Berita

Hati-Hati! Jangan Respon Balik Kalau Ada Telepon dari Nomor Ini…

×

Hati-Hati! Jangan Respon Balik Kalau Ada Telepon dari Nomor Ini…

Share this article



Di era kecanggihan teknologi informasi saat ini, modus penipuan yang hadir semakin beragam. Penipu seolah tak kehabisan ide untuk mencari mangsa. 

Nah, salah satu yang terkenal dan masih banyak memakan korban adalah wangiri fraud atau penipuan wangiri. Modus penipuan ini menggiring orang penasaran untuk menelepon balik missed call dari nomor luar negeri yang tak dikenal. 

Penipuan ini memang telah ada sejak dulu, tapi masih banyak saja yang terperangkap dan dirugikan. 

Terpancing Menelepon Nomor Asing Bisa Tersedotnya Pulsa!




Ilustrasi telepon/Foto: Pexels/Kaboompics

Mengutip Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), jika terpancing menelepon nomor telepon asing yang digunakan oleh penipu, maka saldo pulsamu bisa tersedot banyak. Hal ini karena penipu tersebut menggunakan sambungan langsung internasional. 

Bahkan, kalau nomor yang digunakan oleh penipu termasuk layanan premium, kerugian lain yang bisa mengintai adalah pengenaan biaya tambahan. Sebagian besar, biaya tambahan itu akan masuk ke kantong penipu. 

Karena itu, Kominfo mengingatkan, kalau mendapat telepon dari orang yang tak dikenal, pengguna harus melakukan pengecekan prefiks atau awalan nomor yang melakukan missed call tersebut. 

Untuk lebih lengkapnya, simak di sini. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.

(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *