Berita

7 Tips untuk Orang Tua Membantu Anak Mengatasi Kecemasan di Sekolah

×

7 Tips untuk Orang Tua Membantu Anak Mengatasi Kecemasan di Sekolah

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Saat musim liburan sekolah berakhir, gelombang kecemasan di sekolah yang familiar namun menakutkan dapat menyerang anak-anak dari segala usia. Kembalinya ke ruang kelas, rutinitas, serta pengalaman dan tantangan baru dapat memicu berbagai emosi. 

Meskipun kecemasan ini merupakan respons umum terhadap perubahan, sebagai orang tua, mungkin sulit untuk mengarahkan anak-anak kita melewatinya. Berikut informasi dari para ahli tentang hal ini.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), kekhawatiran dan ketakutan merupakan hal yang biasa terjadi pada masa kanak-kanak. Namun ketika ketakutan tersebut menjadi “terus-menerus atau ekstrem” dan mengganggu kehidupan sehari-hari, kemungkinan besar hal tersebut akan masuk dalam kategori kecemasan.

Statistik di Amerika menunjukkan bahwa 9,4 persen anak-anak berusia antara 3 dan 17 tahun didiagnosis menderita kecemasan antara tahun 2016 dan 2019, persentase yang terus meningkat setiap tahunnya.

Mengenali kapan rasa takut berubah menjadi kecemasan tidak selalu mudah dikenali. “Anak-anak yang selalu mengalami kecemasan mungkin tidak menyadari bahwa ini bukanlah pengalaman normal, dan mereka membutuhkan orang dewasa yang dipercaya untuk membantu mereka mengidentifikasi kebutuhan akan bantuan dan dukungan,” kata Willough Jenkins, psikiater anak di Rady Children’s Hospital-San Diego, dikutip dari Popsugar.

Dokter Ellen Braaten, direktur eksekutif Program Pembelajaran dan Penilaian Emosional di Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston, Amerika, mengatakan hal pertama yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu anak-anak mereka mengatasi kecemasan di sekolah adalah menyebutkan dan mengakui apa yang mereka rasakan. 

“Orang tua perlu mengingat bahwa kecemasan sebenarnya adalah emosi yang sehat – emosi itulah yang memberi tahu kita bahwa ada sesuatu yang tidak beres,” lanjutnya. “Hal paling penting untuk diajarkan pada anak Anda adalah memastikan kecemasannya sesuai dengan ancamannya.”

Tips untuk Orang Tua Membantu Anak Mengatasi Kecemasan di Sekolah

1. Pahami sumbernya

“Penting untuk memahami sumber kecemasan; jika ada sesuatu yang terjadi di sekolah, seperti perundungan, maka Anda perlu menanganinya secara langsung,” kata Dokter Amy Mezulis, salah satu pendiri dan kepala petugas klinis Joon“Seringkali tidak ada – anak hanya merasa cemas – tapi kita tidak ingin melewatkan masalah yang bisa dipecahkan.”

2. Bersekolah secara teratur

“Sangat penting bagi anak Anda untuk kembali bersekolah meskipun mereka merasa cemas,” ucap Jenkins, berbagi. “Kecemasan di sekolah semakin besar jika semakin lama seorang anak tidak bersekolah, maka hal ini merupakan hal lain yang memerlukan campur tangan orang tua.”

3. Jangan memperkuat anak tinggal di rumah

“Jika anak Anda tidak bisa bersekolah, pastikan rumah nyaman,” kata Jenkins, “tetapi jangan secara tidak sengaja memperkuat kebiasaan tinggal di rumah (seperti jajan sepuasnya, video game, atau waktu bersama orang tua) .”

4. Lakukan beberapa kali uji coba

“Bagi anak-anak yang baru bersekolah, kami merekomendasikan untuk melakukan dry run di hari-hari sekolah untuk membiasakan anak dengan rutinitas baru,” saran Dokter Mezulis. Ini melibatkan mengemudi ke sekolah, keluar, dan pergi ke pintu depan.

5. Tetapkan tujuan kecil

“Tujuan kecil mungkin berupa hal-hal seperti mengidentifikasi apa yang akan Anda lakukan saat istirahat (bermain, berjalan tiga putaran di taman bermain); satu aktivitas sosial (misalnya hai untuk anak tertentu),” Dr. Mezulis menjelaskan. “Sesuatu yang kecil dan dapat diperoleh dapat membangun kepercayaan diri.”

6. Tawarkan hadiah kecil

“Saya tidak menyarankan menyuap anak-anak untuk pergi ke sekolah, namun memberikan hadiah kecil di akhir minggu seperti menonton film bersama keluarga atau pergi keluar untuk makan es krim, dapat menjadi cara yang baik untuk merayakan anak Anda mengatasi kecemasan dan kesulitannya. menjadi sukses dengan kehadiran di sekolah pada minggu itu,” kata Mezulis.

7. Kembangkan kotak peralatan kecemasan

“Ini bisa berupa kotak fisik tempat mereka menaruh barang-barang yang membantu mereka mengatasi kecemasan,” kata Jenkins. “Kotak itu mungkin berisi foto keluarga, sabun wangi, teka-teki, dan pengingat keterampilan mengatasi masalah seperti pernapasan kotak atau teknik grounding.”

Saat mendukung anak Anda mengatasi kecemasan sekolahnya, orang tua perlu hati-hati. Anda ingin memastikan bahwa Anda memvalidasi dan menghargai kecemasan anak Anda, namun juga memastikan bahwa kecemasan tersebut tidak mendominasi kehidupan mereka hingga pada titik yang dapat dihindari (seperti menolak bersekolah sama sekali).

Dengan menyadari realita kecemasan di sekolah dan menyiapkan beberapa trik dan tips sebagai antisipasi, orang tua dan pengasuh dapat membantu anak-anak menjalani sekolah dengan baik dan terus merasa didukung sepanjang tahun. Semoga bermanfaat ya, Sahabat Cantika!

Pilihan Editor: 6 Tips Orang Tua Bantu Anak Mudah Beradaptasi di Sekolah Baru

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *