Berita

Sering Dianggap Sepele, 7 Kebiasaan Ini Bisa Memperpendek Umur

×

Sering Dianggap Sepele, 7 Kebiasaan Ini Bisa Memperpendek Umur

Share this article


Banyak orang berharap bisa hidup sehat dan panjang umur. Namun, ada kebiasaan sehari-hari yang tampaknya sepele tapi ternyata menjauhkan kita dari harapan untuk panjang umur. Apa saja kebiasaan yang memperpendek umur?

Sebagian orang memahami kebiasaan seperti malas gerak alias mager, merokok, dan pola makan asal-asalan berdampak pada kesehatan. Secara tidak langsung, kebiasaan buruk ini bakal memangkas usia seseorang.

Caroline Cederquest, pendiri perusahaan diet BistroMD, menyebut memperhatikan kebiasaan jadi bagian penting dalam upaya panjang umur. Kebiasaan-kebiasaan berikut terlihat sepele tapi ternyata bisa memperpendek umur.

Begadang




Ilustrasi begadang/Foto: Freepik.com/EyeEm

Banyak orang dewasa tidak mendapat tidur yang cukup. Sebagian memang susah tidur, sedang sebagian lain sengaja mengurangi porsi tidurnya karena berbagai alasan.

Menurut riset di jurnal Sleep, tidur kurang dari enam jam semalam membuat kita 12 persen lebih mungkin meninggal sebelum waktunya dibanding seseorang yang tidur hingga 8 jam.

Terlalu Banyak Tidur

Tidur sebaiknya cukup, tidak kurang, dan tidak berlebihan. Tidur berlebihan berdampak buruk terhadap kesehatan seperti halnya kurang tidur.

Studi yang diterbitkan di jurnal PLOS One, orang yang tidur lebih dari 9 jam sehari berisiko lebih tinggi mengalami pemangkasan usia.

Terlalu Sering Chatting




Tipe Orang di WhatsappIlustrasi chatting/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Bukan soal percakapan atau chatting-nya, tapi ini soal penggunaan ponselnya. Menggunakan ponsel berlebihan akan memicu nyeri pada leher, pundak, kepala, dan punggung.

“Postur tubuh abnormal yang berkepanjangan telah terbukti menurunkan umur dengan memberikan tekanan pada organ dalam, pembuluh darah, dan saraf. Selain itu, mereka yang mengalami sakit kronis mempunyai umur lebih pendek,” kata ahli rehabilitasi tubuh Scott Schreiber seperti dikutip dari Bustle.

Banyak Duduk

Aktivitas duduk terlihat tidak membahayakan tapi sebenarnya menyimpan bom waktu. Kurang gerak bisa memicu berbagai masalah kesehatan dan jadi kebiasaan yang memperpendek umur.

Sebaiknya kamu mulai bergerak. Tak perlu stres memikirkan cara memenuhi standar global berupa olahraga 30 menit per hari sebanyak lima kali atau lebih dalam seminggu.

Dilansir dari Very Well Health, studi pada 2011 menemukan olahraga dengan intensitas sedang selama 15 menit bisa memberikan tambahan usia 3 tahun.

Untuk informasi selengkapnya, lanjutkan membaca dengan KLIK DI SINI.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *