Berita

Ini Jenis Sayuran yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Catat Daftarnya!

×

Ini Jenis Sayuran yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes, Catat Daftarnya!

Share this article


Makanan menjadi salah satu hal penting yang wajib diperhatikan oleh penderita diabetes. Bahkan, sekalipun sejumlah makanan terkenal sehat, tapi hal itu belum tentu aman dikonsumsi. Misalnya saja, sayuran. Ada jenis sayuran tertentu yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi untuk tetap menjaga kadar gula darah. 

Penasaran apa saja? Dilansir dari Health Match, simak daftar sayuran yang aman maupun yang perlu dihindari oleh kamu penderita diabetes. 

Sayuran yang Aman Dikonsumsi:

Sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes/ Foto: Freepik.com/8photo

1. Kubis 

Kubis mengandung serat tinggi, vitamin C, dan K yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh. Kandungan serat dalam kubis juga membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat proses pencernaan dan penyerapan gula. 

Penelitian pun menunjukkan bahwa kubis mengandung senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang berguna untuk kesehatan jantung penderita diabetes.

2. Sawi Putih 

Sawi putih kaya akan vitamin A, C, dan K, serta mineral seperti kalsium dan kalium. Vitamin C dalam sawi putih membantu meningkatkan sensitivitas insulin, sementara kalsium dan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. 

Sawi putih juga rendah kalori dan karbohidrat. Hal ini membuatnya jadi pilihan yang baik untuk mengendalikan berat badan dan gula darah. 

3. Bayam




Sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes
Sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes/ Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Bayam merupakan sumber serat, magnesium, dan folat yang sangat baik. Magnesium dalam bayam dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mengontrol kadar gula darah. 

Selain itu, bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang berfungsi melindungi kesehatan mata, yang umumnya mempengaruhi kondisi penderita diabetes.

4. Kangkung 

Kandungan serat dan vitamin A dalam kangkung membuat sayur yang satu ini dapat membantu memperlambat penyerapan gula dalam darah sekaligus menjaga kesehatan mata dan kekebalan tubuh. 

Tak hanya itu, kangkung juga mengandung sedikit karbohidrat dan kalori, sehingga aman dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes.

5. Brokoli 

Brokoli mengandung sulforaphane, yakni senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Kandungan sulforaphane pun dapat mengurangi stres oksidatif dan memperbaiki kerusakan sel pada penderita diabetes. 

Sayuran bernama latin Brassica Oleracea var ini juga kaya akan serat, vitamin C, dan K yang membantu mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 


Sayuran yang Perlu Dibatasi:

Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes/ Foto: Freepik.com/stocking

1. Kentang 

Kentang memiliki indeks glikemik (GI) tinggi, yang berarti dapat menyebabkan lonjakan gula darah cepat. Meskipun mengandung nutrisi seperti vitamin C, B6, dan kalium, kandungan karbohidrat dalam kentang sangat tinggi. 

Bahkan ketika dikonsumsi dalam bentuk yang lebih sehat seperti direbus atau dipanggang, kentang tetap berisiko meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

2. Labu Kuning 

Labu kuning memang kaya akan vitamin A dan serat, tetapi sayuran ini juga memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi. Akibatnya, konsumsi labu kuning bisa memicu peningkatan gula darah yang signifikan. 

Risiko tersebut lebih besar lagi jika labu kuning dikonsumsi dalam jumlah besar atau tanpa pendamping makanan yang mengandung protein maupun lemak sehat untuk memperlambat penyerapan gula.

3. Jagung 




Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes
Sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes/ Foto: Freepik.com/KamranAydinov

Jagung mengandung karbohidrat yang dapat dengan cepat diubah menjadi glukosa dalam tubuh. Walau jagung mengandung serat dan vitamin B, konsumsinya dalam jumlah besar atau dalam bentuk olahan seperti jagung manis atau tepung jagung dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

Namun, jika tak bisa berhenti mengonsumsinya, maka penderita diabetes setidaknya perlu mengupayakan konsumsi jagung dalam porsi kecil saja. 

4. Ubi Jalar 

Ubi jalar sering dianggap sebagai pilihan yang lebih sehat dibandingkan kentang karena kandungan serat dan vitamin A yang tinggi. Namun, sayuran akar ini juga memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi dan kandungan karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. 

Apabila penderita diabetes sulit menghindarinya, pastikan ubi jalar dikonsumsi dalam porsi yang rendah dan perhatikan cara pengolahannya. Sebab, hal ini setidaknya bisa membantu mengurangi risiko negatifnya untuk penderita diabetes. 

5. Bit

Tanaman umbi-umbian yang sering kali disangka buah ini memiliki kandungan gula alami yang cukup tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Meskipun kaya akan serat, folat, dan antioksidan, konsumsi bit dalam jumlah besar dapat menyebabkan lonjakan gula darah. 

Maka, penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi bit dalam jumlah terbatas dan memadukannya dengan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah untuk menghindari efek buruknya. 

Jadi, itulah sejumlah sayuran yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi penderita diabetes. Ingat baik-baik, ya! 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *