Berita

4 Cara Membuat Kesehatan Mental dan Cara Berpikirmu Tetap Baik dan Positif

×

4 Cara Membuat Kesehatan Mental dan Cara Berpikirmu Tetap Baik dan Positif

Share this article


Mindset adalah cara berpikir yang menentukan reaksi dan pemaknaan seseorang terhadap sesuatu atau kejadian. Agar kamu tetap memiliki mindset yang positif dan kesehatan mentalmu tetap terjaga dengan baik saat menghadapi hal buruk, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan.

Apa saja?

1. Kenali dan Terima Pikiran Negatif

Kenali dan terima pikiran negatif/Foto: Pexels/Liza Summer

Dilansir dari Forbes, ketika kita mencoba mengabaikan pikiran negatif, pikiran tersebut tidak kunjung hilang. Melainkan, terus bermunculan. Untuk mengatasinya, kenalilah perasaan negatif yang ada dan terima perasaan tersebut.

2. Gunakan Afirmasi

Gunakan afirmasi/Foto: Pexels/Jeshoots com

Jika pikiran negatif mulai muncul, pikirkan kesuksesan yang pernah dapat kamu raih dan perasaan yang menyertainya. Berpikir positif adalah tugas sehari-hari, tapi sepadan. Salah satu caranya adalah ketika kamu bangun pagi, buka matamu dan rasakan syukur untuk hari yang baru.

Tuliskan atau ucapkan afirmasi seperti “Saya mencintai orang-orang yang bekerja dengan saya”, “Saya mampu memberikan kontribusi positif setiap hari”, atau “Saya terbuka terhadap pemikiran yang menginspirasi”, dan sebagainya.


3. Bicarakan

Bicarakan/Foto: Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Dikutip dari One Medical, jika kamu sudah melakukan langkah-langkah di atas namun menyadari bahwa kamu masih memiliki lebih banyak pikiran ‘buruk’ daripada pikiran ‘baik’, ada baiknya kamu membicarakannya dengan seseorang.

Sampaikan ketakutan, kekhawatiran, dan perasaan yang kamu miliki kepada orang yang bisa kamu percaya. Bisa orang terdekat maupun tenaga profesional. Mengekspresikan diri secara verbal bisa meringankan beban berat dan membantumu membalikkan keadaan.

4. Carilah Dukungan

Carilah dukungan/Foto: Pexels/Mart Production

Penting bagi kamu untuk tidak menghadapi pikiran negatif ini sendirian. Jika kamu mengalami kesulitan atau pikiran negatif sudah memengaruhi kesehatan mentalmu, hubungi penyedia layanan kesehatan jiwa terdekat.

Mereka dapat bekerja sama denganmu untuk mengembangkan rencana perawatan yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Misalnya, berupa saran perubahan gaya hidup, pengobatan, dan sebagainya.

*** 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *