Berita

Hindari Mengatakan 7 Hal Ini kepada Ibu Mertua

×

Hindari Mengatakan 7 Hal Ini kepada Ibu Mertua

Share this article



LUMPKINSJAIL.ORG, Jakarta – Mengelola hubungan dengan ibu mertua bisa jadi menantang. Dan, pemilihan kata-kata dengan hati-hati sangat penting untuk menjaga hubungan yang harmonis. Untuk catatan kita bersama, berikut adalah tujuh hal yang wajib Anda hindari untuk dikatakan kepada ibu mertua demi menjaga hubungan positif dan tidak menyakiti hatinya.

“Kamu bukan ibu kandungku.”

Bahkan di saat-saat frustrasi, memberi tahu ibu mertua Anda bahwa dia bukan ibu kandung Anda bisa melukai hatinya. Ucapan tersebut mengabaikan usaha yang telah dilakukannya dalam merawat pasangan Anda dan mengembangkan ikatan dengan Anda.

“Beginilah cara kami melakukan sesuatu dalam keluarga kami.”

Menolak tradisi atau praktik ibu mertua Anda bisa dianggap tidak sopan. Sebaliknya, carilah kompromi yang menghormati tradisi keluarga Anda dan tradisinya.

“Aku tidak suka caramu membesarkan anakmu.”

Mengkritik cara pengasuhan pasangan Anda bisa terasa seperti serangan pribadi terhadap ibu mertua Anda. Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang pengasuhan anak, dekati diskusi dengan empati dan fokus pada kebutuhan keluarga Anda.

“Kenapa kamu tidak menjauh saja dari kehidupan kami?”

Menetapkan batasan memang penting, tetapi menyuruh ibu mertua untuk menjauh justru dapat merusak hubungan. Ungkapkan kebutuhan Anda akan ruang dengan penuh rasa hormat, dan akui perannya dalam hidup Anda.

“Kamu melampaui batas.”

Menuduh ibu mertua bertindak melampaui batas mungkin terdengar kasar. Sebaliknya, bahaslah harapan dan batasan Anda dengan tenang, dan bersikaplah terbuka untuk mendengarkan sudut pandangnya.

“Aku tidak suka hadiah yang kamu berikan kepada kami.”

Mengkritik hadiah, terutama yang diberikan dengan penuh cinta, bisa menyakitkan. Jika Anda perlu membahas preferensi hadiah, lakukan dengan lembut, fokus pada apa yang akan dihargai daripada yang tidak.

“Kamu hanya mencoba mengendalikan segalanya.”

Merasa dikendalikan oleh ibu mertua bisa membuat frustrasi, tetapi menyuarakan tuduhan ini secara langsung dapat meningkatkan ketegangan. Bingkai percakapan di seputar kebutuhan Anda dan cari cara untuk mengatasi masalah bersama.

Pilihan Editor: 22 Inspirasi Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Ibu Mertua

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *