Berita

Diandalkan Para Atlet, 5 Buah Ini Terbukti Bisa Jaga Stamina saat Lari

×

Diandalkan Para Atlet, 5 Buah Ini Terbukti Bisa Jaga Stamina saat Lari

Share this article


Beauties, kamu sedang hobi olahraga lari akhir-akhir ini? Penting untuk selalu menjaga stamina ketika melakukan olahraga lari. Salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat. Buah bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk menjaga stamina berolahraga.

Buah mengandung nutrisi penting yang bisa meningkatkan performa, membantu pemulihan, mengatasi kram, dan kelelahan otot. Melansir dari Lifestyle Asia, berikut ini ada 5 buah yang biasa dikonsumsi atlet lari dan bisa kamu coba ketika mulai olahraga lari dan meningkatkan stamina. Apa saja ya?

1. Pisang

Pisang/Foto: freepik.com/freepik

Pisang kaya akan potasium dan magnesium, pisang juga merupakan buah yang paling banyak energi. Pisang bisa membantu mengatasi kram dan kelelahan. Pisang merupakan cemilan yang sempurna untuk olahraga dan masa pemulihan karena bisa menjadi cadangan energi.

2. Cranberry

Cranberry/Foto: freepik.com/KamranAydinov

Cranberry kaya akan kandungan polifenol, senyawa alami yang memiliki sifat antioksidan bisa membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang dihasilkan selama latihan fisik yang intens dilakukan.

Menurut penelitian 2023 pada Jurnal Physical Activity and Nutrition, konsumsi cranberry terbukti bisa meningkatkan performa olahraga dan pemulihan otot. Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan suplemen cranberry pada atlet jarak jauh selama 28 hari.


3. Kiwi

Kiwi/Foto: freepik.com/8photos

Kiwi kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan energi sebelum berolahraga. Kiwi juga mengandung potasium yang bisa bermanfaat pasca-latihan. Buah ini juga memiliki kandungan antioksidan tertinggi.

Penelitian di Jepang pada tahun 2021 menyebutkan bahwa mengkonsumsi kiwi secara teratur bisa meningkatkan aktivitas antioksidan. Maka, buah ini bisa mencegah oksidasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan cedera dan kelelahan otot. 

3. Anggur

Anggur/Foto: freepik.com/8photos

Anggur memiliki banyak kandungan gula yang cocok untuk meningkatkan performa dan pemulihan. Anggur kaya akan polifenol yang bisa menangkal radikal bebas yang dihasilkan selama berolahraga. Kandungan kalium dan air pada anggur yang tinggi bisa mengurangi kram.

5. Kurma

Kurma/Foto: freepik.com/azerbaijan_stockers

Kurma kaya akan serat, kalium, fosfor dan magnesium. Kurma menjadi buah yang sangat baik dikonsumsi bagi pelari jarak jauh. Kandungan indeks glikemik yang tinggi bisa membantu mempertahankan intensitas selama lari jarak jauh.

Itulah 5 buah yang bisa kamu konsumsi saat akan memulai olahraga lari jarak jauh agar stamina tetap terjaga, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *