Berita

Rekruter AS Bagikan 2 Kesalahan Besar Gen Z saat Wawancara Kerja, Simak dan Jangan Ikut Lakukan!

×

Rekruter AS Bagikan 2 Kesalahan Besar Gen Z saat Wawancara Kerja, Simak dan Jangan Ikut Lakukan!

Share this article


Wawancara kerja menjadi salah satu tahapan penting sebelum akhirnya kamu diterima di suatu perusahaan. Dalam wawancara kerja ini biasanya seorang rekruter akan menilai banyak hal.

Dari pengetahuan hingga cara calon karyawan bersikap, akan menjadi penilaian. Karena itu Beauties, memberikan kesan terbaik saat wawancara kerja adalah hal yang sangat penting!

Emily Levine seorang rekruter yang kini menjadi wakil presiden Career Group Companies di Los Angeles, AS, telah melihat banyak perilaku calon karyawan. Namun, dalam setahun terakhir ini ia menemukan beberapa kejadian aneh saat mewawancarai pekerja muda.

“Banyak kandidat Gen Z, menurut saya tidak mengetahui etika wawancara,” ujarnya. 

Ia pun membagikan dua kesalahan saat wawancara kerja yang sering dilakukan oleh Gen Z. 

1. Mengabaikan Latar Belakang saat Wawancara Online

Ilustrasi wawancara kerja online/Foto: Freepik.com

Rekan Levine menemukan pencari kerja muda yang mengabaikan latar belakang saat wawancara online. Ia melakukan wawancara tersebut dari tempat tidurnya. 

Ternyata, wawancara dari tempat tidur bukanlah hal yang baik. Menurut Levine, ini menunjukkan bahwa calon pencari kerja tidak profesional dan malas, karena ia tidak mencari tempat terbaik untuk latar belakang saat wawanara online. 

“Itu adalah kandidat yang sangat kecil harapannya,” kata Levine.

Nah, catatan untuk Beauties… kalau kamu melakukan wawancara kerja dari rumah, lakukanlah di meja kerja, meja dapur, atau area mana pun yang memiliki latar belakang profesional dan bersih. 

Namun, jika itu tidak tersedia, kamu bisa mengakali dengan memburamkan latar belakang atau pasang latar belakang stok. Cara ini jauh lebih baik dari pada rekruter melihat potretmu yang ‘kurang niat’ dengan wawancara di atas kasur kamar. 


2. Kerapian Pakaian Disepelekan
Ilustrasi wawancara kerja

Ilustrasi wawancara kerja/Foto: Getty Images/iStockphoto/Tzido

Selain latar belakang, melansir CNBC, Levine juga sering menemukan Gen Z yang mengabaikan kerapian pakaian saat wawancara kerja. 

Levine pernah mewawancarai kandidat yang hanya mengenakan jubah mandi. Dan itu adalah hal yang buruk. 

Karena itu, saat melakukan wawancara kerja baik itu online atau offline, pakailah pakaian yang rapi dan sesopan mungkin. Ingatlah, wawancara kerja tidak hanya mengukur kecerdasanmu di bidang tersebut saja, tapi ada banyak hal dari dirimu yang bisa menjadi catatan untuk rekruter. 

Dengan memberikan kesan pertemuan pertama yang baik, maka ini bisa memikat hati rekruter. 

Levine pun mengingatkan, jangan lupa untuk menunjukkan antusias saat wawancara kerja. 

“Pastikan untuk melakukan kontak mata yang baik, mengangguk pada waktu yang tepat, dan tersenyum.”

Beauties, itu dia dua kesalahan besar yang sering dilakukan Gen Z saat wawancara menurut rekruter AS. Jangan sampai kamu ikut lakukan ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *