Berita

Ini Fakta Menarik Cu Chi Tunnels, Destinasi Wisata Sejarah Paling Terkenal di Vietnam

×

Ini Fakta Menarik Cu Chi Tunnels, Destinasi Wisata Sejarah Paling Terkenal di Vietnam

Share this article


Vietnam merupakan salah satu negara yang cukup banyak diminati oleh wisatawan Asia untuk berlibur. Selain terkenal karena hidangan Pho miliknya yang mendunia, negara yang berbatasan dengan Tiongkok ini juga dikenal dengan destinasi wisata sejarah dan budayanya.

Ada banyak kota di Vietnam yang menawarkan pilihan destinasi wisata sejarah, salah satunya kota Ho Chi Minh. Tempat bersejarah yang paling terkenal dari kota ini adalah Cu Chi Tunnels atau terowongan Cu Chi, letaknya berjarak 42 kilometer dari pusat kota Ho Chi Minh.

Saat mengunjungi Cu Chi Tunnels, Beauties akan belajar banyak mengenai sejarah menarik yang tidak terduga atas kemenangan Vietnam melawan Amerika Serikat.

Tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Cu Chi Tunnels? Dirangkum dari berbagai sumber, simak fakta-fakta menariknya berikut ini!

Sejarah Cu Chi Tunnels

Sejarah Cu Chi Tunnels/Foto: istockphoto.com/Andreas Rose

Memiliki panjang lebih dari 200 kilometer, Cu Chi Tunnels merupakan saksi bisu perlawanan gerilyawan Vietnam Utara atau yang lebih dikenal dengan Viet Cong melawan tentara Amerika Serikat. Keterlibatan Amerika Serikat dalam perang melawan Vietnam Utara kala itu dikarenakan ideologi komunis yang dianut oleh pemerintahan Vietnam Utara, ideologi komunis tersebut dikhawatirkan akan memberi efek domino yang membuat negara-negara di Asia Tenggara mengikutinya.

Bangunan Cu Chi Tunnels sebenarnya sudah dibentuk sejak tahun 1940-an saat komunis Vietnam berperang melawan Prancis, namun jaringan bawah tanah tersebut terus dikembangkan dengan sangat kompleks seiring dengan situasi peperangan yang terjadi.

Cu Chi Tunnels kini telah menjadi tugu peringatan perang dan objek wisata yang dikelola oleh pemerintah Vietnam.

Kehidupan Bawah Tanah

Ilustrasi kehidupan bawah tanah Cu Chi/Foto: pinterest.com/Travel Authentic Asia

Hal menarik dari Cu Chi Tunnels adalah pintu masuk terowongan yang dibuat sangat kecil sesuai ukuran tubuh gerilyawan Vietnam, sehingga orang-orang barat seperti tentara Amerika yang memiliki postur tubuh besar dan tinggi tidak dapat menjangkau tempat persembunyian.

Meskipun pintu masuk terowongan ini sangat kecil, namun bagian dalam dari terowongan cukup luas. Terdapat empat tingkat kedalaman berbeda pada jaringan terowongan yang mencakup seluruh kebutuhan hidup bawah tanah. Mulai dari pos pertemuan, dapur, tempat istirahat, rumah sakit, pabrik penyimpanan senjata, bahkan terdapat teater bawah tanah dengan aula musik yang diperuntukkan sebagai hiburan bagi para tentara dan warga sipil Vietnam. 


Perangkap Berbahaya

Ilustrasi perangkap Viet Cong/Foto:pinterest.com/Gina Pacelli

Selain cerdik dalam membangun Cu Chi Tunnels sebagai tempat pertahanan, gerilyawan Viet Cong juga cerdik dalam membuat perangkap tradisional untuk menjebak musuh. Meskipun tidak seperti tentara Amerika yang banyak menggunakan alat-alat canggih selama berperang, namun nyatanya perangkap yang dibuat oleh para gerilyawan Viet Cong ini berhasil mengantarkan mereka dalam meraih kemenangan.

Tujuan dibuatnya perangkap-perangkap berbahaya oleh Viet Cong bukan untuk membunuh, melainkan untuk melukai para tentara Amerika. Dengan cara ini fokus dari tentara Amerika menjadi terbagi untuk perang dan menangani rekan-rekan mereka yang terluka. Selain itu perangkap yang dibuat juga mempunyai dampak psikologis yang buruk terhadap para prajurit, sehingga menurunkan semangat kerja mereka.

Adapun perangkap berbahaya yang dibuat oleh para Viet Cong diantaranya, perangkap busur, tongkat punji dengan kotoran tinja maupun air seni manusia, cambuk bambu, bola berduri dengan ukuran 24 inci dan berat 40 pon, perangkap harimau dengan papan kayu yang dipenuhi logam tajam, lubang ular berbisa, perangkap kartrid, serta granat dalam kaleng.

Terdengar menarik sekaligus menyeramkan ya Beauties, semua perangkap buatan Viet Cong ini dapat Beauties lihat langsung apabila berkunjung ke Cu Chi Tunnels. Tidak perlu bingung jika ingin menjelajahi wisata sejarah ini, karena ada banyak travel agen di Vietnam yang menawarkan tour Cu Chi Tunnels dengan harga mulai dari Rp250.000 per orang.

Bagaimana Beauties, kamu tertarik berkunjung nggak nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *