Berita

6 Buah dan Sayur yang Cocok untuk ‘Mendinginkan’ dan Mengisi Hidrasi Tubuh di Musim Kemarau

×

6 Buah dan Sayur yang Cocok untuk ‘Mendinginkan’ dan Mengisi Hidrasi Tubuh di Musim Kemarau

Share this article


Indonesia akan memasuki musim kemarau. Oleh karena itu, tubuh Beauties harus selalu terhidrasi dengan baik setiap harinya. Apalagi musim kemarau di Indonesia bisa membuat cuaca menjadi sangat panas di beberapa daerah.

Ketika cuaca panas melanda membuat tubuh harus lebih banyak mengeluarkan keringat. Untuk itu Beauties harus meningkatkan asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Salah satunya ialah air putih.

Selain air putih, Beauties juga bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya dengan kandungan airnya. Itu bisa menjadi alternatif untuk hidrasi tubuh. Dikutip detikJatim, Beauties bisa mencampur berbagai macam jenis sayuran ataupun buah dan menambahkan dressing ringan agar rasanya terasa menyegarkan. Contohya saja, sayuran selada, paprika, tomat, dan mentimun.

Buah dan sayur yang kaya kandungan air juga mengandung lebih banyak mineral dan serat. Selain memberikan rasa yang nikmat, buah dan sayuran tersebut juga memberi energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari terutama aktivitas outdoor.

Ada enam buah dan sayur yang cocok untuk ‘mendinginkan’ dan mengisi hidrasi tubuh. Buah dan sayuran ini biasanya tumbuh dan dipanen di musim panas. Apalagi buah dan sayuran di musim panas memiliki banyak vitamin, serat, dan mineral lebih banyak dibandingkan musim lainnya.

1. Mangga

Mangga/Foto: Freepik/Boyarkinamarina

Buah mangga merupakan buah tropis yang mudah ditemui di Indonesia. ada beragam jenis buah mangga. Sebut saja, gedong, harum manis, Indramayu, manalagi, dan jenis-jenis lainnya.

Melansir detikFood, mangga bisa memenuhi kebutuhan cairan yang memiliki 83 persen kandungan air. Mangga juga kaya vitamin A, B6, dan C. Ketiga vitamin tersebut dapat meningkatkan kesehatan mata dan otak serta kekebalan tubuh. 

2. Semangka

Semangka/Foto: Pinterest/Herzelieb

Semangka menjadi buah yang tepat untuk menghidrasi tubuh Beauties. Pasalnya, terdapat kandungan air yang mencapai 91 persen. Setiap gigitannya juga mengeluarkan air yang tentunya menyegarkan dahaga.

Semangka juga memiliki vitamin C untuk menjaga imunitas tubuh. Selain itu, semangka juga mempunyai vitamin A, magnesium, serta protasium. Kalori yang ada di semangka juga cukup rendah yakni 30 kcal per 100 gram.

3. Buah Citrus

Buah Citrus/Foto: Pexels/Jane Doan

Seluruh jenis buah citrus memiliki kandungan air yang tinggi, seperti grapefruit, jeruk, jeruk nipis, hingga lemon. Kandungan air yang ada di dalam buah citrus juga beragam. Paling tinggi ialah grapefruit sebanyak 91 persen dan jeruk memiliki kandungan air sebesar 87 persen.

Buah citrus memang selalu dijadikan campuran untuk minuman musim panas. Rasa asam dari buah citrus dapat menyegarkan dahaga dan tubuh.


4. Tomat

Tomat/Foto: Unsplash/Roychan Kruawan

Tomat adalah sayuran yang kaya antioksidan, nutrisi, serta vitamin. Berdasarkan CNN Indonesia, sayuran berwarna merah ini dapat menghidrasi tubuh lantaran terdapat kandungan air sebanyak 94 persen.

Vitamin A dan C yang ada di dalam tomat juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan kandungan likopen pada tomat dapat mencegah perkembangan kanker prostat dan menurunkan risiko penyakit jantung.

5. Mentimun

Mentimun/Foto: Freepik/Jcomp

Dengan kandungan air yang mencapai 95 persen, mentimun bisa melindungi tubuh dari dehidrasi dan panas yang berlebih. Apalagi ternyata mentimun juga memiliki sifat pendingin alaminya. Nutrisi baik yang terkandung dalam sayuran ini antara lain magnesium, potasium, dan vitamin K.

Tidak hanya itu saja, mentimun juga termasuk salah satu sayuran yang rendah kalori. Untuk setengah cangkirnya yakni 52 gram, mentimun hanya mengandung delapan kalori.

6. Bayam

Bayam/Foto: Pinterest/Inggrid Beer / The Cozy Apron

Bayam memiliki magnesium, mineral, vitamin, serta 92 persen kandungan air. Perlu Beauties ketahui bahwa sayuran berdaun hijau ini mampu menjaga kesehatan kulit, rambut, dan tulang, serta menghidrasi tubuh.

Apabila Beauties sedang diet, Beauties bisa mengonsumsi bayam yang dapat menurunkan berat badan. Pasalnya, banyak memiliki rendah kalori serta kaya akan serat.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org. Caranya DAFTAR DI SINI!


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *