Berita

5 Makanan Diet Ala Orang Nicoya di Kosta Rika yang Membantunya Hidup hingga Usia 100 Tahun

×

5 Makanan Diet Ala Orang Nicoya di Kosta Rika yang Membantunya Hidup hingga Usia 100 Tahun

Share this article


Studi dari National Geographic Fellow dan penulis buku terlaris New York Times bernama Dan Buettner menyatakan bahwa Nicoya di Kosta Rika termasuk satu di antara lima wilayah zona biru. Artinya, orang-orang di sana banyak yang hidup hingga usia 100 tahun dan masih dalam keadaan sehat. 

Selain karena faktor pola pikir dan lingkungan, makanan juga turut berkontribusi terhadap rahasia panjang umur ala orang Nicoya. Terkait itu, masyarakat di sana rupanya memiliki sejumlah makanan diet yang membuatnya tetap bugar hingga mencapai usia 100 tahun. 

Dirangkum dari The Culture Trip dan Fortune, berikut daftar makanan diet ala penduduk Nicoya di Kosta Rika. Simak, yuk! 

1. Jagung

Jagung/ Foto: Freepik.com/freepik

Biasanya, orang-orang Nicoya mengolah jagung menjadi tortilla sebagai makanan sehari-hari. Tortilla jagung ini secara tradisional dibuat segar setiap hari dan diproses menggunakan cara tradisional. Prosesnya dimulai dengan merendam jagung ke dalam jeruk nipis dan air sebelum digiling menjadi tepung. 

Pembuatan tortilla dengan cara tersebut pun diyakini mampu membantu menyerap vitamin dan mineral dari jagung sehingga saat dikonsumsi tubuh dapat memperoleh nutrisi penuh. 

2. Labu

Labu/ Foto: Freepik.com/wirestock

Labu termasuk bahan makanan yang kaya akan vitamin A, B, dan C, magnesium, hingga potasium. Nutrisi ini penting untuk kesehatan tulang, darah, dan jantung. Selain itu, kandungan antioksidan pada labu juga bermanfaat dalam membantu mengurangi stres oksidatif, yang jadi penyebab kerusakan sel dan timbulnya penyakit. 

Nah, biasanya, orang-orang Nicoya di Kosta Rika memakan labu dengan cara dipanggang. Kemudian, menikmatinya bersama sayuran atau biji-bijian seperti quinoa dan tomat. 

3. Kacang Hitam

Kacang hitam/ Foto: Freepik.com/jcomp

Nyaris setiap hari masyarakat Nicoya mengonsumsi kacang hitam. Tak bisa dimungkiri bahwa makanan ini mengandung banyak nutrisi. Mulai dari antioksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh, protein yang berperan untuk pertumbuhan otot, hingga serat yang mampu mengatur gula darah. 

Tak heran jika kacang hitam juga menjadi makanan utama di wilayah zona biru lainnya. Khusus di Nicoya, orang-orang umumnya makan kacang hitam dengan nasi putih, sup, atau taco. 


4. Buah-buahan Tropis

Buah tropis/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Nicoya merupakan daerah yang memiliki iklim tropis. Buah-buahan tropis yang dihasilkan pada daerah tersebut pun juga menjadi bagian penting dari diet sehari-hari penduduk setempat. Contoh buah tropis yang kerap dikonsumsi adalah pisang dan pepaya. 

Buah tersebut masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang berperan terhadap kesehatan orang-orang Nicoya. Pisang sendiri kaya akan vitamin C, vitamin B6, kalium, serat, magnesium, karbohidrat, hingga triptofan.

Nutrisi tersebut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu mengatur tekanan darah, mendukung fungsi jantung yang sehat, dan meningkatkan mood. Sementara pepaya mengandung vitamin C, vitamin E, dan beta-karoten yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. 

5. Ubi

Ubi/ Foto: Freepik.com/stocking

Penduduk Nicoya juga sering mengonsumsi ubi. Makanan ini pun termasuk sumber karbohidrat kompleks yang baik sehingga dapat memberikan energi pada tubuh dan menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

Selain itu, ubi mengandung vitamin dan mineral yang berkontribusi menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan mata, hingga fungsi jantung. Bahkan, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ubi dapat membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker berkat kandungan antioksidan di dalamnya. 

Jadi, itulah sejumlah makanan diet ala orang Nicoya di Kosta Rika yang membantunya tetap sehat dan hidup hingga usia 100 tahun. Makanan tersebut bisa jadi referensi bagi kamu yang juga ingin menerapkan pola makan sehat, ya. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *