Berita

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic, Elegan dan Berkelas!

×

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic, Elegan dan Berkelas!

Share this article


Di dalam hidup ini, ada berbagai karakter manusia yang akan kamu temui. Mulai dari yang polos dan baik hati hingga yang menyebalkan atau toxic. Berhadapan dengan orang toxic atau memiliki kepribadian yang menyebalkan memang bukan hal yang mudah.

Namun perlu kamu pahami, apa yang mereka lakukan sebenarnya ada di luar kendali kamu, Beauties. Menghabiskan waktu untuk memikirkan sifat dan perilaku orang toxic hanya membuang-buang waktumu saja. Alih-alih emosi, kamu harus sadar bahwa hal yang bisa kamu kendalikan adalah bagaimana reaksimu terhadap mereka.

Rupanya, ada beberapa trik yang dilakukan orang cerdas ketika berhadapan dengan orang toxic. Dirangkum dari laman Inc, yuk contek rahasianya!

Menetapkan Batasan

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic/Foto: Freepik/ tirachardz

Orang cerdas paham menetapkan batasan hubungan dengan orang toxic. Mereka mungkin tetap bersikap ramah, namun mereka tidak membiarkan sifat dan perilaku ‘beracun’ dari orang lain memengaruhi mereka dan mengambil alih. Mereka paham bagaimana caranya memberi jarak dan memberikan batasan yang efektif.

Tidak Mudah Terpengaruh
mengalihkan topik pembicaraan dapat jadi cara pertama dalam menghadapi teman yang suka gosip

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic/Foto: Freepik.com

Orang toxic suka menghancurkan hidup orang lain dengan memberikan komentar yang kasar dan menyakitkan. Mereka merasa mendapatkan kepuasan tersendiri ketika melihat komentar buruk yang dilontarkannya bisa membuat hidup seseorang berantakan.

Namun seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orang cerdas paham bahwa hal yang bisa mereka kendalikan adalah reaksi terhadap komentar buruk tersebut. Mereka memiliki mindset yang kuat bahwa komentar negatif yang tidak bersifat membangun hanya dianggap seperti angin lalu. Mereka telah belajar mengendalikan reaksi mereka terhadap pendapat orang lain.

Fokus pada Tujuan Hidup
Terus menerus merendahkan pasangan menjadi awal red flag yang harus diwaspadai dalam hubungan.

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic/Foto: freepik/drazenzigic

Beauties, apakah kamu lebih sering fokus pada komentar negatif dari orang toxic dan melihatnya memengaruhi hidupmu dibandingkan fokus mencapai tujuan? Jika iya, ini adalah masalah yang harus segera diatasi.

Meskipun diterpa berbagai macam komentar, orang cerdas fokus pada apa yang menjadi tujuan dalam hidupnya. Mereka tidak membiarkan komentar orang lain memengaruhi mereka dalam mencapai tujuannya.

Memaafkan tetapi Tidak Melupakan
Meminta maaf kepada teman/ Foto: Freepik.com/freepik

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic/Foto: Freepik.com/freepik

Salah satu ciri dari orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi adalah mereka bisa memaafkan dengan lapang dada. Mereka memaafkan komentar negatif dan perilaku buruk yang dilakukan oleh orang toxic untuk mendapatkan ketenangan pikiran.

Namun, walau mereka memaafkan, bukan berarti melupakan, Beauties. Adapun hal yang mereka pelajari adalah mereka jadi tahu siapa orang yang bisa dipercaya dan tidak. Tidak hanya menerapkan batasan, mereka pun tidak segan untuk memutus hubungan dengan orang yang hanya menguras energi dan memberikan dampak negatif dalam hidup.


Paham Pentingnya Dukungan
Dua perempuan sedang mengobrol

5 Cara Orang Cerdas Menghadapi Teman yang Toxic/Foto: Freepik/wirestock

Meskipun mereka tahu bagaimana harus bereaksi terhadap orang toxic, namun bukan berarti orang cerdas tidak kesulitan. Terkadang, bisa saja komentar negatif yang didapatkan membuat mereka merasa down.

Di saat seperti itu, mereka paham peran penting dari support system. Mulai dari sahabat, keluarga, rekan kerja, hingga mentor. Orang yang cerdas secara emosional memahami bagaimana memanfaatkan support system yang dimiliki untuk berhadapan dengan orang-orang toxic.

Itulah beberapa cara yang dilakukan orang cerdas ketika menghadapi teman yang toxic. Siap menerapkannya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *