Berita

4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Bekas Jerawat Susah Hilang, Kamu Sering Lakukan?

×

4 Kebiasaan yang Menjadi Penyebab Bekas Jerawat Susah Hilang, Kamu Sering Lakukan?

Share this article


Jerawat memang bikin jengkel, tapi bekasnya yang susah hilang bisa bikin lebih frustrasi. Selain itu, bekas jerawat yang membandel juga cukup bisa mengganggu penampilan, bukan?

Ternyata, beberapa kebiasaan sehari-hari yang kamu lakukan bisa memperparah kondisi ini, loh. Yuk, simak empat kebiasaan yang bisa bikin bekas jerawat susah hilang!

1. Tidak Rutin Memakai Sunscreen

Tidak rutin memakai sunscreen/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Sunscreen atau tabir surya adalah pelindung kulit dari paparan sinar matahari. Sinar UV dapat menyebabkan hiperpigmentasi, serta membuat bekas jerawat menjadi lebih gelap dan sulit hilang.

Jadi, pastikan kamu rutin memakai sunscreen setiap hari, bahkan saat kamu hanya berada di dalam ruangan. Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan lakukan pemakaian ulang setiap 2-3 jam sekali untuk memperoleh perlindungan yang maksimal.

2. Malas Double Cleansing Setelah Beraktivitas

Malas double cleansing setelah beraktivitas/Foto: Freepik/8photo

Setelah seharian beraktivitas, wajah akan terpapar debu, kotoran, dan minyak yang bisa menyumbat pori-pori dan memperburuk kondisi jerawat, serta bekasnya. Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu melakukan double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan dua tahapan.

Tahap pertama, kamu dapat menggunakan cleansing oil atau micellar water untuk mengangkat makeup dan kotoran. Tahap kedua, gunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Melalui dua langkah tersebut kamu dapat memperoleh wajah yang bersih secara lebih optimal.

3. Menyentuh Wajah Saat Tangan Kotor

Menyentuh wajah saat tangan kotor/Foto: Freepik/8photo

Kebiasaan menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu bisa memindahkan kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada jerawat yang sudah ada, loh.

Selain itu, kebiasaan buruk menyentuh wajah dalam kondisi tangan kurang steril juga tidak hanya dapat memperparah jerawat, tapi juga berpotensi meninggalkan bekas jerawat yang susah hilang. Mulai sekarang, hindari menyentuh wajah jika tanganmu belum dicuci bersih. Selalu cuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah atau saat akan mengaplikasikan produk skincare.


4. Suka Memencet Jerawat

Suka memencet jerawat/Foto: Freepik/Jcomp

Mungkin memencet jerawat bisa memberikan kepuasan sesaat. Akan tetapi, kebiasaan ini bisa merusak jaringan kulit dan meninggalkan bekas yang lebih sulit dihilangkan.

Selain itu, memencet jerawat bisa menyebabkan peradangan dan infeksi yang lebih parah. Oleh karena itu, lebih baik biarkan jerawat kempes dengan sendirinya atau gunakan produk yang mengandung bahan aktif, seperti benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi jerawat.

Mengatasi bekas jerawat memang memerlukan kesabaran dan konsistensi. Dengan rutin merawat kulit dengan produk yang tepat dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang sudah dipaparkan sebelumnya, bekas jerawat bisa memudar secara bertahap. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan kulitmu, ya, Beauties!

****

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *