Berita

8 Minuman yang Ampuh Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar!

×

8 Minuman yang Ampuh Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar!

Share this article


Bukan tidak mungkin kalau usus juga bisa kotor lho, Beauties! Mengingat usus manusia merupakan rumah bagi lebih dari ratusan miliar mikroorganisme yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-sehari.

Membiarkan racun dan bakteri jahat yang tak dibutuhkan tubuh bersarang di usus dapat memicu sejumlah penyakit, salah satunya gangguan pencernaan. Untuk itu, Beauties wajib menjaga kebersihan usus agar sistem pencernaan tetap sehat dan lancar.

Tak perlu repot, ternyata membersihkan usus bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Misalnya mengonsumsi minuman berbahan alami yang ampuh menjadi pembersih usus yang kotor. Minuman apa saja itu? Melansir dari CNN Indonesia, berikut informasi lengkapnya. Simak!

1. Air Putih

Air putih/ Foto: Freepik.com/yanalya

Mengonsumsi air putih merupakan salah satu cara paling mudah dilakukan untuk membantu membersihkan usus kotor. Mengutip Healthtline, para ahli menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi 8 gelas atau dua liter air putih setiap hari.

Mencukupi asupan mineral setiap harinya dapat membantu menjaga kebersihan usus dan kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, air putih berperan penting untuk menjaga fungsi organ tubuh yang lain.

2. Air Garam

Garam Himalaya/ Foto: Freepik.com/wirestock

Air garam digunakan dalam metode saltwater flush. Metode ini kerap digunakan untuk membantu melancarkan sembelit ataupun BAB tidak teratur.

Cara yang dilakukan pun cukup sederhana. Beauties hanya perlu mencampurkan 2 sdt garam laut atau garam Himalaya dengan segelas air hangat. Beauties bisa mengonsumsinya saat perut kosong. Tak perlu menunggu lama, biasanya perut akan mulai bereaksi dan berkeinginan untuk buang air besar.

Meski begitu, masih sedikit bukti ilmiah terkait metode satu ini. Sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba cara ini ya, Beauties, agar tetap aman.

3. Air Jahe

Air jahe/ Foto: Freepik.com/jcomp

Mengutip Healthline, mengonsumsi air atau teh dengan campuran jahe bermanfaat untuk mengatasi mual dan melancarkan pencernaan di pagi hari. Selain itu, jahe juga kerap digunakan banyak orang sebagai minuman antioksidan dan menurunkan berat badan. Dengan begitu, jahe juga dapat membantu membersihkan usus yang kotor.

Untuk membuatnya, Beauties perlu menggeprek jahe terlebih dahulu, lalu direbus dalam air panas hingga mendidih. Tambahkan sedikit madu sebagai pemanis alami. Minuman jahe ini bisa dikonsumsi sebanyak 1-2 kali dalam sehari.

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel/ Foto: Freepik.com/rawpixel-com

Meminum cuka sari apel dianggap sebagai salah satu sumber probiotik yang bisa membantu membersihkan usus yang kotor. Kandungan enzim dan asam di dalamnya dinilai dapat menghilangkan bakteri jahat pada tubuh yang larut terbawa saat BAB.

Selain cuka sari apel, Beauties juga bisa mendapatkan asupan serupa dari minuman seperti yogurt dan kefir.


5. Aneka Jus dan Smoothie Buah

Jus buah/ Foto: Freepik.com/freepik

Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi buah-buahan dan sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan alamiah.

Ada beberapa jenis buah yang bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit, seperti pepaya, apel, jeruk, buah berries, dan jambu biji. Oleh karena itu, dengan meminum campuran jus buah bisa menjadi salah satu cara membersihkan usus kotor.

6. Air Lemon dan Madu

Air lemon dan madu/ Foto: Cook For Your Life

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah lemon dianggap dapat membantu membersihkan usus besar.

Cara membuatnya, Beauties hanya perlu mencampurkan air perasan lemon dan madu secukupnya ke dalam segelas air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan mengonsumsi air lemon pada pagi hari saat perut masih kosong. Sehingga racun dan bakteri kotor yang menumpuk di tubuh bisa keluar bersama dengan urine atau BAB.

7. Teh Herbal

Teh herbal/ Foto: Freepik.com/freepik

Mengonsumsi beraneka teh ternyata juga bisa membantu membersihkan usus, khususnya teh herbal. Ada berbagai macam jenis teh yang baik untuk menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan.

Salah satu jenis teh yang mudah ditemui dan berkhasiat baik untuk pencernaan adalah teh hijau. Diperkaya akan kandungan antioksidan yang ampuh untuk menetralisir racun yang ada di dalam usus.

8. Kombucha

Kombucha/ Foto: Shutterstock/stockcreations

Kombucha merupakan sebuah minuman hasil fermentasi dari teh, gula, ragi dan bakteri. Minuman ini dinilai ampuh untuk membersihkan usus yang kotor.

Untuk membuat kombucha, biasanya menggunakan teh hijau atau teh hitam. Kemudian, diberi tambahan scoby berbentuk bulat pipih yang merupakan starter kultur untuk membantu proses fermentasi. Setelah itu, teh akan didiamkan selama 7-14 hari untuk proses fermentasi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *