Berita

3 Teknik Meditasi yang Bisa Diterapkan untuk Atasi Insomnia, Tubuh Lebih Rileks Sebelum Tidur!

×

3 Teknik Meditasi yang Bisa Diterapkan untuk Atasi Insomnia, Tubuh Lebih Rileks Sebelum Tidur!

Share this article


Beauties, pernahkah kamu mengalami kesulitan tidur atau insomnia? Tenang, kamu tidak sendirian!

Masalah tidur bisa dialami oleh siapa saja dan meditasi bisa menjadi solusi alami yang efektif untuk mengatasinya. Yuk, simak tiga teknik meditasi yang dapat membantu merileksasikan dan mempersiapkan tubuh untuk tidur yang nyenyak. Simak yuk!

1. Mindfulness Meditation

Mindfulness meditation/Foto: Freepik/Freepik

Teknik mindfulness meditation melibatkan kesadaran penuh terhadap pengalaman saat ini untuk dapat meresapi segala emosi tanpa harus menghakimi diri sendiri. Dengan fokus pada pernapasan dan perasaan dalam tubuh, pikiran yang mengganggu perlahan akan dilepaskan untuk mendapatkan ketenangan dalam diri.

Praktik ini membantu mengurangi kecemasan dan stres yang seringkali menjadi penyebab utama insomnia.

Cara melakukan teknik ini dapat dimulai dengan menyingkirkan segala bentuk distraksi di sekitar kamu. Ambillah posisi duduk bersila dan fokus pada pernapasan.

Tarik napas, lalu tahan dan buanglah napas dalam 10 hitungan. Ulangi langkah tersebut sebanyak lima kali. Jika ada bagian tubuh yang masih terasa tegang, lakukan gerakan perlahan agar lebih terasa rileks.

2. Body Scan Meditation

Body scan meditation/Foto: Freepik/Freepik

Body scan meditation melibatkan perhatian pada setiap bagian tubuh secara berurutan, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dengan kesadaran yang mendalam terhadap sensasi tubuh, kamu dapat melepaskan ketegangan dan rasa tidak nyaman yang mungkin dirasakan. Teknik ini dapat membantu merilekskan tubuh secara keseluruhan dan mempersiapkan tubuh agar bisa tidur lebih nyenyak.

Caranya dapat diawali dengan berbaring dengan posisi senyaman mungkin. Jauhkan segala bentuk distraksi yang terdapat di sekitarmu.

Kemudian, pejamkan mata dan aturlah napas secara perlahan. Lalu, fokuskan gerakan pada bagian wajah dengan melakukan peregangan pada rahang, mata, dan otot wajah. Lemaskan bagian leher dan pundak. Setelah itu, relaksasi bagian tubuh lainnya mulai dari jari tangan, lengan, perut, punggung, hingga kaki.


3. Guided Meditation

Guided meditation/Foto: Freepik/Freepik

Teknik guided meditation melibatkan panduan suara atau instruksi dari orang lain sebagai pemandu meditasi. Dalam teknik ini, instruktur akan memvisualisaikan suatu gerakan melalui suara, memandu cara bernapas, mengatur posisi tubuh. Guided meditation dapat membantu meredakan pikiran yang gelisah dan membawa kamu ke dalam keadaan rileks yang lebih dalam.

Caranya dapat dimulai dengan menentukan pilihan rekaman atau video tentang arahan meditasi dari situs atau podcast favoritmu. Pastikan pencahayaan ponsel atau perangkat yang kamu gunakan sudah diredupkan pencahayaannya agar tidak mengganggu konsentrasi. Fokuskan dirimu pada suara rekaman dan ikuti lakukan gerakan sesuai instruksi. 

Demikian tiga teknik meditasi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi insomnia dan merilekskan tubuh sebelum tidur. Coba praktikkan salah satu atau kombinasinya secara rutin sebelum tidur dan rasakan perubahan positif dalam kualitas tidurmu. Selamat mencoba dan selamat tidur nyenyak!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *