Berita

5 Rekomendasi Pantai di Jawa Barat yang Tak Kalah Populer dari Pantai Pangandaran

×

5 Rekomendasi Pantai di Jawa Barat yang Tak Kalah Populer dari Pantai Pangandaran

Share this article


Jawa Barat memiliki beragam tempat wisata menarik untuk dikunjungi. Mulai dari menikmati sejuknya daerah pegunungan di Lembang hingga keindahan pantai memanjakan mata seperti Pantai Pangandaran. Pantai Pangandaran merupakan salah satu pantai yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun selain Pantai Pangandaran, Jawa Barat juga memiliki sejumlah pantai yang bisa kamu kunjungi dengan pemandangan tak kalah indah. Menikmati keindahan dua batu karang menjulang tinggi di Pantai Tanjung Layar hingga pesona Tanah Lot-nya Jawa Barat di Pantai Batu Hiu, masih ada banyak keindahan alam yang masih bisa dieksplor.

Beauties yang sudah merencanakan liburan dan hendak berkunjung ke pantai di tengah musim kemarau, berikut 5 rekomendasi pantai di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi.

1. Pantai Tanjung Layar

Ilustrasi Pantai/Foto: freepik.com/lifeforstock

Pantai Tanjung Layar terletak di Desa Sawarna, Lebak, Banten. Pantai ini terkenal dengan dua buah batu karang besar yang berada di tengah pantai dan banyaknya batu karang yang berada di pesisir pantai.

Pada zaman Hindia Belanda, sekitar pantai Tanjung Layar dipenuhi dengan perkebunan kelapa. Pantai ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk kamu kunjungi bersama keluarga, buka selama 24 jam dan terdapat banyak warung dan saung untuk bersantai setelah melepas penat bermain air seharian.

2. Pantai Sayang Heulang

Pantai Sayang Heulang/Foto: instagram.com/@pantaisayangheulang

Berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Pantai Sayang Heulang menawarkan pesona hamparan pasir putih yang luas dan air laut bewarna biru jernih. Terdapat batu karang yang cocok dijadikan sebagai spot foto instagramable nih, Beauties.

Menurut sebuah legenda, nama ‘Sayang Heulang’ diberikan karena adanya seekor anak elang yang terjatuh dari sarangnya dan diselamatkan oleh seorang putri bernama Larasantang. Oleh karena itu, nama pantai tersebut dinamakan Pantai Sayang Heulang yang memiliki arti ‘sayang pada elang’. 


3. Pantai Pelabuhan Ratu

Ilustrasi Pantai/Foto: freepik.com/lifeforstock

Pantai Pelabuhan Ratu menjadi salah satu destinasi wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi saat liburan. Terletak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pantai ini terkenal akan desiran ombak pantai yang kuat. Maka dari itu, kamu harus berhati-hati bila bermain-main di pantai terutama bila kamu membawa anak-anak.

Terdapat beberapa penginapan yang menghadap langsung ke arah pantai salah satunya adalah Grand Inna Samudera Beach yang didirikan oleh Presiden Soekarno. Selain itu, ada pula kamar ‘308’ di dalam hotel yang didominasi warna hijau dikenal sebagai tempat istirahat Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

4. Pantai Santolo

Pantai Santolo/Foto: instagram.com/@santolo_beach

Pantai Santolo terletak di Desa Pamalayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pantai ini termasuk Pantai terkenal di kota Garut yang banyak dikunjungi wisatawan. Kawasan pantai memiliki pemandangan memanjakan mata berupa pepohonan hijau rimbun menutupi kaki Gunung Papandayan. Terdapat pula sebuah dermaga tua peninggalan zaman Belanda yang bisa kamu kunjungi dengan menggunakan perahu layar.

5. Pantai Batu Hiu

Ilustrasi Pantai/Foto: freepik.com/wirestock

Pantai Batu Hiu kerap disebut sebagai Tanah Lot-nya Jawa Barat karena memiliki bentuk karang yang menonjol seperti Tanah Lot di Bali. Nama Pantai Batu Hiu sendiri berasal dari sebuah batu karang yang berada di tengah laut menyerupai ikan hiu.

Pantai ini menawarkan keindahan lautan lepas dari bukit karang, sangat cocok untuk dijadikan tempat foto dan istirahat sambil menikmati bekal makan siang. Namun, kamu tidak bisa bermain air di sini karena pantai ini memiliki ombak yang tinggi dan juga berbahaya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *