Berita

2 Tips Cara Makan Unik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh dari Ahli Gizi

×

2 Tips Cara Makan Unik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh dari Ahli Gizi

Share this article


Ada banyak cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Salah satu faktor utamanya adalah makanan yang dikonsumsi.

Makanan sehat mengandung nutrisi yang penting untuk memelihara imunitas sehingga kamu tak mudah terserang penyakit. Tahukah kamu makanan apa saja tersebut? Ahli Gizi Kim Shapira membagikan daftar makanan dan tips cara mengonsumsinya kepada CNBC Make It agar kamu bisa merasakan manfaat yang maksimal.

Baginya, menjaga kesehatan usus akan sangat berpengaruh pada imunitas. Nah, yuk cari tahu apa saja makanan tersebut dan cara mengonsumsi terbaiknya!


Makanan yang Baik untuk Imunitas

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Malkovstock

Shapira merekomendasikan sejumlah makanan yang baik untuk ususmu, Beauties. Dengan demikian, imunitas tubuh juga turut terjaga. Ini dia makanan yang sebaiknya kamu konsumsi:

  1. Makanan tinggi omega-3, seperti flaxseed, chia seeds, dan ikan berlemak
  2. Variasi buah dan sayuran
  3. Probiotik
  4. Makanan fermentasi
  5. Makanan kaya antioksidan seperti vitamin A, C, D, E, dan K, seperti asparagus, kacang-kacangan, jamur, buah beri, dan jeruk
  6. Makanan kaya serat, seperti gandum utuh


 

Tips Makan agar Bermanfaat untuk Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi makan stroberi

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/RealPeopleGroup

Setelah kamu menghidangkan makanan bernutrisi yang baik untuk imunitas, saatnya menyantap makanan dengan cara yang direkomendasikan. Shapira memberikan 2 tips unik yang bisa Beauties lakukan agar dapat mengoptimalkan manfaat dari makanan penguat kekebalan tubuh tersebut.

Pertama, hirup aroma makanan terlebih dahulu. Shapira merekomendasikannya karena dengan menghirup aroma yang lezat, maka air liur akan terbentuk dalam mulut. Hal ini akan merupakan sinyal bagi tubuh bahwa ini adalah saatnya untuk mencerna sehingga enzim untuk mencerna akan dikeluarkan. Enzim ini akan menyerap nutrisi-nutrisi yang ada pada makanan ke dalam tubuh.

Kedua, kunyah makanan dalam waktu yang lama. Mengunyah makanan ternyata memiliki manfaat tersendiri asal dilakukan dengan tepat. Shapira menyarankan agar kita mengunyah makanan dalam waktu yang lebih lama dari biasanya.

“Gigi adalah bentuk pertama pencernaan mekanis. Gigi adalah cara kita memecah makanan dan serat dalam makanan sehingga kita bisa mendapatkan nutrisi dari dalam,” terang Shapira.

Saat ditelan, makanan pun sudah hancur sepenuhnya hingga menjadi bentuk cairan. Sebaliknya, jika kita tidak mengunyah sampai halus atau bahkan tidak mengunyah, maka ada nutrisi dalam makanan yang terlewatkan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *