Berita

5 Cara Menentukan Meal Plan Mingguan dengan Menu Makanan yang Sehat

×

5 Cara Menentukan Meal Plan Mingguan dengan Menu Makanan yang Sehat

Share this article


Membuat daftar meal plan sangat membantu untuk menjaga nutrisi dan kesehatan tubuh kamu. Tentu untuk menentukan perencanaan makanan ini bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dalam jangka waktu yang ditentukan.

Jika kamu ingin menentukan meal plan untuk keluarga, menggunakan tabel perencanaan makan setiap minggunya bisa menjadi cara yang cukup efisien untuk mengontrol asupan makanan sehat. Bagaimana cara untuk menentukan meal plan mingguan? Berikut langkah-langkahnya seperti dirangkum melalui Healthline.

1. Luangkan Waktu untuk Merencanakannya





Ilustratsi membuat Meal Plan. /Foto: Freepik.com/Freepik.

Langkah pertama, sisihkan waktu setiap minggunya untuk membuat rencana makan dalam waktu satu minggu ke depan. Buatlah daftar kebutuhan makanan mulai dari sarapan, makan siang, makan malam, dan cemil-cemilan yang akan dikonsumsi selama seminggu.

Pertimbangkan juga jenis makanan yang akan dikonsumsi apakah ingin menggunakan makanan cepat saji atau menyiapkan terlebih dahulu. Jika kamu memilih untuk masak, jangan lupa juga untuk memasukkan daftar bahan makanan mencakup bumbu, saus, topping, dan kebutuhan lainnya.

2. Periksa Stok Bahan Makanan

Ilustrasi mengecek stok makanan. /Foto: Freepik.com/Freepik.

Agar tidak membeli bahan makanan secara impulsif, periksa kembali bahan apa saja yang masih ada di dapur, lemari es, dan freezer. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk membedakan stok atau bahan makanan yang harus digunakan terlebih dahulu.

Selain itu, cek juga tanggal kedaluwarsa setiap makanan yang ada di dalam kemasan. Periksa juga kondisi makanan yang masih layak dikonsumsi agar bisa diolah menjadi masakan yang lezat.

3. Pilih Makanan Bergizi

Ilustrasi bahan makanan bergizi. /Foto: Freepik.com/Freepik.

Langkah menentukan meal plan selanjutnya adalah utamakan menggunakan bahan makanan bergizi seperti daging, ikan, dan telur yang memiliki protein tinggi. Hal ini juga berlaku dalam memilih jenis nasi, misalnya menggunakan beras merah, beras hitam, beras basmati, dan sejenisnya. 

Untuk menambahkan menu sayuran gunakan bahan utama sayur-sayuran yang kaya akan serat, multivitamin, asam folat, dan lainnya. Tidak lupa juga masukkan daftar buah-buahan ke dalam tabel perencanaan makan kamu sebagai camilan atau variasi menu salad.


4. Buat Meal Prep

Ilustrasi membuat meal prep. /Foto: Freepik.com/Freepik.

Meal prep merupakan metode mempersiapkan bahan makanan dalam jumlah banyak untuk jangka waktu tertentu. Dalam menentukan perencanaan makan selama seminggu, tentu proses persiapan bahan makanannya juga akan lebih mudah.

Kamu bisa memasak bahan makanan terlebih dahulu untuk didinginkan dan tinggal dimasak sesuai jadwalnya. Hanya saja, pada saat membuat meal prep ini, pastikan kamu memahami jenis-jenis makanan bergizi yang aman dan baik untuk diolah dalam jangka waktu seminggu.

5. Tandai Makanan Favorit
Masak sendiri/ Foto : Freepik/ Freepik

Ilustrasi/Foto : Freepik/Freepik

Tidak semua jenis makanan sehat disukai oleh setiap orang. Maka dari itu, tentukan beberapa jenis makanan yang menjadi favorit kamu dan mampu mencukupi nutrisi di dalam tubuh.

Bereksplorasi lah dengan resep-resep makanan baru ketika memasak. Pikirkan juga untuk membagi-bagikan jenis bahan makan per harinya, misalnya Senin konsumsi protein, Selasa tanpa daging, dan seterusnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *