Berita

3 Aspek Penting Merawat Diri untuk Hidup Sehat, Tak Perlu Biaya Mahal

×

3 Aspek Penting Merawat Diri untuk Hidup Sehat, Tak Perlu Biaya Mahal

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Menjalani hidup sehat dapat memberi manfaat seumur hidup. Meski begitu, banyak orang yang mengira bahwa hidup sehat hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang punya banyak waktu dan banyak uang.

Perlu diketahui bahwa hidup sehat bukan hanya sekadar perawatan diri. Bukan hanya berubah menjadi pribadi yang lebih baik, tapi menciptakan rutinitas yang bermakna dan bernutrisi. Hidup sehat berarti memprioritaskan aktivitas-aktivitas yang meningkatkan kehidupan seseorang, baik dalam fisik, emosional, sosial, pikiran, dan spiritual.

Berdasarkan filosofi produktivitas orang Jepang, yakni Metode Kaizen, perawatan diri membutuhkan fokus pada peningkatan yang konstan dan berkelanjutan.

Dilansir dari Healthline, seorang pakar kesehatan, Wayne Jonas, membagikan tiga cara membangun rutinitas perawatan diri sebagai gaya hidup sehat.

1. Merawat tubuh

Perawatan tubuh termasuk dengan menciptakan rutinitas untuk diet, olahraga, dan pola tidur yang benar. Dokter Wayne Jonas mengatakan tiga area ini menjadi aspek terpenting dalam membangun gaya hidup sehat.

Untuk membangun rutinitas diet yang benar bisa dengan pola makan sayuran yang berbasis makanan utuh. Bisa ditambahkan dengan ikan dan lemak berkualitas seperti kacang-kacangan dan biji-bijian.

Sementara untuk olahraga, mulai dari hal kecil. Menurut Wayne Jonas, hidup sehat dengan olahraga tidak perlu dengan melakukan lari marathon atau angkat beban di gym. Semua perlu dilakukan dengan rutin.

“Sebuah penelitian yang diterbitkan beberapa minggu lalu mengamati jumlah langkah optimal yang harus dilakukan seseorang agar berumur panjang adalah sekitar 7.500 langkah setiap harinya,” kata dia.

Sementara untuk membangun pola tidur yang baik adalah dengan menjauhi hal-hal yang mengganggu kualitas tidur, seperti lampu, layar HP, dan minum terlalu banyak sebelum tidur. Sebaliknya, perlu untuk menambahkan hal-hal yang membantu kualitas tidur.

“Tempat tidur yang nyaman, bantal yang bagus akan meningkatkan kualitas tidur yang nyenyak, sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh,” ujar Jonas.

2. Merawat bagian dalam diri

Aspek satu ini terkait dengan pikiran, emosi, dan perasaan. Menurut Jonas, bagian ini lebih sulit dilakukan daripada perawatan tubuh.

“Jika ingin belajar bagaimana mengelola reaksi emosional terhadap berbagai hal dalam hidup, pelajari keterampilan emosional,” ucap dia.

Untuk membangun rutinitas perawatan dalam diri, Jonas menyarankan untuk mengikuti kelas manajemen stres atau pendekatan pikiran-tubuh seperti yoga dan tai chi.

“Anda bisa menggunakan aplikasi yang mengukur variabilitas detak jantung yang merupakan indikasi kemampuan fisiologis untuk rileks,” ungkapnya.

3. Merawat komunitas

Manusia merupakan makhluk sosial yang secara alamiah membutuhkan keluarga, teman, dan orang-orang dalam proses perawatan diri mereka. Berada dengan orang-orang terkasih merupakan dukungan sosial yang juga memberi dampak bagi kesehatan.

Saat melakukan aktivitas yang bermakna bersama orang-orang terdekat dapat membantu kesehatan secara emosi, mental, dan fisik. Bergabunglah dengan komunitas atau organisasi agar Anda dapat merasa ditemui, didengarkan, dan dibantu untuk memiliki kehidupan yang bermakna.

Tidak butuh banyak biaya dan waktu yang lama, mari mulai hidup sehat dengan merawat diri dengan melalukan tiga aspek di atas.

Pilihan Editor: Ketahui Emotional Eating, Penyebab dan Cara Mengatasinya

HEALTHLINE | SAHABAT CANTIKA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *