Berita

Menurut Para Ahli, 5 Kalimat Sehari-Hari Ini Sering Diucapkan Pasangan Harmonis

×

Menurut Para Ahli, 5 Kalimat Sehari-Hari Ini Sering Diucapkan Pasangan Harmonis

Share this article


Komunikasi menjadi hal yang penting dalam sebuah hubungan. Ketika terjadi masalah dengan pasangan, saling berbicara menjadi solusi untuk mengurai konflik. Pasangan yang berhasil dalam suatu hubungan adalah mereka yang bisa mengungkapnya hal yang dirasakannya baik bahagia maupun kekesalan. 

Maka dari itu, ada 5 kalimat yang sering digunakan oleh pasangan terutama ketika terjadi perdebatan, maka dengan komunikasi sangat baik dan kuat yang membuat hubungan mereka harmonis dan langgeng menurut para ahli seperti dilansir dari CNBC Make It. Apa saja ya?

1. “Terima kasih.”

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Lebih dari 40.000 pasangan ditanyai oleh psikolog John dan Julie Gottman tentang apa yang membuat cinta bertahan lama. Semua pasangan harmonis kompak memberikan satu ungkapan yang sering mereka gunakan yaitu “terima kasih”.

Menurut John dan Julie hubungan yang berkembang itu membutuhkan budaya apresiasi yang antusias, di mana kita harus pandai memperhatikan hal-hal yang dilakukan pasangan dengan baik dan memperhatikan juga kesalahan mereka.

Terutama pada hal-hal kecil yang dilakukan setiap hari, misalnya ucapkan kalimat, “Terima kasih sudah membuatkan kopi setiap pagi. Aku suka jadi terbangun karena wangi kopi dan suara kamu dari dapur. Bikin mood-ku baik untuk memulai hari”.

2. “Bantu aku memahami hal ini.”

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Cortney Warren, seorang Psikolog Harvard mengatakan pasangan yang sukses adalah mereka yang tidak menghindari konflik, mereka akan mengarahkan konflik tersebut dengan lebih baik. Sering kali kita berasumsi ketika pasangan sedang marah karena hal yang mungkin tidak tepat sesuai keinginannya, maka pasangan bisa bertanya maksud sebenarnya apa yang mereka inginkan. Warren mengatakan bahwa pasangan tahun jika kamu ingin mengenalnya lebih baik merupakan kunci untuk menyelesaikan konflik dan menjalin ikatan yang lebih dalam.



3. “Aku bisa memaafkanmu. Bisakah kamu memaafkanku?”

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Ketika kamu sedang di puncak perdebatan dengan pasangan, mungkin akan terasa sulit untuk meminta maaf. Warren memberikan saran untuk tetap meminta maaf usai perdebatan berakhir. Dalam penelitian menunjukkan bahwa pasangan yang mempraktikan sikap memaafkan cenderung lebih menikmati hubungan yang langgeng dan harmonis.

4. “Aku berkomitmen padamu.”

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Warren mengungkapkan bahwa menjalin hubungan adalah sebuah pilihan. Memberikan keyakinan bahwa kamu memilih untuk berkomitmen dengannya akan membantu menciptakan rasa aman. Saling mengkomunikasikan janji bersama satu sama lain bisa membantumu merasa diakui sebagai pasangan. 

5. “Aku menyukaimu”

Ilustrasi/Foto: freepik.com/freepik

Dalam keterangannya, Warren menyebutkan bahwa hubungan yang sehat tidak hanya saling mencintai, tapi mereka juga saling menyukai. Menurutnya, mencintai merupakan perasaan kasih sayang yang kuat, sedangkan rasa suka adalah tentang melihat pasangan apa adanya dan mengakui sifat-sifat yang kamu sukai dari pasanganmu. Ucapkan kalimat tersebut sesering mungkin.

Dari kalimat 1 sampai 5 di atas, ungkapan mana yang sering kamu ucapkan pada pasangan, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *