Berita

8 Fakta Menarik tentang Karpet Persia Asal Iran, dari Ramah Lingkungan hingga Awet Selama Berabad-abad!

×

8 Fakta Menarik tentang Karpet Persia Asal Iran, dari Ramah Lingkungan hingga Awet Selama Berabad-abad!

Share this article


Karpet Persia yang berasal dari Iran memang cukup terkenal. Bagaimana tidak, karpet ini memiliki desain yang tampak rumit serta tampilan dan warna yang begitu indah. Dibalik itu semua, karpet Persia ternyata juga kaya akan sejarah dan tradisi. 

Dilansir dari Rug Traders dan Eco Steam Clean Liverpool LTD, berikut ini terdapat beberapa fakta menarik tentang karpet Persia yang perlu kamu ketahui. Simak yuk!

1. Kaya Akan Sejarah

Ilustrasi karpet Persia/Foto: Unsplash.com/Robert Sciberras

Karpet Persia merupakan salah satu karpet oriental tertua, yang diperkirakan berasal dari abad ke-4 (atau ke-5) SM. Selama berabad-abad, karpet ini telah terkenal dan mudah dikenali karena pola tradisionalnya serta hangat dan kaya warna. 

Keindahan karpet Persia adalah seperti sebuah karya seni. Desain dan pola yang rumit merupakan karya seni unik yang sering dianggap remeh. Desain dan warna yang digunakan diperkirakan mencerminkan budaya Persia kuno. Setiap karpet Persia menyimpan banyak sejarah. 

2. Sebagian Besar Terbuat dari Wol

Ilustrasi karpet Persia dan benang wol/Foto: Unsplash.com/Erfan Banaei

Wol merupakan salah satu bahan tertua dan paling banyak digunakan dalam pembuatan karpet. Kuat dan tahan lama, menjadikannya bahan yang ideal untuk karpet Persia. Wol juga sangat lentur dan dapat ditenun menjadi bentuk dan desain yang rumit, sehingga memungkinkan penenun membuat desain karpet dengan bentuk dan lekukan yang tidak biasa. 

Selain itu, wol juga menyerap pewarna dengan sangat baik, artinya karpet Persia dapat dibuat dalam berbagai macam warna. Tak hanya itu, wol juga secara alami tahan api dan memiliki kemampuan memerangkap panas. 

3. Menampilkan Pola Bunga atau Geometris

Ilustrasi motif karpet Persia/Foto: Unsplash.com/Ashkan Forouzani

Kebanyakan karpet Persia menampilkan salah satu dari dua elemen desain, pola bunga atau geometris. Desain bunga adalah yang paling umum, dan menampilkan desain bunga dan tanaman lainnya yang rumit atau abstrak. 

Pola geometris kurang umum, namun masih cukup populer. Desain ini menampilkan bentuk dan bentuk unik yang telah digunakan selama berabad-abad untuk menghiasi karpet Persia. Pola geometris menarik perhatian pada keterampilan penenun, serta menambahkan sentuhan modern pada karpet tradisional Persia. 


4. Dibuat dengan Tangan

Ilustrasi proses pembuatan karpet Persia/Foto: Unsplash.com/Yassin Mohammadi

Kebanyakan karpet Persia dibuat dengan tangan, artinya dibuat dengan sangat hati-hati dan memperhatikan detail. Karpet tenunan tangan bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Karena penenun harus dengan hati-hati menenun ribuan simpul untuk menciptakan desain dan pola yang rumit. 

Karpet Persia buatan tangan sangat dihargai. Bukan hanya karena keindahan dan keterampilan penenunnya, tetapi juga karena karpet tersebut mampu menahan keausan lebih baik dibandingkan karpet buatan mesin sintetis. 

5. Mahal

Ilustrasi karpet Persia/Foto: Unsplash.com/Amir Tohi

Karena banyaknya keterampilan, tenaga dan waktu yang dibutuhkan untuk membuat karpet Persia, harganya pun bisa sangat mahal. Selain itu, biayanya juga tergantung pada ukuran, kualitas, bahan dan desain karpet. 

Beberapa karpet Persia bisa berharga ribuan pound. Meski begitu, tersedia juga karpet Persia yang lebih murah. 

6. Ramah Lingkungan

Ilustrasi karpet Persia/Foto: Unsplash.com/zahra rahimzadeh

Karpet Persia juga ramah lingkungan. Semua bahan dan pewarna yang digunakan pada karpet Persia adalah alami. Sementara karpet sintetis dapat mengeluarkan racun dan bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan. 

7. Perawatan yang Rendah

Ilustrasi karpet Persia yang dijemur/Foto: Unsplash.com/nilik

Karpet Persia ternyata hanya membutuhkan sedikit perawatan. Ketatnya simpul-simpul yang membentuk karpet membuat debu atau kotoran sulit menempel pada karpet. 

Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu membawanya keluar dan memukulnya perlahan dengan tongkat. 

8. Bisa Bertahan Selama Berabad-abad

Ilustrasi karpet Persia/Foto: Unsplash.com/Erfan Banaei

Salah satu keunggulan karpet Persia adalah, jika dirawat dengan baik, karpet tersebut dapat bertahan selama berabad-abad. Bahan berkualitas yang digunakan, serta pengerjaan ahli, membuat karpet ini dirancang untuk tahan terhadap penggunaan berat dan bertahan selama berabad-abad. Artinya, karpet Persia bisa menjadi pusaka keluarga yang diturunkan dari generasi ke generasi. 

Selain itu, hal ini juga menjadikannya investasi yang bagus, karena nilainya pasti akan meningkat seiring berjalannya waktu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di lumpkinsjail? Yuk gabung ke komunitas pembaca lumpkinsjail Lumpkinsjail.org.


(ria/ria)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *