Berita

Identik di Makanan Gudeg, Ini 3 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan…

×

Identik di Makanan Gudeg, Ini 3 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan…

Share this article


Jika ditanya apa kuliner khas Jogja, apa yang pertama kali terlintas di otak, Beauties? Gudeg, bukan? 

Gudeg adalah makanan bersantan yang bahan utamanya berasal dari buah nangka. Di balik kelezatan buah nangka yang disulap menjadi olahan gudeg, nangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lho.

Dari beberapa penelitian, mengonsumsi nangka mampu memberikan efek yang baik pada tekanan darah hingga kanker. Hmm, kok bisa ya? Sebenarnya apa saja sih manfaat dan kandungan buah nangka itu? Supaya tau jawabannya, yuk simak!

1. Menurunkan Tekanan Darah

Buah nangka diklaim bisa menurunkan tekanan darah/foto: freepik.com/topntp26

Nangka merupakan sumber kalium yang baik. Makanan yang kaya kalium diklaim mampu membantu menurunkan tekanan darah, menurut American Heart Association (AHA).

Bagaimana cara kerjanya? Kalium menurunkan tekanan darah dengan cara melawan efek natrium dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah.

Berapa kalium yang terkandung di dalam buah nangka? Mengutip FoodData Central, dalam satu cup nangka yang telah diiris (165 g) mengandung 739 mg kalium. Sementara pihak AHA merekomendasikan setidaknya orang dewasa sehat mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari.

Perlu diingat juga, melansir Medical News Today, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang kaya kalium dapat menimbulkan bahaya terhadap penderita ginjal.

2. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Buah nangka mengandung flavonoid yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker/foto: unplash.com/towfiqu barbhuiya

Disamping kaya kalium, buah nangka juga mengandung zat yang disebut fitokimia seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Fitokimia dalam nangka dilaporkan dapat mencegah pertumbuhan pembuluh darah di sekitar kanker sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Menurut American Cancer Institute for Cancer, fitokimia memiliki sifat antioksidan yang dapat membantu melawan efek radikal bebas. Radikal bebas sendiri dapat merusak sel yang menyebabkan berbagai penyakit serius, termasuk kanker.

Meski demikian, terkait efektivitas nangka dalam mencegah pertumbuhan sel kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.


3. Atasi Bisul dan Sembelit

Kandungan serat dalam nangka mampu memperlancar buang air besar/foto: freepik.com/topntp26

Dalam tajuknya, Medical News Today mengungkapkan bahwa nangka mengandung nutrisi yang dapat membantu mencegah terbentuknya luka di perut.

International Journal of Food Science mencatat, nangka mengandung banyak fitonutrien, yakni senyawa nabati dengan sifat antioksidan. Senyawa itu meliputi lignin, isoflavon, dan saponin.

Selain itu, buah berwarna kuning ini kaya akan serat yang mana dapat membantu dalam mengatasi sembelit. Diketahui kandungan serat dalam buah nangka (165 g) sebesar 2,48 g.

Itulah manfaat buah nangka bagi kesehatan. Meskipun memberikan efek yang positif bagi tubuh, tetap kontrol jumlah nangka yang dikonsumsi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *