Berita

Mengenal Jatake, Stasiun KRL Termegah yang Akan Hadir di Tangerang

×

Mengenal Jatake, Stasiun KRL Termegah yang Akan Hadir di Tangerang

Share this article


Moda transportasi di Indonesia kian berkembang pesat. Tak hanya memberikan pembaruan, namun menghadirkan juga terobosan baru yang kian memanjakan para penggunannya. 

Salah satu yang terbaru adalah pembangunan stasiun KRL termegah yang ada di Tangerang, Banten, yakni Stasiun Jatake

Stasiun ini dibangun di Desa Jatake, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. Fasilitas baru ini ternyata merupakan hasil kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT Bumi Serpong Damai Tbk melalui Sinar Mas Land. 


Nantinya, stasiun megah ini akan menjadi kebanggaannya warga BSD City dan sekitarnya. 

“Proyek seperti ini biasanya kita sebut creative financing, di mana fungsi prasarana transportasi dikerjasamakan dengan swasta,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat groundbreaking pada 30 Maret 2024 lalu, dikutip dari situs resmi Kemenhub.

“Kita butuh lebih banyak lagi pembangunan seperti ini sehingga titik-titik simpul transit oriented development (TOD) dapat terintegrasi dengan kereta api,” tegasnya.

Mengenal Stasiun Jatake yang Bakal Jadi Kebanggaan Warga BSD City

Mengenal Jatake, stasiun KRL termegah di Tangerang/Foto: Dok. Sinar Mas Land/BSD

Beauties, pembangunan Stasiun Jatake ini baru dimulai pada Januari 2024 lalu. Proyek ini ditargetkan akan selesai dan mulai beroperasi pada pertengan 2025 mendatang. 

Stasiun ini berada di KM 37+045 Rute Tanah Abang-Rangkasbitung. Nantinya, akan memiliki panjang peron 250 meter dan lebar masing-masing peron adalah 6 meter. 

Berdasarkan situs resmi Sinar Mas Land, stasiun ini dibangun di atas lahan seluas 2.435 meter persegi (m2). Area ini akan ‘disulap’ menjadi gedung tiga lantai dengan total luas bangunan 3.000 m2.

Perancang Stasiun Jatake adalah biro arsitektur bernama Arkonin. Desain yang dipilih bergaya modern tropis dengan tata ruang sangat fungsional. 

Lebih lengkap tentang Stasiun Jatake, baca selengkapnya di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *