Berita

3 Manfaat Mandi Air Hangat Setelah Pulang Bekerja, Sederhana Tapi Bikin ‘Bahagia’ Tubuh!

×

3 Manfaat Mandi Air Hangat Setelah Pulang Bekerja, Sederhana Tapi Bikin ‘Bahagia’ Tubuh!

Share this article


Beauties, tahukah kamu, mandi tak sekadar membersihkan keringat, debu, atau kotoran yang menempel pada tubuh setelah seharian berada di luar rumah. Mandi juga mendatangkan manfaat kesehatan.

Termasuk melakukan mandi dengan air hangat, ternyata punya sederet manfaat baiknya. Umumnya mandi air hangat dilakukan di pagi hari untuk menghindari rasa dingin setelah bangun tidur. Namun, mandi air hangat sepulang bekerja pun bisa dilakukan untuk mendatangkan sederet manfaat. 

Apa saja manfaatnya, simak!

1. Melepaskan Stres

Ilustrasi stres/Foto: Freepik/DCStudio

Tak sekadar membersihkan, ternyata mandi air hangat sepulang bekerja bisa untuk melepaskan stres. 

Setelah seharian bekerja dengan banyaknya tuntutan atau tugas yang kamu hadapi, lelah dan stres tentu tidak terhindarkan bukan? Memilih mandi air hangat adalah solusi terbaiknya!

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menemukan bahwa mandi hangat dapat menurunkan kadar kortisol, hormon yang berhubungan dengan stres. Karena itu, dengan mandi air hangat ini bisa membuatmu mengurangi stres dan meningkatkan relaksasi. 


2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Ilustrasi kebiasaan buruk sebelum tidur/pexels.com/Ketut Subiyanto

Ilustrasi tidur/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyanto

Untukmu yang sulit tidur, padahal rasanya tubuh sudah sangat lelah setelah bekerja, mandi air hangat bisa membuat tidurmu jadi berkualitas!

Menurut penelitian, penurunan suhu inti tubuh yang dipicu setelah kamu keluar dari mandi air hangat akan memberi sinyal pada kelenjar pineal untuk memulai memproduksi melatonin, hormon yang berperan untuk membantu tubuh terlelap. 

Karena inilah, mengutip Stylist, mandi air hangat bisa membantumu lebih cepat tidur dan dapatkan tidur yang nyenyak. 

3. Relaksasi Otot dan Pereda Nyeri
Ilustrasi wanita lelah atau pegal

Ilustrasi pegal/Foto: Getty Images/iStockphoto/marchmeena29

Terakhir, Beauties yang sering merasakan badan pegal-pegal atau nyeri sepulang bekerja, bisa langsung mandi air hangat. Melansir Hibbent, mandi terutama dengan air hangat menawarkan solusi terapeutik dengan meningkatkan relaksasi otot dan meredakan nyeri. 

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Kedokteran Rehabilitasi di Universitas Washington menunjukkan bahwa hidroterapi, termasuk mandi air hangat, secara signifikan mengurangi tingkat nyeri dan meningkatkan fungsi fisik pada individu dengan kondisi muskuloskeletal kronis. 

Dengan berendam atau mandi air hangat sepulang bekerja, otot yang tegang dan tubuh yang sakit bisa menjadi rileks dan nyaman untuk beristirahat. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *