Berita

3 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Insecure, Mulai dengan Mengenali Diri Sendiri!

×

3 Cara Ampuh Mengatasi Rasa Insecure, Mulai dengan Mengenali Diri Sendiri!

Share this article


Pernahkah kamu merasa insecure? Kamu merasa diri kurang berharga dan tidak mampu melakukan sesuatu?

Tenang, tidak perlu malu! Rasa insecure adalah hal yang wajar dirasakan oleh setiap orang, terutama di dunia yang serba kompetitif seperti sekarang ini. Tapi, bagaimana cara mengatasi rasa insecure tersebut? Yuk, simak tiga cara ampuh berikut ini!

1. Mengenali Diri Sebaik Mungkin

Mengenali diri sebaik mungkin/Foto: Freepik/Freepik

Langkah pertama dalam mengatasi rasa insecure adalah dengan mengenali diri sendiri dengan sebaik mungkin. Ketika telah memahami kelebihan dan kekurangan diri, kamu akan menjadi lebih percaya diri dengan siapa kamu sebenarnya.

Mulailah dengan membuat daftar hal-hal yang kamu sukai dan yang tidak kamu sukai tentang diri sendiri. Langkah ini akan membantu kamu dalam memahami diri dengan lebih baik dan menerima diri apa adanya.


2. Mulai Menerima Emosi dalam Diri

Mulai menerima emosi dalam diri/Foto: Freepik/Cookie_studio

Jangan takut untuk merasakan dan mengungkapkan emosi dalam dirimu. Terkadang, rasa insecure muncul karena kamu tidak mau mengakui atau menghadapi perasaan yang sedang kamu alami.

Mulailah dengan mempraktikkan self-compassion, yaitu memberikan dukungan dan pengertian kepada diri sendiri saat dirimu sedang merasa tidak aman atau tidak berharga. Ketika kamu menerima dan menghargai emosi dalam diri, kamu akan menjadi lebih kuat dalam menghadapi rasa insecure.

Kamu bisa mencoba menguraikan isi pikiran melalui selembar kertas agar emosi dalam diri dapat tersalurkan dengan baik. Selain itu, kamu juga dapat mencari umpan balik dari orang yang sekiranya dapat dipercaya untuk menyampaikannya secara lugas.

3. Belajar dari Kesalahan

Belajar dari kesalahan/Foto: Freepik/Azerbaijan_stockers

Rasa insecure seringkali muncul karena kamu takut akan kegagalan atau penilaian negatif orang lain. Namun, sebenarnya kesalahan dan kegagalan adalah bagian dari proses belajar dan tumbuh.

Cobalah untuk melihat kesalahan sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, bukan sebagai tanda bahwa kamu tidak kompeten atau tidak berharga. Dengan belajar dari kesalahan, kamu akan menjadi lebih percaya diri dan mampu mengatasi rasa insecure.

Demikian tiga cara ampuh mengatasi rasa insecure. Ingatlah bahwa merasa insecure adalah hal yang manusiawi. Semua orang pasti mengalaminya dari waktu ke waktu.

Hal yang penting adalah bagaimana kamu menghadapinya dan terus berkembang menjadi versi terbaik dari diri sendiri. Jika kamu merasa kesulitan dalam melakukan beberapa langkah yang telah dipaparkan tersebut, jangan ragu untuk meminta bantuan pada professional. Selamat mencoba dan tetap percaya diri!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.  


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *