Berita

Ketahui Kebiasaan Makan Orang Prancis, Tiada Hari Tanpa Minum Kopi

×

Ketahui Kebiasaan Makan Orang Prancis, Tiada Hari Tanpa Minum Kopi

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Prancis menjadi sorotan beberapa hari ke depan tersebab menjadi tuan rumah Olimpiade Paris 2024. Setiap negara memiliki keunikan dan kekhasannya maisng-masing, begitu pula kebiasaan makan orang Prancis. 

Bagi orang Prancis, makan dan minum adalah momen yang sakral. Itu sebabnya, mereka bisa menghabiskan waktu lama saat makan dan memiliki aturan tidak resmi untuk menikmatinya. 

Berikut ini adalah daftar kebiasaan makan dan minum orang Prancis. 

1. Makan dengan santai

Langkah pertama cara makan ala orang Prancis adalah santai atau tidak terburu-buru. Orang Prancis hidup dengan ide bahwa makanan, keluarga, dan teman-teman semuanya dimaksudkan untuk dinikmati, dan waktu makan adalah yang menyatukan ketiga hal ini. Itu sebabnya, ketika di Prancis, tagihan makan biasanya diminta oleh pelanggan baru diberikan, bukannya diantarkan setelah makanan di meja habis. Jadi, selalu luangkan waktu lebih untuk makan. 

2. Istirahat makan siang tidak bisa ditawar

Orang Prancis menganggap waktu makan adalah hal yang sakral. Apa pun yang terjadi sepanjang hari, selalu ada waktu untuk berhenti sejenak untuk makan. Bukan hanya 30 menit, istirahat makan siang di masa lalu bahkan bisa sampai dua jam. Jadi jangan heran melihat bistro, restoran, dan kafe di Paris atau kota-kota lainnya penuh sesak dengan pengunjung yang datang langsung selama jam makan siang di hari kerja. Jangan pernah juga makan siang di meja kerja. 

3. Diakhiri dengan kue atau kopi

Setelah menyelesaikan makan, orang Prancis cenderung mengakhiri dengan hidangan penutup, digestif, dan/atau kopi sederhana. Untuk makan siang yang ringan, sepotong kue kecil atau sepotong cokelat dengan espresso sudah cukup. 

4. Keju disajikan setelah makan malam 

Keju dipesan saat makan adalah hal yang biasa. Tapi biasanya keju disajikan setelah hidangan utama, bukan sebelumnya. Ini beda dengan di Amerika yang cenderung makan susu dan produk olahannya sebelum makan besar.

5. Menikmati makanan berkalori

Orang Prancis menikmati hidup dengan cara yang sederhana, misalnya tetap menikmati daging, keju, dan semua makanan manis. Namun, semua dalam jumlah yang moderat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *