Berita

10 Cara Menghentikan Kebiasaan Mindless Scrolling Media Sosial

×

10 Cara Menghentikan Kebiasaan Mindless Scrolling Media Sosial

Share this article


Bermain media sosial mungkin sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, Beauties. Saking terbiasanya, mungkin secara tidak sadar beberapa orang refleks mengecek media sosial hampir setiap waktu.

Misalnya, saat mengerjakan tugas, Beauties sedang butuh inspirasi di gawai. Ternyata, saat membuka gawai, Beauties malah keterusan scrolling video TikTok hingga lupa waktu. Beauties pernah begini, tidak?

Nah, jika Beauties pernah mengalami hal ini, bisa jadi Beauties sedang mengalami ‘mindless scrolling‘. Kira-kira, apa itu mindless scrolling? Berbahayakah jika dilakukan terus menerus?

Untuk menjawab rasa penasaran Beauties, ini dia penjelasan seputar mindless scrolling yang dilansir dari Smarmore Castle!

Apa Itu Mindless Scrolling?

Ilustrasi mindless scrolling/Foto: Freepik/benzoix

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mindless scrolling merupakan suatu kebiasaan scrolling pada media sosial secara terus menerus yang umumnya tidak disadari oleh penggunanya. Ini adalah hal yang wajar, karena media sosial memang didesain untuk menjadi hiburan dan menyita perhatian kita, Beauties.

Menurut ahli, kebiasaan ini terus dilakukan karena adanya mekanisme sistem penghargaan (reward system) pada otak kita. Hiburan yang disajikan media sosial membuat dopamin—hormon yang memproduksi rasa senang—menjadi terus terpicu dan membuat kita sulit untuk berhenti scrolling.

Apakah Kebiasaan Mindless Scrolling Berbahaya?

Ilustrasi mindless scrolling/Foto: Freepik/azerbaijan_stockers

Meski terlihat sepele, mindless scrolling berpotensi menjadi hal yang membahayakan, lho, Beauties.

Penelitian terbaru dari Journal of Computer-Mediated Communication menemukan bahwa mindless scrolling membuat orang cenderung merasa bersalah atas waktu yang telah digunakan selama bermain ponsel. Selain itu, orang yang memiliki kontrol diri rendah lebih cenderung mengalami konflik tujuan karena melakukan mindless scrolling. Akhirnya, kebiasaan mindless scrolling berpotensi memberikan implikasi negatif pada kesejahteraan seseorang.

Mindless scrolling pun berkaitan dengan terganggunya pola tidur. Sebab, saat kita menghabiskan terlalu banyak waktu menatap layar gadget, hormon melatonin yang mengatur siklus bangun tidur akan ikut terganggu, Beauties.

Cara Menghentikan Mindless Scrolling

Ilustrasi mindless scrolling/Foto: Freepik/benzoix

Meski tidak mudah untuk lepas dari suatu kebiasaan, bukan berarti hal ini tidak bisa dilakukan. Ini dia beberapa tips menghentikan mindless scrolling bagi Beauties yang mungkin sedang berjuang melakukannya:

  1. Akui bahwa Beauties sedang terbiasa melakukan mindless scrollingDengan begitu, Beauties bisa mengetahui akar permasalahan dan mencari solusi dari masalah tersebut.
  2. Matikan notifikasi yang tidak penting. Notifikasi bisa menjadi sumber distraksi, jadi matikan notifikasi yang sekiranya tidak Beauties perlukan.
  3. Pahami pola pemakaian Beauties saat menggunakan smartphone. Ponsel pintar terkini sudah memiliki data terkait berapa waktu dan aplikasi apa yang sering Beauties gunakan. Dari sini, Beauties bisa belajar lebih bertanggung jawab dalam menggunakan gawai.
  4. Tentukan target untuk diri sendiri. Beauties bisa mencoba menentukan target penggunaan media sosial, misalnya hanya mengecek sosial media maksimal 1 jam atau 30 menit. Beauties juga bisa melakukan kegiatan pengganti scrolling media sosial, seperti jalan-jalan sore atau membaca buku.
  5. Lakukan screen-free timeTidak hanya dengan target, Beauties bisa menetapkan waktu “bebas menatap layar” sejenak, misalnya satu jam setelah bangun tidur atau sebelum tidur. Bahkan, jika memungkinkan, Beauties bisa dedikasikan waktu libur untuk tidak menggunakan gadget.
  6. Hapus aplikasi yang dirasa terlalu mengganggu. Tips ini sangat membantu untuk menghilangkan distraksi, terutama jika aplikasi ini tidak memberikan manfaat atau tanggung jawab tertentu untuk Beauties.
  7. Hindari mengunduh aplikasi pada berbagai device. Jika Beauties sudah mencoba membatasi penggunaan sebuah aplikasi dalam ponsel, namun ternyata aplikasi tersebut ada di laptop, hal ini menjadi sama saja karena Beauties tetap bisa mengakesnya dengan leluasa.
  8. Pertimbangkan mengisi daya ponsel di luar kamar. Ponsel yang diletakkan terlalu dekat dengan tempat tidur bisa memicu kebiasaan scrolling saat larut malam atau pagi buta. Jadi, Beauties bisa coba untuk mengisi daya ponsel di luar kamar.
  9. Tentukan limit screen time secara otomatis. Dengan begitu, Beauties bisa mendapatkan pengingat kapan harus berhenti membuka suatu aplikasi yang mungkin sudah melebihi batas harian.
  10. Gunakan mode grayscale. Jika Beauties mengganti layar ponsel ke mode grayscale, hal ini akan membuat tampilan layar menjadi kurang nyaman dipandang sehingga membuat Beauties malas mengecek ponsel terus menerus.

Nah, itu dia sederet fakta dan tips untuk menghentikan mindless scrolling, Beauties. Jika Beauties menemukan masalah dengan kebiasaan mindless scrolling dan sudah mengganggu kehidupan sehari-hari, jangan ragu untuk meminta bantuan tenaga profesional, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk, gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail, Lumpkinsjail.org.


(naq/naq)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *