Berita

Berkembang Bersama, Ini 7 Life Skill yang Harus Diajarkan kepada Anak Sejak Dini

×

Berkembang Bersama, Ini 7 Life Skill yang Harus Diajarkan kepada Anak Sejak Dini

Share this article


Menghadapi tugas mengasuh anak tidak hanya tentang memberikan kasih sayang, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan hidup yang penting. Life skill atau keterampilan hidup, merupakan pondasi penting yang harus diajarkan kepada anak sejak dini.

Mengajarkan life skill ini tidak hanya membantu anak dalam mengembangkan diri mereka sendiri, tetapi juga membangun hubungan yang baik dengan lingkungan sekitarnya. Dengan mengajarkan life skill ini sejak dini, ibu dapat memainkan peran yang penting dalam membentuk generasi penerus yang tangguh dan mandiri.

Yuk ketahui lebih jauh apa saja life skill untuk anak yang perlu diajarkan, melansir dari artikel dengan judul “Life Skill Education For Children and Adolescent in School“, yang diterbitkan oleh World Health Organization (WHO).

Pengambilan Keputusan

Pengambilan Keputusan/ Foto: freepik.com/tirachardz

Pengambilan keputusan adalah proses mempertimbangkan informasi yang ada, mengevaluasi konsekuensi dari setiap pilihan, dan memilih tindakan yang dianggap paling baik. Pengambilan keputusan penting untuk diajarkan karena membantu anak mengembangkan kemampuan untuk menganalisis situasi, membuat keputusan yang tepat, mengelola konsekuensi, dan meningkatkan kemandirian.

Cara mengajarkan bisa dengan memberikan anak pilihan antara beberapa opsi yang dapat mereka pilih. Misalnya, saat memilih menu makan malam, biarkan mereka memilih di antara beberapa pilihan yang sudah kamu siapkan.

Berpikir Kritis

Berpikir Kritis/ Foto: freepik.com/jcomp

Keterampilan ini penting karena membantu anak-anak mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah, membuat keputusan yang tepat, dan menghadapi tantangan dengan lebih baik. Sehingga, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan untuk menilai informasi dengan lebih baik, membuat keputusan yang lebih baik, dan mengelola situasi dengan lebih efektif.

Saat membaca buku bersama anak, tanyakan pertanyaan yang mendorong mereka untuk berpikir lebih dalam tentang cerita, seperti “Mengapa kamu pikir tokoh ini melakukan itu?”.


Pemecahan Masalah

Pemecahan Masalah/ Foto: freepik.com

Melansir American Psychological Association, dengan mengajarkan keterampilan pemecahan masalah, anak-anak dapat belajar cara mengatasi masalah dengan lebih efektif, baik itu masalah kecil sehari-hari maupun masalah yang lebih kompleks. Kemampuan ini sendiri melibatkan pemikiran kreatif untuk menemukan solusi yang inovatif dan efektif.

Untuk mengajarkan anak cara memecahkan masalah, cobalah dengan bermain permainan teka-teki atau puzzle yang memerlukan pemikiran logis dan kreatif untuk menyelesaikannya.

Empati

Empati/ Foto: freepik.com

Ahli psikologi Daniel Goleman menyatakan bahwa empati adalah keterampilan yang bisa dipelajari dan ditingkatkan, sehingga penting untuk diajarkan sejak dini. Dengan mengajarkan empati, membantu anak-anak memahami perasaan orang lain, sehingga mereka dapat membina hubungan sosial yang lebih baik.

Keterampilan ini dapat diajarkan dengan mengajak anak untuk melakukan tugas-tugas kecil yang membutuhkan empati, seperti membantu membereskan mainan atau membawa barang untuk orang lain.

Berpikir Kreatif

Berpikir Kreatif/ Foto: freepik.com/prostooleh

Menurut artikel yang dilansir dari American Psychological Association, berpikir kreatif memicu imajinasi anak-anak dan membantu mereka mengembangkan kreativitas dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini membantu meningkatkan kemampuan belajar dan memungkinkan anak-anak untuk menghasilkan ide-ide mereka sendiri.

Ajarkan anak keterampilan ini melalui kegiatan membuat karya seni atau mainan dari bahan-bahan daur ulang, seperti botol plastik atau kardus bekas.

Komunikasi Efektif

Komunikasi efektif membantu anak-anak menjadi lebih mandiri dalam menyampaikan kebutuhan, pendapat, dan perasaan mereka dengan jelas. Selain itu, juga membantu anak-anak dalam belajar dan pendidikan, baik itu dalam memahami materi pelajaran maupun berinteraksi dengan guru dan teman sekelas.

Cara mengajarkannya yaitu dengan melakukan permainan peran bersama anak di mana mereka dapat berlatih berkomunikasi dalam situasi yang berbeda, seperti berbicara dengan teman atau meminta bantuan kepada orang lain.

Hubungan Antarpribadi

Hubungan antarpribadi adalah kemampuan untuk berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain. Ini penting untuk diajarkan kepada anak-anak karena membantu mereka membangun hubungan yang sehat dan positif dengan orang lain. 

Ajari anak keterampilan dasar seperti mengucapkan salam, menyapa, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta bagaimana cara berbagi dan bekerja sama dengan orang lain.

Mengajarkan 7 life skill penting kepada anak-anak dapat membantu mereka dalam membangun hubungan yang sehat dan positif dengan orang lain, serta meningkatkan kesejahteraan mental dan sosial mereka. Semoga bermanfaat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(dmh/dmh)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *