Berita

Hati-Hati! Ini 5 Kebiasaan Buruk Saat Mencuci Muka yang Justru Bikin Kulit Iritasi

×

Hati-Hati! Ini 5 Kebiasaan Buruk Saat Mencuci Muka yang Justru Bikin Kulit Iritasi

Share this article


Membersihkan dan mencuci muka adalah salah satu langkah skincare yang sangat penting untuk menjaga kondisi kulit. Meski terlihat  sederhana, mencuci muka dengan cara yang tidak benar bisa menyebabkan kerusakan pada kulit.

Beberapa kebiasaan buruk saat mencuci muka bisa menimbulkan masalah seperti kulit kering dan iritasi. Baca terus untuk mengetahui beberapa kebiasaan buruk yang mungkin masih kamu lakukan saat mencuci muka, Beauties!

1. Terlalu Sering atau Jarang Mencuci Muka





Ilustrasi mencuci muka/ Foto: Pexels/Ron Lach

Pemilik kulit berminyak mungkin tergoda untuk membersihkan dan mencuci muka beberapa kali sehari untuk mencegah munculnya jerawat. 

Namun, mencuci muka terlalu sering bisa menyebabkan kulit mengering. Akibatnya, kulit akan memproduksi lebih banyak minyak sehingga menyebabkan iritasi dan jerawat. Di sisi lain, jarang mencuci muka atau mencuci muka secara tidak teratur juga bisa berdampak buruk pada kulit.

Mencuci muka lebih dilakukan satu kali pada pagi hari sebelum mengaplikasikan riasan atau produk skincare. Dan satu kali pada malam hari sebelum tidur. Dengan jadwal mencuci muka yang teratur, kulit Beauties bisa tetap bersih dan sehat.

2. Menggunakan Jenis Pembersih yang Salah




Ilustrasi menggunakan pembersih wajah yang salah/Foto: Freepik/jcomp
Ilustrasi menggunakan pembersih wajah yang salah/ Foto: Freepik/jcomp

Produk pembersih wajah sangat penting dalam proses mencuci muka. Jika salah memilih jenis pembersih, kulit bisa-bisa bermasalah.

Kulit yang sensitif bisa terasa perih atau mengalami iritasi jika menggunakan pembersih wajah yang terlalu keras, seperti produk yang mengandung alkohol atau butiran scrub kasar. Pemilik kulit sensitif direkomendasikan untuk memakai pembersih wajah yang lembut dan non-fragrance.

Sementara itu, pemilik kulit berminyak cocok menggunakan pembersih yang mengandung salicylic acid. Sedangkan pemilik kulit kering lebih baik menggunakan pembersih dengan formula lembut dan tidak berbusa yang bisa berfokus untuk meningkatkan kelembapan. 

3. Menggunakan Air yang Terlalu Panas atau Dingin




Ilustrasi air untuk cuci muka/Foto: Pexels/Edward Jenner
Ilustrasi air untuk cuci muka/Foto: Pexels/Edward Jenner

Mencuci muka dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit kehilangan minyak alami dan menjadi lebih kering. Hal ini bisa menyebabkan munculnya jerawat, iritasi kulit, serta produksi sebum berlebihan.

Namun, air yang terlalu dingin juga tidak cocok untuk mencuci muka. Pasalnya, air dingin dapat merusak kapiler (pembuluh darah halus) kulit. Oleh sebab itu, selalu gunakan air suam-suam kuku atau air bersuhu ruangan untuk mencuci muka.

Kamu bisa mengetes suhu air dengan meletakkan tangan di bawah keran dan mencuci muka setelah suhunya terasa nyaman di kulit.

4. Terburu-buru Saat Mencuci Muka




Ilustrasi mencuci muka dengan terburu-buru/Foto: Pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi mencuci muka dengan terburu-buru/Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Beauties mungkin pernah terburu-buru saat mencuci muka karena aktivitas yang padat. Hati-hati, karena residu pembersih yang tertinggal di wajah bisa menyebabkan kulit mengering dan iritasi.

Oleh sebab itu, jangan terlalu terburu-buru saat mencuci muka. Take your time! Pijat lembut kulit wajahmu dengan gerakan memutar. Perhatikan area T-Zone serta garis rahang. Lalu pastikan untuk membilas wajah hingga benar-benar bersih.

5. Menggosok Wajah dengan Handuk Kasar




Ilustrasi mengeringkan wajah dengan handuk/Foto: Pexles/Ron Lach
Ilustrasi mengeringkan wajah dengan handuk/ Foto: Pexles/Ron Lach

Apa kamu masih sering menggosok wajah dengan handuk untuk mengeringkan kulit dengan cepat? Segera tinggalkan kebiasaan buruk itu, Beauties!

Pasalnya, menggosok wajah dengan handuk yang kasar bisa menyebabkan kulit kemerahan atau iritasi. Terutama bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Selain itu, handuk yang kurang bersih juga bisa menampung kotoran dan bakteri yang dapat berpindah ke wajah. Hal ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat atau berjerawat.

Untuk mengeringkan wajah, cukup tepuk-tepuk kulit dengan handuk lembut yang bersih. Cara ini bisa membantu mengeringkan wajah tanpa mengiritasi kulit.

Nah, itu dia lima kebiasaan buruk saat mencuci muka  yang bisa menyebabkan kulit iritasi. Ada kebiasaanmu tidak, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *