Berita

Microwave Bisa Bantu Olah 3 Makanan Ini Jadi Lebih Praktis, Apa Saja?

×

Microwave Bisa Bantu Olah 3 Makanan Ini Jadi Lebih Praktis, Apa Saja?

Share this article


Hampir semua orang akan menjawab bahwa fungsi microwave adalah menghangatkan atau memanaskan ulang makanan sisa atau beku. Namun, tak banyak yang tahu bahwa microwave ternyata bisa membantu mengolah makanan lebih dari memanaskan ulang atau menghangatkan.

Fungsi tambahan yang dimiliki oleh microwave ini jelas akan membantumu mengolah makanan dengan lebih praktis. Dilansir dari Reader’s Digest, inilah beberapa makanan yang bisa diolah dengan microwave!

Bawang Putih




Ilustrasi/Foto: Unsplash/Sanjay Dosajh
Ilustrasi/Foto: Unsplash/Sanjay Dosajh

Bawang putih adalah salah satu bahan makanan yang cukup sering digunakan dalam masakan Indonesia karena bisa menambahkan rasa nikmat pada makanan sekaligus punya manfaat untuk membersihkan racun dan bakteri dalam perut. Meskipun begitu, mengupas bawang putih kerap membuat proses pengolahannya cukup memakan waktu, apalagi kalau dibutuhkan dalam jumlah banyak.

Namun, kamu bisa menghemat waktu untuk mengupas bawang putih dengan beberapa cara praktis. Salah satu cara praktis yang bisa digunakan adalah dengan memasukkan bawang putih yang belum dikupas itu ke dalam microwave selama 15 detik. Hal ini akan membuat kandungan air dalam bawang putih menguap dan membuat ikatan antara kulit dan daging bawang melemah sehingga lebih mudah dikupas.

Jeruk

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Sheraz Shaikh

Jeruk merupakan buah yang paling mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu menu kudapan buah yang paling sering dikonsumsi. Selain dimakan langsung, jeruk juga bisa dibuat menjadi jus.

Namun, memeras sari jeruk untuk dijadikan jus kerap menyulitkan sehingga masih menyisakan banyak sari yang terbuang sia-sia bersama ampasnya. Nah, dengan meletakkan jeruk utuh ke dalam microwave selama 10 detik, serat di dalam jeruk akan menjadi longgar sehingga proses memeras sari jeruk menjadi lebih mudah.


 

Adonan Kue

Ilustrasi/Foto: Unsplash/David Todd McCarty

Adonan kue juga bisa diolah dengan makin praktis berkat microwave. Tepatnya, kamu bisa lebih cepat membuat adonan kue mengembang dengan memanaskannya di dalam alat serbaguna tersebut.

Jika normalnya adonan kue baru mengembang setelah didiamkan kurang lebih beberapa jam, maka memanaskannya dengan microwave hanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 15 menit. Kamu hanya perlu meletakkan 8 oz atau 237 ml air di bagian dalam belakang microwave dan memasukkan adonan yang telah diletakkan dalam mangkuk tahan panas di bagian tengah microwave.

Nyalakan microwave di kekuatan panas terendah selama 3 menit, kemudian matikan dan diamkan adonan di dalamnya selama 3 menit. Terakhir, panaskan kembali adonan selama 3 menit dan diamkan kembali selama 6 menit.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *