Berita

Terbiasa Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Sehari? Begini Cara Memaksimalkan Agar Berat Badan Cepat Turun

×

Terbiasa Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Sehari? Begini Cara Memaksimalkan Agar Berat Badan Cepat Turun

Share this article


Beauties, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai target penurunan berat badan secara cepat dan efektif. Salah satunya yaitu jalan kaki 10 ribu langkah setiap hari.

Jalan kaki bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang kesulitan lari atau ingin olahraga yang santai. Tidak hanya membakar kalori, jalan kaki secara teratur juga berdampak positif pada kesehatan jantung dan suasana hatimu, lho. Tertarik untuk mencobanya?

Yuk, pelajari cara mudah mengoptimalkan jalan kaki 10 ribu langkah sehari untuk mempercepat penurunan berat badan.

Tetapkan Tujuan yang Realistis

Menetapkan tujuan yang realistis sangatlah penting untuk menjaga motivasi dan konsistensi saat melakukan aktivitas fisik. Merangkum dari Eat This, langkah pertama yang harus kamu ambil untuk berolahraga adalah menentukan target yang realistis.

Selain itu, pastikan kamu mampu meningkatkan jumlah langkah secara bertahap dari waktu ke waktu untuk menghindari kelelahan dan cedera. Jadi, kamu boleh untuk tidak secara langsung menargetkan 10 ribu langkah di awal latihan.

Fokus pada Intensitas

Ilustrasi/Foto: Freepik

Intensitas jalan kaki harian sama pentingnya dengan jumlah langkah kaki yang kamu ambil. Untuk meningkatkan intensitas jalan kaki, kamu perlu melakukan interval jalan cepat untuk meningkatkan detak jantung dan mengoptimalkan pembakaran kalori.

Misalnya, kamu melakukan jalan cepat selama satu menit berturut-turut, kemudian istirahat selama satu menit, lalu mengulangi jalan cepat selama 20 menit. Ketika intensitas jalan kaki meningkat, maka kamu bisa membakar lebih banyak kalori dan meningkatkan kesehatan jantung.

Lacak Kemajuanmu

Ilustrasi/Foto: Unsplash/Luke Chesser

Agar aktivitas jalan kakimu tercapai sesuai target, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pelacak kebugaran untuk memantau langkah harianmu. Saat ini, ada banyak aplikasi seluler pelacak kebugaran yang bisa memantau jumlah langkah harian, jarak yang ditempuh, dan kalori yang terbakar. Meski tidak 100 persen akurat, tapi aplikasi ini sangat membantu untuk mencatat dan memotivasi pergerakanmu.

Ganti Rute Perjalananmu

Ilustrasi/Foto: Freepik

Selanjutnya, mengubah rute jalan kaki juga bisa membuat latihanmu tetap menarik dan melatih otot-otot yang berbeda. Ini juga bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi lingkungan sekitar atau taman yang baru. Kamu juga bisa menambahkan variasi pada rutinitas sehari-harimu. Jadi, kamu tidak akan bosan selama berjalan kaki sesuai target.

Tetap Terhidrasi

Ilustrasi/Foto: Freepik

Beauties, menjaga hidrasi sepanjang hari sangat penting untuk kinerja fisik yang optimal dan memaksimalkan manfaatnya. Oleh karena itu, minumlah air sebelum, selama, dan setelah berjalan kaki agar tetap terhidrasi dan mendukung proses pembakaran lemak tubuh. Pasalnya, dehidrasi dapat mengganggu kinerja dan menghambat upaya penurunan berat badan.


Sempatkan Istirahat

Ilustrasi/Foto: Freepik

Terakhir, sering berjalan kaki dapat meningkatkan sirkulasi dan membantu kamu mencapai jumlah langkah harian. Namun, kamu juga perlu untuk beristirahat sejenak. Kamu bisa mengatur waktumu menggunakan pengatur waktu untuk mengingatkan diri kapan harus bangun dan bergerak setiap waktu, dan kapan harus duduk sejenak.

Semangat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *