Berita

Nasi Cokelat Atau Nasi Merah yang Efektif Menurunkan Berat Badan?

×

Nasi Cokelat Atau Nasi Merah yang Efektif Menurunkan Berat Badan?

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Proses menurunkan berat badan dipengaruhi oleh olahraga, diet yang terencana dengan baik, dan perubahan gaya hidup. Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan cenderung mengurangi karbohidrat, terutama membatasi konsumsi nasi, baik nasi merah atau nasi cokelat. 

Jenis beras yang dikonsumsi pun menjadi pertimbangan. Nasi putih dianggap sebagai pilihan yang paling dihindari bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebagai alternatif, mereka memilih nasi merah atau cokelat. Jika bingung mana yang harus dipilih, inilah hal yang perlu dijadikan pertimbangan.

Bekatul dan dedak beras pada beras cokelat utuh menjadikannya alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan nasi putih. Pigmen yang ada dalam beras memberinya warna. Jika jumlah pigmen ini tinggi, maka warnanya bisa menjadi merah, hitam atau ungu, tergantung pada jumlah pigmen. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa beras cokelat adalah jenis lain beras merah.

Kehadiran pigmen yang disebut antosianin memberi warna pada beras dan tergantung pada jumlah pigmen ini, beras mendapatkan warnanya. Beras cokelat dan beras merah, keduanya kaya akan antosianin, yang merupakan gudang anti-oksidan. Namun, nasi merah juga kaya mangan yang merupakan bagian integral untuk berfungsinya tubuh. Mangan berperan penting dalam metabolisme karbohidrat dan penyerapan kalsium.

Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, akan sulit memilih di antara keduanya karena kedua jenis mengandung jumlah karbohidrat dan protein yang sama. Jumlah serat di kedua varietas juga cukup sama sehingga bisa jadi pilihan yang sehat untuk menurunkan berat badan.

Meskipun kedua varietas beras merupakan sumber serat yang sangat baik dan kaya nutrisi dengan kandungan karbohidrat yang rendah dibandingkan dengan nasi putih, jumlah yang harus dikonsumsi harus selalu dipantau dengan cermat. Jika makan terlalu banyak, mau tidak mau akan menambah jumlah karbohidrat yang dikonsumsi dan itu bisa membuat penambahan berat badan.

Pilihan Editor: Tips Menurunkan Berat Badan ala Kourtney Kardashian, Diet Keto dan Hindari Makanan Olahan

MILA NOVITA | TIMES OF INDIA 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *