Berita

10 Pulau dengan Bentuk Paling Unik di Dunia, Ada dari Indonesia yang Nggak Kalah Indah!

×

10 Pulau dengan Bentuk Paling Unik di Dunia, Ada dari Indonesia yang Nggak Kalah Indah!

Share this article


Siapa sih yang nggak senang traveling? Di dunia ini, ada banyak sekali pulau-pulau yang mampu memikat para pelancong untuk berkunjung. Bukan hanya karena keindahan alamnya saja, melainkan juga keunikan yang ada di pulau tersebut yang tidak dimiliki oleh pulau lainnya.

Menariknya, memang ada loh pulau di dunia ini yang memiliki bentuk-bentuk unik dan tak biasa. Ada yang berbentuk hati hingga mirip hewan, terutama bila melihatnya dengan sudut pandang yang tepat dengan sedikit imajinasi.

Yap, salah satu pulau berbentuk unik tersebut ternyata bisa kamu ditemukan di Indonesia, lho! Mau tahu pulau apa saja? Melansir dari detikTravel, berikut beberapa pulau dengan bentuk unik di dunia.

1. Pulau Isabela, Galapagos

Pulau Isabela, Galapagos/ Foto: NASA Earth Observatory

Di Galapagos, terdapat sebuah pulau dengan bentuk yang sangat unik. Jika dilihat dari langit, pulau ini sekilas mirip dengan kuda laut. Pulau unik ini bernama Pulau Isabela.

Pulau unik ini rupanya bukan sengaja dibuat oleh manusia, melainkan terbentuk secara alami karena peristiwa letusan gunung berapi yang terjadi jutaan tahun lalu. Inilah yang jadi penyebab utama Pulau Isabela memiliki bentuk unik mirip kuda laut.

2. Pulau Gaz, Kepulauan Brijuni

Pulau Gaz, Kepulauan Brijuni/ Foto: Yatchs Croatia

Pulau Gaz merupakan salah satu pulau unik di dunia yang berbentuk ikan. Pulau kecil tak berpenghuni ini berada di Kepulauan Brijuni, Kroasia.

Pulau Gaz sendiri memiliki luas sekitar 6,2 hektare dengan panjang garis pantai 1,13 km yang terdiri dari beberapa pulau kecil di sekitarnya. Gaz jadi bagian dari Taman Nasional Brijuni di lepas pantai barat Istrian dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Sayangnya, pulau ini tidak dibuka untuk umum.

3. Pulau Molokini, Hawaii

Pulau Molokini, Hawaii/ Foto: Molokini Crater

Pulau Molokini dikenal dengan bentuknya yang tak biasa, yakni menyerupai bulan sabit. Jika dilihat dengan seksama, bentuk pulau ini benar-benar melengkung sempurna dengan daratan berwarna hijau. Bentuknya yang unik dan dikelilingi lautan biru makin menyempurnakan indahnya keajaiban alam satu ini.

Bukan hanya itu, pulau ini juga kerap disebut sebagai salah satu surga bawah laut yang ada di Hawaii. Dihuni oleh lebih dari 250 spesies ikan, pulau ini cocok bagi penyelam yang senang menjelajah keindahan bawah laut.

4. Pulau Lumba-lumba, Flores

Pulau Lumba-lumba, Flores/ Foto: Flores Island Travel

Tak perlu daya imajinasi yang tinggi untuk melihat bentuk unik pulau satu ini. Sesuai namanya, Pulau Lumba-lumba memiliki bentuk mirip seperti hewan mamalia laut yang dikenal sangat cerdas itu.

Terletak di Flores, Indonesia, pulau unik tersebut tampak cantik bagai lumba-lumba yang sedang muncul ke permukaan air.


5. Pulau Li Galli, Italia

Pulau Li Galli, Italia/ Foto: Adessoonline.com

Mirip seperti Pulau Lumba-lumba di Indonesia, Pulau Li Galli mempunyai bentuk mirip seperti hewan mamalia laut. Pulau ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Amalfi yang mempesona, dan berada di antara Positano dan Capri, Italia.

Pulau yang juga dikenal dengan nama Les Sirenuse ini dipercaya oleh masyarakat setempat menjadi rumah bagi makhluk mitologi siren. Selain itu, Pulau Li Galli juga menjadi bagian dari Marine Protected Area of Punta Campanella, yaitu kawasan di lautan yang dilindungi di Italia.

6. Pulau Galesnjak, Kroasia

Pulau Galesnjak, Kroasia/ Foto: mybestplace.com

Pulau Galesnjak adalah pulau kecil berbentuk hati yang terletak di lepas pantai Kroasia sebelah barat dan berada di Laut Adriantik. Pulau ini diketahui memiliki luas hanya sekitar 12 hektar dengan panjang 1,55 km.

Usut punya usut, pulau ini merupakan milik pribadi, sehingga tidak berpenghuni dan tak ada fasilitas atau bangunan di sana. Hanya ada tumbuhan dan pepohonan liar yang menghiasi sejauh mata memandang.

Pulau kecil di Kroasia ini jadi salah satu yang paling terkenal di dunia karena bentuknya yang unik. Memiliki bentuk mirip dengan hati yang sempurna, tempat ini sukses menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung dan melihat keindahan lautnya yang luar biasa.

7. Pulau Misool, Raja Ampat

Pulau Misool, Raja Ampat/ Foto: jacobrajaampat.com

Sama-sama berbentuk hati, kali ini ada pulau dan danau di Indonesia tampak berbentuk hati yang dibingkai pemandangan bukit hijau di sekelilingnya. Tempat ini terletak di Danau Cinta Karawapop di Pulau Misool, Raja Ampat, Papua Barat.

Keindahan alam ini kerap dijuluki sebagai love lagoon atau laguna cinta yang sangat populer di kalangan pelancong mancanegara. Bentuk hati di Pulau Misool dinilai lebih sempurna dibandingkan Love Pool.

8. Pulau Koi Kai, Thailand

Pulau Koi Kai, Thailand/ Foto: thrillophilia.com

Krabi di Thailand memiliki pulau unik yang bentuknya tak biasa. Pulau unik tersebut dikenal dengan Chicken Island atau dalam bahasa lokal disebut Koh Kai. Pulau ini memiliki tebing karang tinggi dengan bentuk yang menyerupai kepala dan badan ayam.

Meski begitu, Pulau Koh Kai mempunyai pemandangan yang begitu menakajubkan. Selain jadi destinasi wisata wajib saat berlibur ke Thailand, pulau ini juga kerap diburu para pecinta laut untuk snorkeling.

9. Pulau Aebelo, Denmark

Pulau Aebelo, Denmark/ Foto: Being 42

Sebuah pulau di Perairan Kattegat, Denmark sekilas terlihat mirip dengan ikan pari. Pulau ini memiliki bentuk sangat unik, segitiga dan ada bagian memanjang di belakangnya yang seperti ekor ikan pari.

Sayangnya, jika dilihat dari sudut datar, bentuk pulau mirip ikan pari tersebut tidak terlihat. Hanya ada pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih yang menakjubkan.

So, bentuk pulau unik tersebut hanya bisa dilihat dari langit dan membutuhkan sedikit imajinasi nih, Beauties.

10. Pulau Karang, Kepulauan Spratly

Pulau Karang, Kepulauan Spratly/ Foto: Fimela.com

Kepulauan Spratly merupakan salah satu kepulauan besar di Laut Tiongkok Selatan dimana terdapat terumbu karang dan pulau-pulau kecil lainnya. Salah satunya ada yang disebut mirip dengan bumerang, senjata khas Suku Aborigin, Australia. Pulau itu bernama Pulau Karang, merupakan bagian dari Kepulauan Spratly.

Uniknya, bentuk tersebut hanya bisa terlihat pada musim-musim tertentu saja, seperti pada saat air surut. Sedangkan, ketika air pasang atau musim hujan, Pulau Karang akan terlihat dengan bentuk yang berbeda.

Nah, Beauties bisa melihatnya saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang dari Manila menuju Kuala Lumpur, pulau dengan bentuk mirip bumerang itu dapat terlihat jelas dari sana.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *