-benar sehat bahkan tidak memerlukan daftar bahan-bahannya. Merekalah bahannya.

Makan sehat bisa sangat sederhana. Pilihlah makanan utuh dan hindari makanan olahan yang dibuat dengan bahan olahan dan bahan kimia buatan.

2. Gunakan Perasa Sederhana

Jika Anda membeli bahan berkualitas tinggi, Anda tidak perlu menambahkan banyak penyedap rasa. Minyak zaitun yang baik, garam, dan merica mungkin sudah cukup.

Jamu segar juga dapat memberikan keajaiban untuk hidangan. Selain itu, cobalah untuk menghindari membeli perasa baru kecuali perasa tersebut menurut Anda akan sering Anda gunakan.

Jika resep baru membutuhkan bumbu yang sulit ditemukan, kemungkinan besar Anda bisa menggantinya dengan yang sudah Anda miliki.

Bahan langka yang hanya akan Anda gunakan sekali saja adalah membuang-buang uang dan ruang di dapur Anda. Seringkali, Anda tetap menggunakan bahan-bahan umum yang sudah Anda miliki dan tahu cara menggunakannya.

3. Bersihkan Lemari Bumbu Anda

Kebanyakan orang menyimpan banyak bumbu dan rempah. Tidak apa-apa, asalkan Anda menggunakannya secara teratur dan tidak memiliki duplikat.

Jika lemari bumbu Anda tidak teratur dan penuh dengan bumbu yang tidak pernah Anda gunakan, Anda mungkin ingin merapikannya sedikit.

Cobalah untuk menggabungkan duplikat ke dalam satu wadah dan sumbangkan bumbu yang tidak pernah Anda gunakan. Buang bumbu yang sudah tua atau hambar.

Memiliki laci bumbu yang rapi akan membantu Anda memasak lebih cepat karena bumbu yang Anda cari akan lebih mudah ditemukan.

Aturan praktis yang baik adalah memeriksa bumbu Anda setidaknya sekali setahun.

4. Jagalah Dapur yang Tertata dan Minimalis

Sediakan dapur yang rapi dan penuh dengan makanan berkualitas yang Anda gunakan secara teratur. Mempersiapkan makanan sehat akan menjadi lebih mudah.

Dapur yang rapi juga membuat makanan Anda lebih kecil kemungkinannya untuk rusak, karena Anda akan dapat melihat semua makanan Anda tertata rapi.

Berikut beberapa tips untuk membantu Anda mengatur dapur Anda:

  • Optimalkan penyimpanan: Simpan barang yang sering Anda gunakan di rak paling bawah atau dekat depan. Barang-barang yang jarang Anda gunakan dapat disimpan di belakang atau sedikit lebih tinggi.
  • Sortir dan kelompokkan: Tentukan rak untuk barang-barang serupa, seperti menyimpan makanan kaleng di satu rak dan makanan sarapan di rak lain.
  • Beri label semuanya: Beri label pada semua item dapur Anda dan simpan dalam wadah bening dan tertutup rapat agar makanan Anda tidak rusak.
  • Tingkatkan aksesibilitas: Cobalah untuk menempatkan item sehingga dapat diakses secara langsung atau Anda dapat menjangkaunya setelah memindahkan satu item saja.

Jika Anda menggunakan tips ini, Anda akan lebih mudah menavigasi dapur dan menemukan item yang Anda cari saat memasak.

Meluangkan waktu untuk merencanakan dan mengatur dapur Anda akan membuat berbelanja dan memasak menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

5. Sederhanakan Peralatan Dapur Anda

Ada banyak sekali alat pintar yang bisa Anda beli untuk dapur Anda. Namun banyak di antaranya yang tidak penting dan hanya memiliki satu fungsi.

Anda tidak memerlukan peralatan dapur mewah untuk memasak makanan enak dan sehat. Makanan sederhana hanya memerlukan beberapa hal mendasar.

Jika dapur Anda penuh dengan barang-barang yang jarang Anda gunakan, pertimbangkan untuk menjual atau menyumbangkannya. Berfokuslah untuk menjaga barang-barang fungsional yang Anda gunakan secara rutin — akan menjadi nilai tambah jika barang-barang tersebut memiliki banyak kegunaan.

Namun, mencari tahu apa yang penting sepenuhnya terserah Anda. Ini bervariasi, dan sesuatu yang biasa Anda gunakan mungkin tampak tidak diperlukan bagi orang lain. Apa yang Anda gunakan bergantung pada gaya hidup Anda, cara Anda memasak, dan jenis makanan apa yang Anda suka makan.

Cobalah menyimpan barang-barang yang jarang Anda gunakan di dalam kotak. Jika Anda belum membukanya dalam enam bulan, mungkin aman untuk menjual atau menyumbangkan barang-barang tersebut.

6. Pikirkan Sebelum Berbelanja

Anda harus berpikir matang sebelum membeli peralatan dapur baru.

Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Jika Anda tidak yakin, pikirkan baik-baik selama satu minggu sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

Menetapkan aturan “satu masuk, satu keluar” juga dapat membantu. Jadi, untuk barang baru apa pun yang Anda bawa ke dapur, barang lain harus dibuang.

Berpikirlah secara kreatif dan Anda bahkan mungkin bisa menggunakan sesuatu yang sudah Anda miliki dengan cara yang berbeda dari biasanya.

Dalam hal peralatan dapur, lebih sedikit lebih baik. Pikirkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk menambahkan item lain ke dapur Anda, terutama jika item tersebut dirancang untuk melakukan satu tugas tertentu saja.

7. Bersihkan Meja Dapur Anda

Saatnya merapikan meja dapur Anda. Simpan peralatan dapur yang jarang Anda gunakan di lemari dan laci, bukan di meja.

Hal ini sangat penting terutama jika Anda tinggal di apartemen kecil dengan ruang terbatas.

Anda akan memiliki lebih banyak ruang untuk menyiapkan makanan dan Anda mungkin akan lebih menikmati memasak jika tidak ada kekacauan di sekitar Anda.

Ini juga akan membuat Anda lebih terorganisir dan fokus saat memasak.

Jika Anda perlu menyimpan barang-barang di meja dapur karena terbatasnya ruang lemari, pastikan barang-barang tersebut sering digunakan dan penting untuk menyiapkan makanan.

Jika Anda suka menyimpan barang-barang seperti kunci, surat, dan dompet di meja dapur, pastikan semuanya memiliki tempatnya.

Kesederhanaan adalah Bahan Utama dalam Makan Sehat

Nutrisi itu rumit, tapi makan sehat dan memasak makanan enak tidak harus rumit.

Makanan yang Anda buat di rumah lebih bergizi dan lebih murah dibandingkan makanan kemasan atau makanan restoran.

Oleh karena itu, penting untuk membuat memasak di rumah sesederhana dan semenyenangkan mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 5 Tanda Tubuh Kelebihan Gula dan Makanan yang Menjadi Hidden Sugar

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *