Berita

Tak Disangka, 7 Artis Ini Idap Penyakit Autoimun Sejak Lama, Terbaru Ada Ericarl!

×

Tak Disangka, 7 Artis Ini Idap Penyakit Autoimun Sejak Lama, Terbaru Ada Ericarl!

Share this article


Penyakit autoimun adalah kondisi di saat sistem kekebalan tubuh seseorang secara keliru merusak sel-sel sehat di tubuhnya. Normalnya, sistem kekebalan tubuh bakal melepas antibodi untuk melindungi diri seseorang dari zat berbahaya seperti virus, bakteri, sel kanker, dan racun. Namun, pada orang yang memiliki autoimun, sistem kekebalannya tidak mampu membedakan antara sel asing dan sel yang sehat, sehingga sistem kekebalannya justru menyerang jaringan tubuhnya sendiri.

Belum diketahui persis apa yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik. Namun, beberapa orang lebih mungkin terkena penyakit autoimun dibandingkan yang lain, termasuk di kalangan selebritas.

Jumlah pesohor Tanah Air yang mengidap penyakit autoimun ternyata tidak sedikit. Meski secara umum kelainan autoimun tidak dapat disembuhkan, tetapi penyakit ini dapat dikontrol dengan obat-obatan dan perawatan lainnya.

Berikut deretan artis yang terbuka soal sakit autoimun yang dideritanya.

1. Erika Carlina

Erika Carlina/Foto: Instagram.com/eri.carl

Aktris dan model Erika Carlina yang populer dengan nama Ericarl baru saja mengungkapkan tentang kondisi terkini kesehatannya. Erika mengaku divonis menderita autoimun sejak 3 tahun lalu.

“Sudah tiga tahun aku berjuang dengan penyakit autoimunku. Dan sekarang, baru merasakan gejala itu lagi,” ungkap Erika Carlina lewat Instagram Story, Selasa (16/4/2024).

Menurut bintang film Srimulat: Hidup Memang Komedi (2023) ini, penyakit autoimunnya bermula dari gangguan kecemasan yang dideritanya, dan stres dapat menjadi salah satu faktor pemicu kambuhnya autoimun.

Jika sedang kambuh, perempuan 30 tahun berkulit eksotis itu mengaku kerap merasa kesakitan sampai merasa sesak napas, kesulitan bicara, hingga terasa kesemutan pada otak. Erika bahkan harus mengalami rambut rontok dan kebotakan akibat penyakitnya itu, yang cukup mengganggu profesinya sebagai figur publik.

2. Enzy Storia

Enzy Storia/Foto: Instagram.com/enzystoria

Aktris peran dan presenter yang dikenal memiliki suara tertawa yang unik itu divonis memiliki autoimun sejak umur 17 tahun. Awalnya, Enzy merasakan bengkak di area tumit. Mengira hanya asam urat, Enzy pun tak memeriksakan lebih jauh ke dokter. Karena gejala tak kunjung hilang, ia pun memutuskan berkonsultasi ke rumah sakit.

Saat itulah Enzy mendapati dirinya terkena rheumatoid arthritis atau RA, yakni autoimun yang menyebabkan peradangan kronis dan nyeri pada sendi, jaringan sekitar sendi, dan juga mampu menyerang bagian tubuh lainnya. Ia bahkan harus berjalan pincang imbas penyakit autoimunnya.


3. Kartika Putri

Kartika Putri/Foto: Instagram.com/kartikaputriworld

Kartika Putri sempat menghebohkan warganet usai dirinya membagikan foto wajahnya yang luka-luka. Ternyata, aktris tersebut didiagnosis menderita sindrom Stevens-Johnson. Perempuan 33 tahun itu lantas memutuskan untuk menjalani pengobatan di Singapura. Kini, keadaan Kartika Putri sudah semakin membaik.

Sebelum mengalami sindrom Stevens-Johnson, istri Habib Usman bin Yahya itu menyebut bahwa ia memang punya riwayat autoimun sejak 5 tahun lalu. Ia bahkan telah berupaya menjalani dua kali terapi stemcell sebagai pengobatan penyakitnya. Sayangnya, obat pain killer yang dikonsumsinya saat itu sebagai pengobatan autoimun malah menyerang dirinya sendiri, sehingga timbul gejala Stevens-Johnson.

“Qadarullah minggu lalu aku minum pain killer untuk treatment. Sepertinya aku imunnya lagi nggak oke, jadinya alergi sama obat pain killer-nya. Alhasil, muka aku dan mulut aku ruam dan melepuh,” tulis Kartika Putri lewat akun Instagramnya pada 22 Februari 2024.

4. Cita Citata

Cita Citata/Foto: Instagram.com/cita_rahayu

Pedangdut Cita Citata mengonfirmasi soal dirinya mengidap penyakit autoimun. Sebelumnya, istri dari Didi Mahardika ini sempat memperlihatkan bercak-bercak merah di tubuhnya.

Setelah positif didiagnosis autoimun, Cita Citata lalu sempat menjalani pengobatan di Malaysia dan Singapura. Perempuan yang telah berhijab itu mengaku kondisi medis yang dideritanya ini bersumber dari kebiasaannya di masa lalu yang gemar suntik vitamin C agar kulitnya tampak lebih putih.

5. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati/Foto: Instagram.com/isyanasarasvati

Isyana Sarasvati mengaku belakangan ini kerap bolak-balik ke rumah sakit lantaran dinyatakan mengidap penyakit autoimun.

“Mungkin banyak yang bertanya-tanya aku kenapa, kayak bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya akhir tahun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah sekarang lagi flare,” tulis Isyana lewat unggahan di akun Instagramnya pada Kamis (20/4/2023). Sang penyanyi kemudian mengingatkan para pengikutnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Terlebih, apabila kelelahan Isyana menyarankan untuk beristirahat.

Sedikit informasi, SLE atau Systemic Lupus Erythematosus disebut juga sebagai lupus. Mengutip CNN Indonesia, jenis penyakit autoimun ini dapat memengaruhi hampir semua organ tubuh dan menimbulkan beragam gejala, di antaranya adalah kelelahan, demam, nyeri sendi dan otot, ruam kulit, dan bengkak pada persendian. Gejala ini secara berkala dapat kambuh lalu berkembang, seperti halnya Isyana yang mengalami flare atau saat gejalanya muncul kembali secara tiba-tiba.

6. Raditya Dika

Raditya Dika/Foto: Instagram.com/raditya_dika

Pada 2019 lalu, Raditya Dika mengungkap bahwa dirinya terkena penyakit autoimun. Komika dan kreator konten itu sampai rela mengunjungi salah satu rumah sakit di Singapura untuk memeriksakan kondisinya secara rutin tiap setahun sekali. Ketika merasa stres, Raditya Dika akan mengalami kulit kering hingga nyeri di persendian.

7. Ashanty

Ashanty/Foto: Instagram.com/ashanty_ash

Ashanty diketahui telah mengidap autoimun sejak lama. Pada tahun 2018 lalu, istri dari Anang Hermansyah ini sempat dilarikan ke rumah sakit usai muncul bentol-bentol di sekujur tubuhnya. Ia juga merasakan gejala berupa sakit kepala, mudah lupa, gangguan kecemasan, dan stres. Setelah diperiksa, barulah terungkap ternyata penyakit autoimun Ashanty sudah menyerang kelenjar tiroidnya.

Usaha penyanyi ini untuk bisa pulih tak main-main. Dia sampai terbang ke Dubai untuk berobat lantaran gatal-gatal di tubuhnya tak kunjung hilang selama 2 bulan, yang merupakan tanda autoimunnya kambuh. Namun, masa pengobatan itu membuat perubahan pada tubuh Ashanty, seperti rambut rontok dan wajah yang tampak bengap.

****
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *