Berita

Kebiasaan Begadang Setiap Hari, Hati-Hati dengan 5 Efek Buruk Kesehatan Ini…

×

Kebiasaan Begadang Setiap Hari, Hati-Hati dengan 5 Efek Buruk Kesehatan Ini…

Share this article


Banyaknya tugas yang harus dikerjakan sehari-hari mengharuskan seseorang begadang hingga larut malam. Padahal ada beberapa efek kebiasaan begadang yang bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.

Padahal memiliki tidur yang cukup baik untuk kesehatan tubuh sehingga Beauties bisa merasa semangat untuk beraktivitas di keesokan harinya. Jadi, jika tidak ingin begadang, Beauties bisa membagi waktu istirahat dengan bekerja.

Tubuh bisa mengalami beberapa hal di bawah ini, apabila Beauties memiliki kebiasaan begadang yang tidak terkendali. Apa saja itu, simak!

1. Risiko Terkena Penyakit Jantung

Efek kebiasaan begadang/Foto: Pexels/Pixabay

Efek pertama dari kebiasaan begadang yang tidak terkendali adalah risiko terkena penyakit jantung. Mengutip CNN Indonesia, setiap satu jam dari waktu tidur yang berkurang, bisa meningkatkan penyakit jantung.

Beauties tentu saja tidak langsung mengalami penyakit tersebut, namun jika kebiasaan begadang tidak dikendalikan, penyakit jantung bisa muncul beberapa tahun mendatang.

2. Kenaikan Berat Badan

Efek kebiasaan begadang/Foto: Pexels/Shvets Production

Efek kebiasaan begadang yang perlu diketahui adalah bisa mengalami kenaikan berat badan. Ketika Beauties bekerja sampai tengah malam, biasanya perut akan terasa lapar sehingga ingin memakan camilan.

Kebiasaan begadang dan aktivitas ngemil tengah malam bisa membuat berat badan Beauties naik. Hal ini karena makan tengah malam bisa mengganggu kinerja tubuh sehingga harus membakar lemak.

3. Tubuh Akan Terasa Lelah

Efek kebiasaan begadang/Foto: Pexels/Pixabay

Selain mengalami kenaikan berat badan, jika terlalu sering begadang, tubuh akan terasa lelah saat bangun pagi. Waktu ideal untuk beristirahat setiap malamnya adalah minimal 6 jam bagi orang dewasa.

Jika Beauties tidur kurang dari waktu tersebut, tubuh akan lelah keesokan harinya sehingga kesulitan untuk beraktivitas.


4. Alami Hipertensi

Efek kebiasaan begadang/Foto: Pexels/Shvetsa

Beauties yang sering melakukan kegiatan seperti bekerja, belajar, olahraga, dan menonton hingga larut malam bisa menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh meningkat. Padahal seharusnya hormon kortisol di malam hari rendah.

Dampak kenaikan hormon kortisol adalah memengaruhi suasana hati sehingga mudah murung dan emosinya tidak stabil keesokan harinya. Hormon kortisol yang meningkat juga bisa memacu denyut jantung jadi lebih cepat dan menyebabkan hipertensi.

5. Terkena GERD

Efek kebiasaan begadang/Foto: Pexels/Sora Shimazaki

Efek buruk lainnya yang dialami oleh seseorang yang suka begadang adalah GERD. Sekarang banyak anak muda yang terkena GERD dan salah satu penyebabnya adalah kebiasaan kurang tidur.

Mengetahui efek kebisaan begadang pada tubuh akan membuat Beauties sadar pentingnya menjaga kualitas tidur setiap hari. Yuk tetap jaga kesehatan dengan selalu tidur cukup waktu ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *