Berita

4 Alasan Mengapa Jepang Selalu Terlihat Bersih dan Rapi

×

4 Alasan Mengapa Jepang Selalu Terlihat Bersih dan Rapi

Share this article


Jepang dikenal sebagai negara yang sangat bersih. Setiap sudut kotanya dirawat dengan sangat baik. Orang-orang Jepang sangat patuh terhadap aturan kebersihan, karena mereka selalu berprinsip bahwa kebersihan adalah suatu hal kebaikan.

Bahkan, anak-anak sekolah di Jepang dibiasakan untuk membersihkan sekolahnya sendiri. Tak heran, banyak turis yang kagum dengan kebersihan dan keindahan negara Jepang.

Lantas, apa yang membuat negara Jepang selalu terlihat bersih? Simak ulasannya berikut ini!

Masyarakatnya Bertanggung Jawab dengan Kebersihan

Foto: Freepik

Masyarakat di Negeri Sakura ini memiliki kebiasaan untuk bertanggung jawab dengan kebersihan masing-masing. Mereka selalu diajarkan untuk selalu mengurus kebersihan dan membawa sampah apa pun yang mereka buat untuk dibuang.

Oleh karena itu, di Jepang sangat jarang terlihat petugas kebersihan untuk membersihkan lingkungan dan membuang sampah dari masyarakat. Hal itulah yang menjadi salah satu alasan Jepang juga memiliki udara yang segar dan sehat. Sehingga, turis pun juga merasa nyaman ketika berkunjung ke Jepang.

Ada Seni dalam Membuang Benda

4 Alasan Jepang Disebut Sebagai Negara Terbersih/Foto: instagram.com/japantodaynews

Bagi sebagian orang, sampah adalah hal yang kotor dan menjijikkan. Tetapi di Jepang beberapa sampah justru memiliki nilai seni.

Di Jepang, saat hari-hari sampah akan didaur ulang, mereka diharapkan untuk memilih sampah dengan hati-hati seperti memisahkan sampah koran dan majalah, membilas setoples sebelum membuangnya, dan masih banyak lagi.

Untuk memastikan bahwa mereka melakukan hal tersebut, tentunya mereka melakukan pengawasan secara bergiliran dalam proses memilih sampah. Hal itu dikenal dengan Gomi Toban

Organisasi Gerakan Menjaga Kebersihan

4 Alasan Jepang Disebut Sebagai Negara Terbersih/Foto: Tomodachi/JapanGov

Jepang memiliki organisasi relawan bernama Green Bird yang membantu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan. Green Bird didirikan di Tokyo pada tahun 2003. Organisasi yang bermula dari konsep “membersihkan kota dapat memberikan keindahan ke dalam hati” ini telah menyebar ke seluruh dunia.

Green Bird mengajak masyarakatnya untuk rutin membersihkan lingkungan, terutama lingkungan dengan lalu lintas tinggi seperti stasiun kereta. Dengan adanya Green Bird, masyarakat Jepang semakin memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan.


Gotong-Royong Rutin Membersihkan Lingkungan

4 Alasan Jepang Disebut Sebagai Negara Terbersih/Foto: instagram.com/japantodaynews

Beauties, jika kamu tinggal di Jepang, kamu pasti akan diminta untuk mengikuti kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan yang sudah terjadwal secara rutin. Biasanya, masyarakat Jepang melakukan hal tersebut setiap jam 7 pagi sebelum berangkat kerja atau memulai aktivitas lainnya.

Mereka menggunakan peralatan kebersihan seperti gunting rumput, sarung tangan, sekop, dan masih banyak lagi untuk membersihkan lingkungan sekitar. Kegiatan gotong-royong membersihkan lingkungan ini juga membantu meningkatkan komunikasi sosial antar tetangga.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *