Berita

5 Tanda Orang Punya Kecerdasan Emosional Tinggi saat Berinteraksi Sosial

×

5 Tanda Orang Punya Kecerdasan Emosional Tinggi saat Berinteraksi Sosial

Share this article


Pada dasarnya, berinteraksi sosial adalah kebutuhan manusia setiap harinya. Kegiatan ini selalu dilakukan di setiap kesempatan, mulai dari di rumah, sekolah, lingkungan kerja, dan lainnya. Nah, ternyata, terdapat beberapa tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berinteraksi sosial.

Menurut laman Training Industry, seseorang yang mampu berkomunikasi dengan baik akan menunjukkan jika kecerdasan emosionalnya tinggi. Hal ini berkaitan dengan kemampuannya dalam mengelola emosi, sehingga bisa memilih kata yang tepat ketika berbicara.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berinteraksi sosial.

1. Mampu Mengelola Emosi

Salah satu tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berbicara adalah dirinya mampu mengelola emosi dengan baik. Dalam hal ini, dirinya bisa menahan diri ketika tersinggung dan mampu menempatkan diri di berbagai situasi.

Pasalnya, ketika seseorang mampu mengelola emosinya dengan baik, maka dirinya juga dapat memilih kata-kata yang tepat untuk disampaikan kepada lawan bicaranya.

2. Mudah Penasaran dengan Orang Lain

Ilustrasi/pexels.com/Christina Morillo

Tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berinteraksi sosial berikutnya adalah dirinya mudah penasaran dengan orang lain.

Ketika baru mengenal lawan bicara, orang dengan kecerdasan emosional tinggi akan berusaha mencari tahu tentang lawan bicaranya. Hal itu dilakukan melalui pertanyaan yang diajukan maupun jawaban dari lawan bicaranya.

Hal ini juga disampaikan dalam One Education, bahwa orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi cenderung mudah berempati, sehingga timbul rasa ingin tahu yang mendalam pada dirinya.

3. Mempunyai Selera Humor yang Baik

Ilustrasi/pexels.com/Gary Barnes

Tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berkomunikasi selanjutnya adalah memiliki selera humor yang baik. Pada umumnya, seseorang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi mampu berhubungan baik dengan orang lain.

Hal itu membuatnya mudah menemukan kesamaan, hingga membuat lelucon untuk memecah suasana. Kemampuan ini juga dapat membantu meredakan masalah yang sulit.

4. Mampu Menilai Karakter dengan Baik

Ilustrasi/pexels.com/Alexander Suhorucov

Tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berinteraksi sosial dengan orang lain lainnya adalah mampu menilai karakter dengan baik. Dirinya cenderung bisa memahami orang lain dengan baik karena memiliki empati tinggi.

Kemampuan tersebut lambat laun bisa membuatnya mampu menilai karakter orang lain dengan baik, hingga dapat memahami setiap motif dari orang lain.


5. Mampu Mengekspresikan Diri dengan Baik

Ilustrasi/pexels.com/Alexander Suhorucov

Tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berkomunikasi yang terakhir adalah mampu mengekspresikan diri dengan baik. Umumnya, dirinya mempunyai banyak perbendaharaan kata, sehingga bisa memilih diksi dengan tepat. Dirinya juga paham dengan setiap ucapannya serta risiko yang mungkin terjadi.

Demikian sederet informasi mengenai tanda orang punya kecerdasan emosional tinggi saat berkomunikasi. Apa tanda-tanda tersebut ada di kamu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *