Berita

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak

×

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Share this article


Kebiasaan yang kita lakukan setiap hari tentu akan berdampak pada kesehatan. Hal ini juga termasuk kebiasaan tertentu yang rupanya bisa bantu meningkatkan kecerdasan otak.

Ada anggapan bahwa kecerdasan adalah sesuatu yang dimiliki oleh seseorang sejak lahir. Namun, kecerdasan sebenarnya bisa ditingkatkan melalui kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari, termasuk di malam hari.

Dirangkum dari Healthline dan Better Up, berikut ini beberapa kebiasaan di malam hari yang bisa bantu tingkatkan kecerdasan otak. Yuk, simak!

Tidur yang Cukup

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak/Foto: Freepik

Tidur penting untuk mendukung fungsi kognitif yang optimal. Saat kita tidur, otak mengkonsolidasikan kenangan yang kita buat sepanjang hari. Ini juga meningkatkan kemampuan otak kita untuk mempelajari informasi baru ketika bangun.

Faktanya, tidur yang cukup sangat penting, Beauties. Sebuah penelitian pada 2019 menemukan bahwa kurang tidur berdampak negatif pada memori kerja otak.

Meditasi
Essential oil blends untuk meditasi di malam hari

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak/Foto: Pexels.com/cottonbro

Alih-alih berselancar di media sosial sebelum tidur, cobalah meditasi untuk meningkatkan kinerja otak. Dalam sebuah penelitian tahun 2010, meditasi dikaitkan dengan fungsi eksekutif dan memori kerja yang lebih baik. Efek ini terlihat setelah empat hari meditasi.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan hasil serupa. Setelah peserta menyelesaikan sesi meditasi terpandu selama 8 minggu selama 13 menit, perhatian, kemampuan pengenalan, dan memori kerja mereka meningkat. Kecemasan dan suasana hati para peserta juga membaik.

Para peneliti berspekulasi bahwa efek kognitif ini disebabkan oleh manfaat emosional dari meditasi.

Membaca Buku
Ilustrasi Virgo baca buku/foto: pexels/cottonbro studio

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak/Foto: pexels/cottonbro studio

Penelitian menunjukkan bahwa membaca juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak, Beauties. Menurut ulasan tahun 2015, membaca merangsang setiap bagian otak kita, bersama dengan koneksi saraf.

Membaca memerlukan beberapa fungsi kognitis, seperti perhatian, memprediksi, memori kerja, memori penyimpanan jangka panjang, penalaran abstrak, pemahaman, dan pemrosesan visual surat.

Sebuah studi tahun 2013 juga menetapkan bahwa membaca meningkatkan konektivitas antar wilayah otak yang terlibat dengan pemahaman. Efek ini dapat bertahan beberapa hari setelah membaca, sehingga menunjukkan manfaat jangka panjang.

Hindari HP Sebelum Tidur
Deretan kebiasaan di malam hari untuk bantu tidur lebih nyenyak/Foto: Freepik.com

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak/Foto: Freepik.com

Jika ingin menjadi lebih pintar setiap hari, mulailah dengan mencatat waktu pemakaian ponsel, Beauties. Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan ponsel pintar secara berlebihan berdampak buruk pada kinerja kognitif. Kita bisa membatasi penggunaan ponsel untuk hiburan atau media sosial dalam sehari, misalnya hanya pada saat makan siang atau sore hari usai pulang kerja.

Berimajinasi
Aries begadang untuk menyelesaikan urusan yang bisa lebih mudah ketika dilakukan di malam hari.

5 Kebiasaan di Malam Hari yang Bisa Bantu Tingkatkan Kecerdasan Otak/Foto: freepik.com/freepik

Membiarkan diri kita berimajinasi dan berpikir kreatif dapat membantu kita memproses informasi dan menghubungkan berbagai ide. Terkadang kita memaksakan diri untuk berpikir terlalu kritis atau serius.

Sebaliknya, ketika kita menenangkan pikiran dan membiarkan diri berpikir kreatif, hal itu dapat merangsang otak kita untuk mengingat sesuatu dengan jelas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.

(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *