Berita

Jangan Asal Pakai, Ini 6 Perubahan Kulit Wajah Tanda Tak Cocok dengan Produk Skincare

×

Jangan Asal Pakai, Ini 6 Perubahan Kulit Wajah Tanda Tak Cocok dengan Produk Skincare

Share this article


Beauties, di era yang serba modern seperti sekarang ini, wajah merupakan aset penting untuk menunjang penampilan, lho. Semakin maju ilmu teknologi, semakin banyak juga produk skincare keluaran terbaru dengan berbagai manfaat untuk kulit wajah.

Skincare seakan menjadi kebutuhan pokok kebanyakan perempuan sekarang. Namun jenis kulit wajah yang berbeda-beda bagi setiap perempuan, pastinya juga memiliki reaksi yang berbeda pula dengan produk skincare yang digunakannya.

Perlu teliti dalam memilih produk skincare, perubahan pada kulit wajah bisa jadi tanda tak cocok dengan produk skincare yang digunakan, dan berikut perubahan kulit wajah yang diketahui. 


1. Ruam atau Bintik Merah

ilustrasi wajah dengan ruam merah/foto: freepik.com

Penggunaan skincare  yang tidak cocok dengan jenis kulit sensitif dapat menimbulkan bintik merah ataupun ruam pada kulit wajah Beauties. Jadi untuk menghindari peradangan yang terlalu parah sebaiknya untuk menghentikan penggunaan produk skincare kamu segera mungkin.

Memiliki dampak buruk bagi kulit wajah apabila diteruskan penggunaan skincare yang tidak cocok. Untuk itu, kamu harus lebih teliti lagi dalam memilih produk skincare dan kenali lebih jauh jenis kulitmu sendiri agar tidak salah dalam memilih produk dengan kandungan yang cocok. 

2. Kulit kering & Mengelupas

ilustrasi wajah dengan kulit kering karen skincare/foto: freepik.com

Penyebab kulit kering dan mengelupas bukan hanya dari produk skincare saja, akan tetapi apabila Beauties baru saja mencoba produk baru dan muncul keluhan kulit kering serta mengelupas bisa jadi masalah kulit wajah tersebut dikarenakan penggunaan skincare yang tidak cocok.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada kulit wajah, sebaiknya hindari produk yang mengandung bahan kimia keras seperti anti-bakteri dan alkohol. Bahan yang tidak aman bagi kulit wajah bisa menjadi masalah serius pada penggunaan produk skincare.

3. Jerawat dan Komedo

ilustrasi wajah berjerawat dan komedo/foto: freepik.com

Jerawat dan komedo merupakan gangguan kulit yang paling banyak dialami oleh setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Penyebab jerawat macam-macam namun dalam kondisi wajah yang menggunakan produk skincare, kemunculan jerawat dan komedo bisa jadi muncul karena penggunaan produk skincare yang tidak cocok.

Skincare yang berbahan kimia keras serta mengandung shea butter dan minyak kelapa sering kali menimbulkan permasalahan pada jerawat dan komedo, karena memiliki kandungan minyak sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit wajah.

4. Iritasi

ilustrasi wajah yang iritasi/foto: freepik.com

Tanda iritasi pada kulit wajah disertai gejala seperti warna kulit memerah, perih dan terasa panas. Penggunaan produk skincare yang menimbulkan iritasi merupakan tanda Beauties tidak cocok dengan produk skincare tersebut. 

Menghindari iritasi yang semakin buruk dan membahayakan, sebaiknya Beauties menghentikan produk skincare yang menyebabkan iritasi. Dan sementara waktu untuk menetralkan kulit wajah sebaiknya hindari menggunakan produk skincare lain atau gunakan krim atau losion untuk menenangkan kulit wajah yang iritasi.

5. Gatal-gatal

ilustrasi wajah karena gatal-gatal/foto: freepik.com

Kulit wajah akan terasa gatal-gatal apabila dalam produk skincare terdapat kandungan yang bersifat alergen, sehingga menimbulkan reaksi alergi pada kulit wajah. Penggunaan produk skincare yang menimbulkan efek samping gatal-gatal sebaiknya segera dihentikan.

Gatal pada kulit wajah akan sangat menganggu dan semakin merusak tekstur kulit apabila ada tindakan menggaruk dengan tangan untuk meredakan rasa gatal yang tidak tertahankan.

6. Warna Kulit yang Berubah

ilustrasi wajah yang mengalami hiperpigmentasi/foto: freepik.com

Tanda penggunaan produk skincare tidak cocok pada kulit wajah lainnya adalah perubahan warna kulit. Beberapa kandungan pada skincare dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan memproduksi melanin berlebih hingga menjadikan kulit wajah lebih gelap dan kusam.

Hentikan penggunaan produk skincare apabila Beauties mengalami hal ini, agar kulit wajah tidak mengalami hiperpigmentasi yang parah. Dan lakukan riset lebih dalam memilih kandungan produk skincare yang cocok untuk jenis kulit Beauties sendiri.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *