Berita

10 Tempat Menarik di Dunia yang Terbengkalai, Salah Satunya Ada di Indonesia!

×

10 Tempat Menarik di Dunia yang Terbengkalai, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Share this article


Mengunjungi tempat-tempat populer dan menyenangkan saat liburan merupakan hal yang umum. Namun, pernahkah kamu memiliki rencana untuk mengunjungi tempat-tempat terbengkalai yang dulunya merupakan tempat penting dan menarik?

Meski terlihat sedikit menyeramkan, faktanya ada ribuan orang yang datang mengunjungi tempat-tempat terbengkalai di seluruh belahan dunia. Dilansir dari Reader’s Digest, berikut 10 tempat menarik di dunia yang kini sudah terbengkalai tapi masih menarik banyak pengunjung.

1. Buzludzha, Bulgaria





Buzludzha/Foto: Unsplash.com/Johnny Africa

Buzludzha adalah sebuah monumen bersejarah yang terletak di Pegunungan Balkan Tengah di Bulgaria. Monumen ini dibangun pada tahun 1981 sebagai penghormatan kepada peristiwa penting dalam sejarah negara tersebut.

Memiliki desain yang mencolok dengan bentuk seperti kapal terbang yang besar dan dilengkapi dengan patung emas berukuran besar dari sosok Prometheus di bagian atasnya, monumen terbengkalai ini masih menarik lebih dari 18 ribu pengunjung setiap tahunnya.

2. Ohio State Reformatory, Amerika Serikat




Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai
Ohio State Reformatory/Foto: Source. Destination Mansfield

Dibangun antara tahun 1886 dan 1910, penjara yang terletak di Mansfield ini dirancang untuk memperbaiki dan mendidik narapidana, dengan arsitektur mengesankan yang mencerminkan gaya Victorian Gothic.

Meskipun terbengkalai, penjara ini terkenal sebagai tempat syuting film dan acara TV, salah satunya adalah The Shawshank Redemption tahun 1994. Setiap tahunnya, penjara terbengkalai ini berhasil menarik 21 ribu pengunjung.

3. Gereja Ayam, Indonesia

Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai/Foto: detik.com

Gereja yang secara resmi dikenal sebagai Gereja Lopburi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Disebut Gereja Ayam karena arsitektur bangunannya yang mirip dengan ayam lengkap dengan ekor, sayap, dan kepala ayam yang menonjol. Saat pembangunan, proyek ini mengalami kesulitan keuangan dan perizinan, sehingga tidak selesai dan akhirnya ditinggalkan.

Sejak saat itu, Gereja Ayam menjadi tempat yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara di mana setiap tahunnya gereja terbengkalai ini berhasil menarik 50 ribu pengunjung. Gereja ini juga pernah muncul di film AADC 2 (Ada Apa dengan Cinta), lho! Apa kamu sudah pernah mengunjungi gereja ini, Beauties?

4. Lago di Resia Bell Tower, Italia




Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai
Lago di Resia Bell Tower/Foto: Source. Best Mountain

Menara lonceng ini terkenal karena bangunan gereja aslinya, yaitu Gereja St. Katharina yang telah tenggelam di danau pada tahun 1950 setelah pembangunan bendungan. Menara ini menjadi landmark yang ikonik karena menonjol dari permukaan air danau, memberikan pemandangan yang dramatis dan unik.

Lago di Resia Bell Tower menjadi objek wisata yang populer di daerah tersebut dan mampu menarik 54 ribu pengunjung setiap tahunnya untuk menikmati pemandangan dan mengabadikan momen di lokasi yang unik ini.

5. Stasiun Kereta Api Canfranc, Spanyol

Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai/Foto: Source. Amusing Planet

Canfranc sebenarnya merupakan desa kecil yang terletak di Pegunungan Pyrenees di Provinsi Huesca, Spanyol. Namun, yang membuat desa itu terkenal adalah stasiun kereta api internasionalnya yang menjadi stasiun kereta api termegah pada awal abad ke-20.

Setelah Perang Dunia II, Stasiun Canfranc mulai terbengkalai akibat penutupan lintas internasional pada tahun 1970 setelah terjadi kecelakaan kereta. Meski kondisinya terbengkalai, stasiun ini tetap menjadi objek wisata yang menarik kurang lebih 60 ribu pengunjung setiap tahunnya.


6. Rumah Sakit Militer Beelitz, Jerman




Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai
Rumah Sakit Militer Beelitz/Foto: Source. Travel Triangle

Rumah sakit yang merupakan sebuah kompleks besar ini awalnya didirikan sebagai sanatorium untuk merawat pasien tuberkulosis pada akhir abad ke-19. Selama Perang Dunia I, kompleks ini kemudian diubah menjadi rumah sakit militer untuk merawat pasukan Jerman yang terluka.

Sejak Perang Dunia II, sebagian besar bangunan di kompleks ini dibiarkan terbengkalai dan mengalami kerusakan karena kurangnya perawatan. Bangunan-bangunannya yang terbengkalai sebagian masih menarik minat 64 ribu wisatawan dan fotografer urban exploration karena nuansa sejarah dan arsitektur yang unik.

7. Eastern State Penitentiary, Amerika Serikat

Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai/Foto: Unsplash.com/Lance Anderson

Penjara ini digambarkan sebagai salah satu penjara paling bersejarah di Amerika Serikat dan pernah menampung beberapa tahanan terkenal seperti Al Capone. Eastern State Penitentiary juga menjadi prototipe bagi sistem penjara penitensier yang menekankan isolasi dan refleksi pribadi sebagai sarana untuk pemulihan moral narapidana.

Karena mengalami kelebihan kapasitas dan kondisi yang memburuk, membuat Eastern State Penitentiary ditutup sepenuhnya pada tahun 1971 dan dibiarkan terbengkalai. Meski begitu, penjara terbengkalai ini berhasil menarik 79 ribu pengunjung setiap tahunnya yang ingin belajar dan mengeksplorasi kisah-kisah unik dibaliknya.

8. Stasiun Croix-Rouge, Paris




Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai
Stasiun Croix-Rouge/Foto: Source. The Spaces

Stasiun ini awalnya dibuka pada tahun 1923 dan dinamai sesuai dengan nama Distrik Croix-Rouge di Paris. Sayangnya, stasiun ini hanya beroperasi selama 16 tahun dan resmi ditutup pada tahun 1939.

Terletak di arondisemen ke-6 Paris, dekat dengan Quartier Latin dan banyak situs bersejarah serta institusi pendidikan terkenal seperti Universitas Sorbonne, stasiun terbengkalai ini berhasil menarik 95 ribu pengunjung setiap tahunnya.

9. Teufelsberg, Jerman

Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai/Foto: Unsplash.com/Gero Camp

Teufelsberg adalah sebuah bukit buatan yang terletak di Berlin Barat, Jerman. Bukit ini terbentuk dari reruntuhan bangunan dan puing-puing yang dihasilkan dari Perang Dunia II. Selama Perang Dingin, Teufelsberg memiliki peran strategis karena letaknya yang tinggi memberikan keunggulan dalam pengawasan sinyal dan komunikasi.

Namun setelah reunifikasi Jerman, Teufelsberg ditutup pada tahun 1992 dan sejak itu dibiarkan terbengkalai. Setiap tahunnya, Teufelsberg berhasil menarik 128 ribu pengunjung, fotografer, seniman jalanan, dan penggemar sejarah karena tempat ini menjadi sangat populer.

10. Port Arthur Historic Site, Australia




Deretan tempat menarik di dunia yang terbengkalai
Port Arthur Historic Site/Foto: Source. Sail Travel Explore

Port Arthur Historic Site adalah sebuah bekas penjara yang dibangun pada abad ke-19 sebagai penjara koloni untuk narapidana yang diasingkan dari Britania Raya ke Australia. Saat bangunan ini masih aktif, Port Arthur menjadi tempat di mana narapidana yang paling berbahaya diasingkan dan narapidana lainnya ditempatkan dalam kondisi kerja paksa yang keras.

Setelah penutupan sebagai penjara pada tahun 1877, Port Arthur Historic Site telah diubah menjadi museum dan situs sejarah yang penting di Australia. Setiap tahunnya, tempat ini berhasil menarik 250 ribu pengunjung yang penasaran dengan sejarah di belakangnya.

Itulah beberapa tempat menarik di dunia yang kini sudah terbengkalai. Meski begitu, keberadaan tempat-tempat seperti ini sering kali menarik minat turis dan fotografer. Apa kamu tertarik untuk mengunjunginya juga, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *