Berita

5 Resep Perawatan Kecantikan ala Putri Keraton

×

5 Resep Perawatan Kecantikan ala Putri Keraton

Share this article


LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Para perempuan yang berasal dari keturunan ningrat dipercaya memiliki kecantikan yang tiada tandingannya. Paras yang cantik, kulit yang bersih dan harum, merupakan ciri yang sering disematkan untuk menggambarkan kecantikan para putri keraton di tanah Jawa.

Para putri keraton mempunyai cara tersendiri dalam merawat kecantikan yang telah dikenal sejak ratusan tahun lalu. Selain kecantikan, kelemah-lembutan dalam bertutur kata dan tingkah laku yang baik kerap menjadi tolak ukur kesempurnaan seorang perempuan khususnya di tanah Jawa. Sejatinya adalah kecantikan dan perempuan merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. 

Para putri keraton dikenal memiliki kecantikan yang membuatnya terlihat anggun dan auranya tak pernah luntur sejak dahulu kala. Tidak sedikit pula artis layar kaca Indonesia yang merupakan keturunan dari keraton Jawa. Di antaranya ada Paramitha Rusady, Dewi Yull, Maia Estianty, Anggun C. Sasmi, dan Ardina Rasti.

Resep Kecantikan Putri Keraton untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Berikut rahasia kecantikan putri keraton yang dirangkum dari beberap sumber:

1. Rutin Meminum Jamu

ilustrasi jamu (pixabay.com)

Jamu adalah ramuan yang terbuat dari tanaman tradisional yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Kebiasaan minum jamu pada kalangan putri keraton ini sudah dilakukan secara turun menurun dari zaman leluhur mereka.

Terdapat berbagai racikan jamu yang mempunyai khasiatnya masing-masing. Misal, ramuan jamu kunyit asam dipercaya bisa menjaga kecantikan dari dalam tubuh hingga jamu beras kencur yang menjadi pilihan mencegah bau badan tidak sedap. Dengan ramuan alami ini, tidak heran jika putri keraton mempunyai kulit dan tubuh yang sehat.

2. Melakukan Pijat Tradisional

Pijat tradisional merupakan kebiasaan yang dilakukan para putri keraton. Penggunaan aromaterapi menjadi ciri khas dalam perawatan ini seperti penggunaan bunga-bunga tropis untuk memberi aroma ringan.

Campuran minyak kelapa dengan ramuan rahasia biasanya dipakai untuk memijat para putri keraton. Manfaat dari pijat tradisional ini antara lain merelaksasi otot-otot yang tegang, melancarkan sirkulasi darah hingga memperbaiki kualitas tidur.

3. Lulur dengan Mangir Jawa untuk Perawatan Kulit

Lulur merupakan salah satu perawatan kecantikan untuk tubuh yang banyak digunakan oleh wanita Indonesia untuk mendapatkan kulit yang bersih, halus, dan sehat. Mangir Jawa adalah lulur tradisional dari Jawa yang telah digunakan oleh para putri keraton untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit mereka.

Mangir Jawa biasanya terbuat dari bahan-bahan alami seperti kunyit, rimpang temu giring, bubuk cendana, serta akar wangi. Mangir Jawa memiliki khasiat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari sehingga membuatnya selalu lembab, sehat, berkilau dan bebas kusam. Selain itu, mangir Jawa juga menjaga kulit agar selalu segar dan harum sepanjang hari.

4. Masker Wajah dengan Bedak Dingin

Ilustrasi masker wajah. Freepik

Selain memiliki badan yang sehat dan kulit yang bersih, putri keraton juga memiliki wajah yang bersih dan cerah. Bedak dingin merupakan perawatan tradisional yang menjadi rahasia kecantikan putri keraton. Bedak dingin yang biasa digunakan terbuat dari padi, gandum, dan tumbuhan lainnya. 

Manfaat dari bedak dingin adalah untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari, menenangkan kulit, mencegah keriput, mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi minyak berlebih dan mencegah timbulnya biang keringat. 

Cara menggunakan bedak dingin adalah larutkan bedak dingin dengan air hingga berbentuk pasta kemudian oles pada wajah dan rasakan sensasi dingin kemudian tunggu 15-20 menit sampai kering lalu bilas hingga bersih. Setelah digunakan kulit akan terasa lebih lembab dan kencang terlihat awet muda.

5. Minyak Cem-Ceman untuk Perawatan Rambut

Rambut merupakan mahkota bagi perempuan sehingga perawatannya juga perlu diperhatikan, di antaranya perawatan tradisional dengan menggunakan minyak cem-ceman menjadi rahasianya. Minyak cem-ceman ini terbuat dari campuran minyak kelapa, daun waru, kulit jeruk purut, daun mangkokan, irisan daun pandan, bunga kenanga, dan bunga melati.

Bahan-bahan inilah yang mengandung asam lemak omega-3 yang menghidrasi dan vitamin E yang dikenal dapat menambah kilau pada rambut serta penting untuk kesehatan kulit kepala.

Cara menggunakan minyak cem-ceman adalah:

1. Oleskan minyak pada kulit kepala dan pijat dengan ujung jari dengan gerakan melingkar. Memijatkan ini dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. 

2. Tutup dengan handuk atau shower cap dan biarkan semalaman. 

3. Pagi harinya, cuci rambut hingga bersih.

Setelah rutin penggunaan minyak ini, rambut akan terasa lebih halus dan sehat berkilau di kemudian hari.

Itulah beberapa resep rahasia kecantikan para putri keraton yang bisa kita ikuti, Sahabat Cantika. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: 3 Cara Membuat Masker Alami dari Buah Naga untuk Berbagai Jenis Kulit

SAHABAT CANTIKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *