Berita

5 Ciri Kepribadian Orang yang Mudah Menangis Menurut Psikolog

×

5 Ciri Kepribadian Orang yang Mudah Menangis Menurut Psikolog

Share this article


Air mata bukanlah sekadar tanda kesedihan atau kegembiraan semata. Air mata adalah jalan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Beauties, apa kamu termasuk orang yang mudah menangis? Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa beberapa orang lebih rentan menangis daripada orang lain? Apakah ini tanda kelemahan, empati, atau sekadar respons biologis?

Menurut psikologi, seseorang yang mudah menangis biasanya memiliki sejumlah ciri kepribadian yang berbeda daripada yang lain. Penasaran apa saja ciri-ciri kepribadian unik ini? Dirangkum dari Expert Editor, yuk, simak ulasannya!

Memiliki Empati yang Tinggi





Ilustrasi/Foto: Freepik

Jika kamu perhatikan lebih jelas, orang yang mudah menangis sering kali merasakan rasa sakit orang lain sebagai penderitaannya sendiri. Hal ini terjadi karena mereka cenderung memiliki tingkat empati yang tinggi. Orang yang mudah menangis sering kali memiliki kepekaan yang tinggi terhadap emosi orang lain.

Tidak hanya membayangkan bagaimana rasanya, mereka juga mengalaminya. Misalnya, melihat adegan film yang mengharukan, mendengarkan musik yang menyentuh hati, atau bahkan kisah yang menyentuh hati pun akan membuat mereka menangis.

Meski terlihat lemah, empati ini menunjukkan kapasitas yang mendalam bagi seseorang dalam berbelas kasih terhadap sesama.

Penuh Kasih Sayang

Penuh Kasih Sayang/Foto: Freepik/Tirachardz

Orang yang mudah menangis sering kali memiliki rasa belas kasih yang mendalam di dalam hatinya. Mereka tidak hanya berempati pada orang lain, mereka juga merasakan apa yang orang lain rasakan. Mereka akan memahami kepedihan orang lain, berbagi kegembiraan, dan tergerak oleh pengalaman orang lain.

Sebagai contoh, ketika bertemu seorang tunawisma di jalan, orang yang penuh kasih sayang akan memilih duduk bersamanya sejenak dan mendengarkan ceritanya. Mereka tidak hanya berhenti dan memberikan makanan atau uang semata. Ini adalah bukti bahwa rasa kasih sayangnya sangat mendalam hingga membuat dirinya menangis.

Mempunyai Rasa Keadilan yang Kuat

Mempunyai Rasa Keadilan yang Kuat/Foto: Freepik

Orang yang mudah menangis juga memiliki rasa keadilan yang kuat, Beauties. Mereka sangat merasakan keadilan dan kesetaraan. Ketika mereka melihat adanya ketidakadilan atau kesenjangan, mau tidak mau mereka juga turut terkena dampaknya. Mereka mungkin akan menangisi ketidakadilan yang mereka ketahui dan memiliki keinginan kuat untuk memperbaiki keadaan.

Sering kali Bersifat Introvert

Seringkali Bersifat Introvert/Foto: Unsplash/Aleksandra Sapozhnikova

Melihat kedalaman emosionalnya, orang yang mudah menangis cenderung termasuk orang yang introvert. Seorang introvert biasanya lebih fokus pada diri sendiri, banyak waktu untuk memikirkan diri sendiri, dan memproses pengalaman mereka secara mendalam. Mereka seringkali mengungkapkan perasaannya melalui air mata.

Jadi, jika kamu seorang introvert yang mudah menangis, kemungkinan besar kamu juga memiliki sifat introspektif dan proses emosional yang mendalam. Meski begitu, ini tidak berarti semua orang yang mudah menangis adalah introvert, atau ekstrovert tidak mudah menangis.


Ekspresif Secara Emosional

Ekspresif Secara Emosional/Foto: Unsplash/Brooke Cagle

Pernahkah terpikir seberapa sering kamu mengekspresikan emosi dalam diri? Orang yang mudah menangis biasanya adalah orang yang nyaman dalam mengekspresikan emosinya. Mereka tidak suka memendam perasaan atau bersikap berani sepanjang waktu.

Sebaliknya, mereka dengan bebas mengungkapkan apa yang mereka rasakan. Terkadang, ekspresi ini dapat muncul dalam bentuk air mata. Jadi, jika kamu termasuk orang yang mudah menangis, bisa jadi itu pertanda bahwa kamu sangat menghargai kejujuran emosional.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *