Berita

11 Perilaku Orang yang Dianggap Menyebalkan dan Cara Menghindarinya

×

11 Perilaku Orang yang Dianggap Menyebalkan dan Cara Menghindarinya

Share this article


Beauties, seberapa sering sih kamu menemukan orang yang kamu anggap menyebalkan? Apa yang orang itu lakukan sehingga kamu menilainya “menyebalkan”? Pernahkah kamu berpikir jika ada perilakumu yang justru dianggap menyebalkan buat orang lain?

Ada banyak perilaku yang umumnya dianggap menyebalkan oleh kebanyakan orang. Situs Happier Human menyebutkan beberapa di antaranya:
1. Suka mengganggu orang lain
2. Selalu komplain
3. Selalu telat
4. Egois
5. Tidak menghargai orang lain
6. Terlalu kepo dan bergosip
7. Passive-aggressive
8. Beri komentar yang menyakiti
9. Tidak bertanggung jawab
10. Tidak mau mendengar
11. Needy atau clingy

Mungkin masih ada perilaku lainnya yang dianggap “menyebalkan” oleh seseorang. Bukan tanpa sebab, terkadang seseorang tanpa sadar melakukan perilaku menyebalkan karena mempunyai gangguan kecemasan, merasa stres, atau bahkan insecure.

Namun, apakah ada perilakumu yang masuk di antaranya? Nah, Psychology Today memberikan sederet rekomendasi cara agar kamu berhenti jadi orang yang menyebalkan. Yuk simak tipsnya!


Tidak Menganggap Dirimu Menyebalkan

Ilustrasi/ Foto: Freepik.com/benzoix

Studi tahun 2012 yang dipublikasikan di Science Daily menemukan bahwa orang yang khawatir akan penolakan sehingga bersikap menyebalkan dapat menjadi korban teori self fulfilling-prophecy, yakni ekspektasi diri yang kamu buat dalam pikiran akan beri kecenderungan kamu berperilaku demikian di realita. Sebab itu, disarankan agar selalu membuat interaksi yang positif dan menjauhkan yang negatif.


 


Tidak Merasa Kasihan pada Diri Sendiri
Ilustrasi Perempuan Sedih

Ilustrasi/ Foto: Getty Images/iStockphoto

Dalam hidup pasti kita melalui berbagai permasalahan dan merasakan beragam emosi, termasuk emosi negatif. Walaupun saat melaluinya kita mungkin merasa kasihan pada diri sendiri, tidak semua orang menyukai berada di dekat orang yang selalu diliputi emosi negatif, suka mengeluh, dan menolak perubahan.


Tidak Sombong dan Arogan
Ilustrasi Orang Yang Sombong/foto:freepik/benzoix

Ilustrasi/ Foto: freepik/benzoix

Terkadang kita menemukan orang yang menempatkan diri lebih tinggi dibanding orang lain. Tidak terbatas pada jabatan, tapi bisa jadi dalam hal keahlian. Namun, ketika seseorang bertingkah demikian, secara tak langsung orang tersebut mengasingkan orang lain dan hanya akan memupuk ketidaksukaan mereka terhadap orang itu. Sebab itu, punya kerendahan hati akan membuat seseorang lebih disukai.


Mau Mendengar
Jangan menghadapi teman yang suka mengeluh dengan sikap yang sok tahu

Ilustrasi/ Foto: freepik.com

Tips selanjutnya adalah mau mendengarkan. Terlebih ketika ada orang yang menceritakan masalahnya kepada kita. Kita perlu mengingatkan diri kita bahwa ini bukan tentang kita, tapi tentang mereka. Oleh karena itu, kita disarankan untuk mendengarkan orang lain, mengulangi apa yang orang tersebut ungkapkan, dan bertanya.

Senyum
Ilustrasi senyum/ Foto: Freepikl.com/tirachardz

ilustrasi/ Foto: Freepikl.com/tirachardz

Senyum dipercaya mampu meningkatkan mood seseorang. Ya, walaupun harus senyum secara terpaksa. Mengutip Science of People, ketika kita tersenyum dalam percakapan, kita cenderung tidak menyebalkan dan tampak lebih terlibat dalam percakapan itu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!



(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *