Berita

5 Jenis Yoga Populer Ini Cocok untuk Pemula dan Punya Banyak Manfaat

×

5 Jenis Yoga Populer Ini Cocok untuk Pemula dan Punya Banyak Manfaat

Share this article


Beraktivitas secara fisik itu penting untuk meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuhmu tidak mudah terserang penyakit. Olahraga juga dapat mengirimkan oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh untuk memperlancar sistem peredaran darah dan oksigen.

Terdapat jenis olahraga yang bisa kamu lakukan mulai dari bersepeda, jogging, senam trampolin, basket, pilates, hingga yoga. Jika kamu tidak menyukai olahraga dengan aktivitas berat, kamu bisa mencoba yoga.

Yoga merupakan latihan fisik yang berfokus pada gerakan tubuh, pernapasan, relaksasi, dan meditasi yang bertujuan untuk mencapai ketenangan dan relaksasi. Yoga bermanfaat untuk tubuh karena dapat meningkatkan kebugaran dan fleksibilitas tubuh, mengurangi peradangan, mengurangi stres, dan memperbaiki postur tubuh.

Walau yoga terlihat sebagai olahraga yang santai, tetapi yoga cukup menguras banyak keringat, lho. Melansir laman Forbes Health, ada beberapa jenis yoga populer yang cocok untuk pemula.

1. Hatha

Ilustrasi Yoga/Foto: freepik.com/jcomp

Hatha adalah salah satu bentuk dasar yoga yang dianggap sebagai versi paling dasar oleh banyak instruktur. Menurut seorang dokter terapi fisik, Lisa Blum, yoga Hatha sangat cocok untuk dilakukan oleh pemula karena merupakan jenis yoga paling umum. Melakukan yoga Hatha akan memberikan banyak pemahaman yang baik tentang dasar-dasar yoga kepada pemula, seperti pranayama (pernapasan), meditasi, dan asana (pose).

2. Iyengar

Ilustrasi Yoga/Foto: freepik.com/freepik

Yoga Iyengar dinamai oleh penciptanya, BKS Inyegar, seorang guru yoga dan penulis asal India. Yoga Iyengar merupakan bentuk latihan yang menekankan pada detail, ketepatan, dan penyelarasan dalam postur yoga. Biasanya yoga Iyengar sering memakai alat peraga (balok) untuk menopang tubuh agar lebih nyaman. Alat peraga tersebut memungkinkan pemula yang memiliki keterbatasan fisik untuk melakukan asana (pose) dengan benar sehingga meminimalisir risiko cedera atau tegang pada otot.

3. Ashtanga

Ilustrasi Yoga/Foto: freepik.com/freepik

Jika kamu tidak suka duduk diam selama yoga, kamu bisa mencoba untuk melakukan Ashtanga. Yoga Ashtanga lebih menantang dari yoga jenis lain karena sifatnya yang terstruktur dan dinamis.

Kamu akan mengikuti serangkaian pose yang dihubungkan secara terstruktur di mana napasmu akan selaras dengan pose yang dilakukan. Selain itu, dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh mulai dari menguatkan otot kaki, mengurangi depresi, melatih konsentrasi, dan meningkatkan fleksibilitas.


4. Vinyasa

Ilustrasi Yoga Vinyasa/Foto: freepik.com/yanalya

Sama seperti Ashtanga, Vinyasa akan membuat kamu terus bergerak. Latihan ini menggabungkan serangkaian pose yang menekankan kelancaran gerakan dan napas. Aliran gerakan yang dilakukan secara bertahap dari satu pose ke pose lainnya membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Yoga Vinyasa juga dapat memberi energi untuk tubuh. Kamu bisa memodifikasi pose latihan pada setiap level agar lebih menantang.

5. Restoratif

Ilustrasi Yoga Restoratif/Foto: freepik.com/jcomp

Yoga Restoratif adalah jenis yoga paling menenangkan sehingga cocok untuk pemula. Bertujuan untuk membuat otot lebih rileks dan melepaskan ketegangan pada tubuh. Menahan pose lebih lama dikombinasikan bersama pernapasan teratur untuk membantu menenangkan sistem saraf. Biasanya pose yoga ini lebih sedikit daripada jenis yoga lainnya. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *