Berita

Bukan Langsung Tidur, Ini 5 ‘Ritual’ Malam Hari yang Sering Dilakukan oleh Orang Sukses

×

Bukan Langsung Tidur, Ini 5 ‘Ritual’ Malam Hari yang Sering Dilakukan oleh Orang Sukses

Share this article


Saat malam datang, apa yang biasanya kamu lakukan Beauties? Masih bekerja hingga pagi datang, bermain ponsel dulu sampai puas, atau langsung tidur saat sudah sampai di kasur?

Orang sukses ternyata memiliki ‘ritual’ kecil yang dilakukannya sebelum tidur. Sederet cara yang dilakukannya ini tentu bukanlah hal sia-sia, karena berdampak baik untuk membuatnya rileks hingga membuat mood baik untuk esok hari. 

Melansir Business Insider, berikut sederet ‘ritual’ sebelum tidur yang biasa dilakukan oleh orang sukses di dunia. Simak!

1. Membaca Buku

Ilustrasi membaca buku/Foto: Pexels.com/cottonbro studio

Para ahli sepakat, membaca buku adalah hal terakhir yang dilakukan orang-orang sukses sebelum tidur. Presiden Barack Obama dan Bill Gates diketahui selalu membaca buku, setengah jam sebelum tidur. 

Michael Kers seorang pembicara bisnis internasional dan penulis mengatakan bahwa ia mengenal banyak pemimpin yang menjadikan kegiatan membaca ini sebagai ritual malamnya. 

“Hal ini tidak hanya diperuntukkan bagi bacaan bisnis atau bacaan inspirasional. Banyak orang sukses merasakan manfaat dengan menjadi penjelajah informasi dari berbagai sumber, percaya bahwa hal ini membantu mendorong kreativitas dan semangat yang lebih besar dalam hidup mereka,” katanya.

2. Membuat To-Do-List
Membuat to-do list dapat memudahkan pekerjaan

Membuat To-Do List/Foto: Freepik.com

Saat malam hari, orang sukses akan membuat to-do-list terkait apa saja tugas atau hal-hal penting yang perlu dilakukannya segera di hari esok. 

Kenneth Chenault, mantan CEO American Express selalu menuliskan tiga hal yang ingin dicapainya esok hari sesaat sebelum tidur. 

Ternyata, sesederhana membuat to-do-list ini mendatangkan manfaat besar lho, Beauties! Dengan ini akan menghindarimu dari kebiasaan lupa akan suatu hal, bisa mengatur jadwal lebih baik, membuatmu jadi produktif, hingga tahu mana yang penting untuk diprioritaskan. 

Kamu bisa membuat to-do-list di sebuah catatan kecil atau mencatatnya di ponsel. 

3. Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga
Ilustrasi keluarga Gemini yang damai/Foto: pexels.com/arina-krasnikova

Ilustrasi keluarga/Foto: pexels.com/arina-krasnikova

Umumnya orang sukses selalu menginginkan kehidupan yang seimbang. Tidak hanya mengejar karier, tapi kebahagiaan dirinya pun diseimbangkan. 

Termasuk dengan urusan kebahagiaan keluarga. Orang sukses selalu meluangkan waktunya untuk sekadar mengobrol bersama pasangan, mengobrol, atau bermain dengan anak. Pasalnya, hal ini bisa mendatangkan kebahagiaan untuknya. 


4. Merenungkan Hal-Hal Baik Hari Itu
A young woman is sitting on a sofa by the window and looking outside through the window at home.

Ilustrasi merenung/Foto: Getty Images/recep-bg

Michael Kers juga mengatakan banyak orang sukses yang meluangkan, merenungkan, dan menuliskan tiga hal yang mereka hargai atas apa yang terjadi di hari itu. 

Benjamin Franklin tokoh Amerika Serikat yang terkenal, sering menanyakan pertanyaan pengembangan diri yang sama setiap malam. 

“Kebaikan apa yang telah saya lakukan hari ini?” katanya. 

Kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi. Bisa ditingkatkan untuk dilakukan esok hari, atau jika kurang baik maka perlu ditinggalkan. 

5. Meditasi
Rutin meditasi sebelum tidur bantu menenangkan pikiran sehingga bangun dengan suasana hati yang baik.

Ilustrasi meditasi/Foto:Freepik.com/Simonapillola

Terakhir, bukan langsung tidur, banyak orang sukses yang menggunakan waktu 10 menit di malam hari untuk bermeditasi. 

Dale Kurow, pelatih eksekutif yang berbasis di New York, mengatakan ini adalah cara yang bagus untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran. Sederet orang sukses yang menjadikan meditasi menjadi bagian hidupnya ada Katy Perry, Hugh Jackman, hingga Nicole Kidman, seperti yang dikutip dari detikHealth. 

Nah Beauties, itu dia sederet ritual di malam hari yang suka dilakukan oleh orang sukses. Bagaimana, kamu termasuk yang melakukannya juga nggak nih?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *